Iklan
Iklan
BerandaDAERAHSD 02 Ketinggian Sarilamak Apresiasi Edaran Gubernur Sumbar

SD 02 Ketinggian Sarilamak Apresiasi Edaran Gubernur Sumbar

Kab.50 Kota I Redaksi Satu.id – Sore hari 14 Ramadhan 1444 H di jalan lintas Sumbar-Riau, tampak berbeda dari hari-hari lainnya. Sejumlah anak-anak SD Ketinggian tampak membentangkan spanduk di tengah jalan. 

Anak anak SD Ketinggian Sarilamak itu meminta berhenti setiap pengendera yang melintas di depan Masjid Nurul Iman jorong Ketinggian Sarilamak Kab.Limapuluh-Kota, untuk .

Mereka bukan demo, dan tidak juga meminta sumbangan, sebagaimana lazimnya yang dilakukan sejumlah kalangan di tengah jalan raya. Tampak masing-masing mereka menjinjing kantong plastic dan membagi bagikan kepada setiap pengendera yang mereka hentikan.

Zoom Gub Sumbar dg Siswa SD 02 Sarilamak
Zoom Meeting Gubernur Sumbar pada Pesantren Ramadhan 1444 H di Mushalla SD Negeri 02 Ketinggian Sarilamak Kec. harau Kab limapuluh-Kota

Tidak satupun yang marah ataupun kesal, melainkan senyum dengan kekaguman seraya menyampaikan terima kasih pada anak anak tersebut. Kekaguman itu spontan muncul, karena mereka dihentikan untuk menerima bungkusan yang berisi takjil perbukaan.

Mereka, para anak-anak itu, adalah Siswa-siswi  SD negeri 02 Sarilamak, Kec. Harau Kab. Limapuluh-Kota. Dengan didamping beberapa guru, tampak wajah ceria anak-anak itu karena telah membagi-bagikan Takjil perbukaan buat orang banyak. Demikian laporan awak media ini. Rabu, (5/4/2023)

Ketinggian
Bagi-bagi Takjil Perbukaan oleh anak-anak SD Negri 02 Sarilamak. Khusus memberikan pada penegendera mobil, dibantu oleh guru pendamping, guna menhindari kecelakaan saat menyerahkan takjil.

Jika biasanya anak-anak SD menerima takjil, tapi kali ini tampak tidak demikian. Sebaliknya, justru merekalah yang membagi bagi takjil  Tidak lazim memang, ucap Syeikh Mulia di Ketinggian. Jika yang berbagi dan membagikan Takjil itu, adalah anak-anak SD, kata Syeikh Mulia di Ketinggian, hal itu merupakan pendidikan akhlak dan Aqidah yang seyogianya menjadi pembelajaran bagi kalangan orang dewasa.

Pendidikan semacam ini merupakan penanaman akhlak dan Aqidah yang diimplementasikan langsung kepada kehidupan nyata. Sehingga proses pembelajaran agama, tidak semata pada tataran teori belaka, ujar ulama Surau Piobang itu.

Menurut Syeikh Mulia di Ketinggian yang juga tokoh NU Limapuluh Kota, Pembelajaran yang dilakukan para guru SD Negri 02 Sarilamak ini, merupakan suatu penanaman nilai-nilai yang diwariskan Nabi Muhammad.

BACA JUGA  Soal Batu Bara, LSM Pemerhati KSB Minta Operasional Bongkar Muat di Stop
Ketinggian
Syeikh Mulia di Ketinggian

Dan kegiatan penanaman nilai nilai yang dilakukan guru-guru itu, kata ayah tiga anak ini, dapat dikategorikan sebagai pewarisan tugas Rasulullah. Dalam menuntun umat dari ketidak tahuan menjadi berilmu pengetahuan. Karena memang itulah peran guru. sebagai pewaris Rasulullah.

Demikianlah cara guru-guru SD negeri 02 Sarilamak, menyikapi surat perintah Gubernur Sumatra Barat, prihal kegiatan Pesantren Ramadhan. Ujar Yudhi Mefrianda, S.Pd guru SD setempat, pada awak media, sore itu.

Program Pemprov Sumatra Barat itu oleh Gubernur Mahyeldi ditindaklanjutinya dengan zoom meeting ke seluruh sekolah di Sumatra Barat, pada Senin ( 27/3-2023). Zoom meeting Gubernur itu, dinilai oleh para insan guru sebagai suatu motivasi yang kuat bagi SD Negeri 02 Sarilamak setempat.

Motivasi demikian kata Yudhi Mefrianda, dapat dilihat dengan melibatkan segenap anak-anak SD setempat untuk membagi-bagikan takjil kepada yatim-piatu se Jorong Ketinggian, dan berlanjut membagikan ta’jil ke pengguna jalan yang melintasi jalan Sumbar-Riau tersebut.

Ketinggian
Murid SD Negeri 02 Sarilamak, saat mengikuti Pesantren Ramadhan 1444 H. Di Masjid Nurul Iman Ketinggian Sarilamak Kec. Harau

Hal itu dimaksudkan sebagai upaya menanamkan sikap kepedulian antar sesama. Sekaligus mendidik anak -anak secara konkret tentang manfaat sedekah, terutama Fadilah sedekah Ramadhan. kata Yudhi menambahkan.

Acara Zoom meeting Gubernur Sumbar itu, mendapat perhatian khusus, terutama bagi kalangan anak-anak dan para guru SD negeri 02 setempat. Kalangan siswa SD, tampak ceria saat wajah Gubernur mereka tampil di layar In-fokus yang dipajang di mushalla sekolah mereka.

Gubernur Mahyeldi dalam zoom meeting menyampaikan harapannya, agar kegiatan pesantren Ramadhan, sebagaimana surat edarannya, dilaksanakan pada setiap tingkat sekolah ( SD, SMP, SMA ) kegiatan Pesantren Ramadhan.

Harapan Gubernur itu mendapat apresiasi dan dukungan dari kalangan orang tua murid, warga Ketinggian Sarilamak sekitarnya. Jika pesantren Ramadhan sebelumnya, para murid ditugaskan mencatat ringkasan ceramah ustazd, tapi kali ini tidak demikian. “ Baru kali ini pelaksanaan Pesantern Ramadhan yang menghadirkan langsung Gubernur, meski hanya lewat Zoom “ ungkap Ria salah seorang wali murid, berkomentar.

BACA JUGA  Nor Qamariah Caleg PPP Nomor Urut 4 Layak Didukung Menjadi DPRD Sanggau 

Rinaldi K(48), Anggota Bamus Nagari Sarilamak, menyatakan sangat mendukung kegiatan ini.

Sudah semestinya pihak Nagari  mendukung setiap kegiatan yang seperti ini. Bahkan kalau perlu, ini juga jadi agenda Kenagarian Sarilamak ke depannya, ungkap Rinaldi yang juga mantan Ketua Komite SD 02 Sarilamak ini.

 

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.