Iklan
BerandaNASIONALPolda Kalbar Gelar Deklarasi Zero Knalpot Brong Wujudkan Pemilu Damai 2024

Polda Kalbar Gelar Deklarasi Zero Knalpot Brong Wujudkan Pemilu Damai 2024

REDAKSISATU.ID – Polda Kalbar menggelar Deklarasi Zero Knalpot Brong untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Halaman Rumah Radakng, Kota Pontianak, Sabtu 27 Januari 2024.

Deklarasi ini ditandai dengan pelaksanaan Apel di Halaman Rumah Radakng dan dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., bersama Pj. Gubernur Provinsi Kalbar dr. Harisson Azroi, M.Kes, dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E.,M.M yang diikuti oleh personel Satlantas dan komunitas motor yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Dalam amanatnya, Kapolda Kalbar mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakan apel bersama komunitas motor sekaligus deklarasi Kalbar zero knalpot brong tersebut adalah untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka Pemilu Damai Tahun 2024.

BACA JUGA  UNIP Gelar Wisuda Perdana Setelah 29 Tahun Berstatus STIE
Deklarasi
Deklarasi Kalbar Zero Knalpot Brong untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Halaman Rumah Radakng, Kota Pontianak, Sabtu 27 Januari 2024.

Ia menyebut bahwa fenomena knalpot brong belakangan ini menjadi polemik di kalangan masyarakat, polusi suara yang ditimbulkan akibat penggunaan knalpot tidak standar tersebut dapat mengganggu ketertiban umum, suara berisik ini juga sering kali memicu beragam masalah baru, salah satunya selama pelaksanaan masa kampanye Pemilu 2024.

“Penggunaan knalpot brong sempat memicu keributan hingga berujung aksi kekerasan pada salah satu rombongan relawan pasangan capres/cawapres di wilayah Boyolali, Jawa Tengah pada akhir Desember 2023 lalu, ditambah beberapa peristiwa keributan lain akibat ketersinggungan pengendara akibat suara knalpot brong,” kata Kapolda.

Dalam menangani penyalahgunaan Knalpot Brong di Kalbar, Polda Kalbar telah melakukan berbagai upaya, salah satunya tindakan Soft Power dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, sampai tindakan hard power dengan melakukan penegakan hukum.

BACA JUGA  Polda Kalimantan Barat Rakor Cegah Karhutla
Deklarasi
Pemotongan Knalpot Brong dalam rangka Deklarasi Kalbar Zero Knalpot Brong untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024 di Halaman Rumah Radakng, Kota Pontianak, Sabtu 27 Januari 2024.

Sepanjang tahun 2023, jajaran Ditlantas Polda Kalbar telah melakukan penindakan terhadap pelanggaran penggunaan Knalpot Brong di wilayah hukum Kalbar, sebanyak 21.790 teguran dan 985 tilang. Serta dilakukan penyitaan terhadap Knalpot Brong dan seluruh pelanggar diminta untuk mengganti dengan Knalpot Standar sebagai syarat pengambilan kendaraan.

Ada beberapa hal penekanan dari Kapolda Kalbar bagi pengendara motor antara lain yang pertama; Kesadaran, ketika berada di Jalan Raya.

“Kita harus senantiasa sadar bahwa kita berbagi ruang dengan orang lain. Setiap keputusan yang kita ambil di Jalan Raya dapat berdampak pada jehidupan orang lain,” terangnya.

BACA JUGA  Lakalantas, Paur Humas Polres Kapuas Hulu Meninggal Dunia
Deklarasi
Apel Deklarasi Kalbar Zero Knalpot Brong untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024 yang diikuti oleh personel Satlantas, Brimob, dan Komunitas Motor Kota Pontianak dan sekitarnya di Halaman Rumah Radakng, Kota Pontianak, Sabtu 27 Januari 2024.

Kedua; Patuh terhadap aturan, aturan Lalu-lintas bukanlah semata-mata pembatas, tetapi panduan untuk menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan di Jalan.

Ketiga; Etika berlalu lintas, tertib berlalu lintas nemerlukan etika dengan cara menghormati hak-hak pengguna Jalan lainnya dan terakhir adalah Kewaspadaan dan Ketrampilan dalam berkendara, seringkali bahaya datang dari hal-hal yang tidak terduga.

“Kita Harus Senantiasa waspada serta memiliki keterampilan dalam menggunakan kendaraan saat menghadapi situasi Jalan Raya. Mari kita bersatu padu menciptakan masyarakat Kalbar yang taat dalam berlalu lintas, mematuhi aturan dan menghargai hak sesama pengguna jalan, sehingga tercipta keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara,” jelas Kapolda Kalbar.

BACA JUGA  Gelar Aksi di PN Pontianak, Buruh ABSB Ungkap Persoalan PT Duta Palma Group

Mantan Dirtipidter Bareskrim Polri ini juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara ini dapat menjadi contoh yang baik dalam berlalu lintas, terutama para komunitas bikers yang memiliki anggota dan dapat menggelorakan aksi tersebut dalam kesehariannya berkendara.

Ia menyampaikan kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk teman-teman pengguna kendaraan yang memiliki knalpot brong saja, lintas komunitas atau orang-orang tertentu yang merubah-rubah spek dari pada kendaraan tersebut tetapi untuk masyarakat lain yang menggunakan Jalan Raya yang kita semua harus saling menghormati.

“Selanjutnya tahapan yang dilakukan ke jajaran adalah melakukan edukasi sosialisasi, pencegahan kepada modifikator dan penjual knalpot ini menjadi sasaran kita kemudian juga anggota lalu lintas di jalan juga memantau mengawasi kendaraan-kendaraan di Jalan Raya,” ungkap Irjen Pol Pipit Rismanto.

BACA JUGA  Laporan Capaian Kinerja Kejaksaan Tinggi Kalbar Periode Januari-Juli 2024

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalbar dr. Harisson Azroi juga menyampaikan bahwa Pemprov Kalbar beserta Forkopimda Kalbar telah sepakat untuk wilayah Kalbar tanpa Knalpot Brong.

“Harapan saya agar jangan ada kelompok masyarakat yang menggunakan Knalpot Brong dan menyebabkan gangguan kenyamanan. Mari kita jaga situasi keamanan dan kenyamanan di wilayah Kalbar tanpa menggunakan Knalpot Brong,” ujar Pj Gubernur Kalbar.

Tidak hanya itu, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan juga menyampaikan bahwa deklarasi damai pemilu 2024 tanpa knalpot brong pada intinya, kegiatan apapun yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan agar jangan sampai terjadi, khususnya dalam rangka terwujudnya pemilu damai 2024.

“Kita jadikan Kalimantan Barat menjadi contoh dan teladan bagi provinsi-provinsi yang lain, kami mohon dukungan dari rekan-rekan awak media tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda untuk menciptakan dan terus menggetarkan deklarasi damai di wilayah Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Bertambah jadi 12 Anak, Korban Predator Seks di Kobar

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.