Namun, agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal, cara mengolah dan konsumsi telur setengah matang perlu dilakukan dengan tepat.

Telur tergolong sebagai superfood karena kandungan nutrisinya lengkap. Nutrisinya meliputi protein, vitamin, zat antioksidan, lemak, fosfor, dan selenium.

Selain itu, telur juga sangat mudah untuk dimasak dan dapat dicampur ke berbagai jenis makanan.

Salah satu cara memasak telur yang dinilai lebih sehat adalah dengan merebusnya, baik setengah matang atau matang sempurna.

Banyak orang yang menyukai telur rebus setengah matang karena teksturnya lembut dan kental.

Manfaat telur setengah matang bagi kesehatan juga beragam. Ini karena makin lama dan makin panas suhu saat Anda memasak telur, makin banyak nutrisi yang hilang.

Memasak telur terlalu lama juga dapat meningkatkan jumlah kalori, terutama jika telurnya digoreng.

Bila diolah dengan cara yang tepat, ada berbagai manfaat telur setengah matang yang dapat diperoleh. Berikut ini adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan massa otot

Untuk meningkatkan massa otot, Anda bisa memasukkan telur setengah matang yang direbus dalam menu makanan harian.

Ini karena kandungan protein dalam telur baik untuk otot. Namun, sebaiknya imbangi dengan latihan angkat beban agar massa otot makin bertambah dan otot makin kuat.

2. Menguatkan tulang

Manfaat telur setengah matang lainnya adalah dapat menjaga kekuatan tulang. Ini karena kandungan protein dan vitamin D yang dapat menguatkan tulang, sehingga risiko terkena osteoporosis dan patah tulang bisa berkurang.

Agar manfaat telur diperoleh secara maksimal untuk kesehatan tulang maupun otot, olahraga secara rutin dan jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera akibat olahraga.

BACA JUGA  Polsek Kalideres Tekan Angka Omicron Dengan Gelar Patroli Besar

3. Menjaga kesehatan mata

Telur setengah matang juga bermanfaat menjaga kesehatan mata. Manfaat ini diperoleh karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada pada telur.

Kedua kandungan ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata yang dipengaruhi usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Menurunkan berat badan

Kandungan protein dalam telur setengah matang juga dapat menurunkan berat badan. Protein dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar sehingga asupan kalori harian berkurang.

Untuk menikmati manfaat ini, sebaiknya masak telur dengan cara direbus agar tidak menambah kalori.

5. Menurunkan kolesterol

Konsumsi telur setengah matang juga mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Manfaat ini diperoleh dari kandungan omega-3 di dalamnya.

Untuk menikmati manfaat telur setengah matang sebagai penurun kolesterol, pilihlah jenis telur omega-3 yang dapat Anda temukan di supermarket terdekat.

6. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Telur setengah matang juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena kadar HDL atau kolesterol baik yang tinggi dalam telur setengah matang sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Meski manfaat telur dikaitkan dengan mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke sekaligus menurunkan kolesterol.

Sebaiknya batasi asupan kuning telur secara berlebihan karena bagian ini mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat telur setengah matang untuk kesehatan memang beragam, tetapi sebaiknya batasi konsumsinya. Makan telur yang tidak matang sempurna bisa meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi, seperti tipes.

Konsumsi telur setengah matang perlu dihindari pada beberapa orang, seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan orang yang memiliki gangguan daya tahan tubuh.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang manfaat telur setengah matang atau ragu untuk mengonsumsinya karena memiliki masalah kesehatan tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA  Pengukuhan PIK R SMK N 1 Dumai Dihadiri Oleh Walikota

Sumber: alodokter.com