Beranda KALBAR Polres Kubu Raya Salurkan BT-PKLWN Rp300 Ribu kepada 7000 Orang

Polres Kubu Raya Salurkan BT-PKLWN Rp300 Ribu kepada 7000 Orang

Polres
Suasana penyaluran BT-PKLWN di Aula Mapolres Kubu Raya, Rabu 27 April 2022.
KALBAR | redaksisatu.id – Jajaran Polda Kalimantan Barat, melalui Polres Kubu Raya menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BT-PKLWN) kepada 7000 orang. Masing-masing penerimaan mendapatkan BT-PKLWN sebesar Rp 300.000,-.

Penyaluran BT-PKLWN oleh Personel Polres yang sudah dilakukan dua hari ini, dilaksanakan di Aula Mapolres Kubu Raya, Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa 26 hingga 27 April 2022.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah penyaluran BT-PKLWN, ini adalah hari kedua,” kata Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy, S.IK, M.Si saat menyampaikan keterangan Persnya, usai melakukan peninjauan penyaluran BT-PKLWN, sekitar Pukul 10.20 WIB.

BACA JUGA  Polsek Percut Sei Tuan Berhasil Amankan Tiga Pelaku Begal

Polres

Menurut Kumontoy, bahwa berdasarkan intruksi Pemerintah Pusat penyaluran BT-PKLWN ini harus sudah selesai diberikan sebelum Hari Raya Lebar Idul Fitri 2022. Program Bantuan Tunai Pangan (BTP) ini, dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

“Sasaran Program ini adalah Pedagang kaki lima, Warung, dan Nelayan,” ujarnya.

Sedangkan untuk mekanisme penyaluran, warga atau calon penerima harus memiliki KTP dan belum pernah menerima BPUM sebelumnya. Sebelum penyaluran BT-PKLWN ini, Personel Babinkamtibmas juga sudah melakukan pendataan. Pendataan tersebut dilakukan dengan cara pengumpulan warga, memfoto warga beserta KTP, dan dilakukan verifikasi melalui aplikasi Posko presisi keuangan.

BACA JUGA  Kapolres Kapuas Hulu Berikan Sosialisasi, Begini Kata Pekerja Tambang Ilegal
Polres
AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy, S.IK, M.Si, melakukan monitoring penyaluran BT-PKLWN di Aula Mapolres Kubu Raya, Rabu 27 April 2022.

“Penerimaan BT-PKLWN, harus memiliki KTP dan tidak termasuk dalam negatif black list terkait masalah KTP sesuai arahan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, seluruh Indonesia sebanyak 151 Kota/Kabupaten. Khusus untuk wilayah Kalimantan Barat target penyaluran BT-PKLWN sebesar 43.500 0rang dari 7 Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Kubu Raya. Penyaluran melalui wilayah hukum Kubu Raya, data yang sudah terverifikasi sebanyak 7.217 orang.

“Sasaran kita 7000 orang, namun untuk kelebihan 217 orang yang sudah terverifikasi tersebut tetap kita komunikasikan untuk bisa semua dibayar,” ungkapnya.

BACA JUGA  Legalisasi, Hukum Sebagai Alat Kejahatan Besar Saat Penangkapan Ketum PPWI
Polres
Hari pertama Penyaluran BT-PKLWN di Aula Mapolres Kubu Raya, Selasa, 26 April 2022.

Penyaluran BT-PKLWN yang dilaksanakan selama dua hari ini, ditargetkan 1000 orang penerimaan. Selanjutnya penyaluran Bantuan Tunai tersebut akan dilaksanakan dibeberapa Kecamatan atau Polsek. Hal ini untuk membantu, agar Masyarakat tidak perlu jauh-jauh mendatangi Mapolres untuk mendapatkan BT-PKLWN tersebut.

“Setelah dua hari penyaluran di Mapolres, kita akan lakukan pembagian di Kecamatan Sungai Raya, Ambawang, dan Kecamatan-kecamatan lainnya, penyaluran dilaksanakan di tiap Polsek,” pungkasnya.

Ia menambahkan, penyaluran BT-PKLWN oleh pihaknya baru dilakukan satu kali ini. Namun berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR), penyaluran BT-PKLWN ini sudah Tahap II (dua).

BACA JUGA  Dewan Adat Dayak Kapuas Hulu Kutuk Edy Mulyadi Cs

“Berdasarkan arahan STR untuk BT-PKLWN, sudah tahap dua. Namun untuk Polres Kubu Raya baru dilaksanakan sekali, baru tahap pertama (Tahap I_red), tapi kalau Polres lain ada yang Tahap Dua,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam pantauan di lapangan, penerima BT-PKLWN wajib mematuhi Prokes Covid-19. Dalam kesempatan ini, Polres Kubu Raya juga melaksanakan Vaksinasi dalam rangka mendukung Program Pemerintah terkait percepatan Vaksinasi Covid-19.

Adrian318

BACA JUGA  BPK RI Periksa Laporan Keuangan 2021 di Polda Kalbar
Artikel sebelumyaFernando Sinaga Hadiri 1 Tahun Wempi–Jakaria 
Artikel berikutnyaOknum Bupati Bogor Hj. Ade Munawaroh Yasin Terkena OTT KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.