Iklan
BerandaNASIONALLogo dan Tema HUT Ke-79 RI tahun 2024

Logo dan Tema HUT Ke-79 RI tahun 2024

REDAKSI SATU – Logo dan Tema HUT Ke-79 RI tahun 2024 resmi dilaunching oleh pihak Sekretariat Istana Presiden Republik Indonesia di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 24 Juni 2024.

Logo yang dilaunching oleh pihak Sekretariat Istana Presiden tersebut berbentuk angka 79 berwarna merah. Terlihat 3 garis berwarna merah yang membentuk angka 7 dan 3 garis merah membentuk angka 9.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, bentuk angka tujuh menyerupai paruh burung garuda, lambang negara Indonesia.

BACA JUGA  Warga Segel SPBB 67.787.01 dan Datangi Mapolsek Mentebah Pertanyakan BB serta Pelaku
Logo
Logo dan Tema HUT Ke-79 RI tahun 2024. (Dok: Ist).

“Lambang negara berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila serta melambangkan kekuatan negara,” ungkap Heru.

Selain itu, angka 7 (tujuh) didesain menyerupai panah ke kanan atas yang merupakan simbol harapan Indonesia bisa meningkatkan investasi dan ekspor untuk mendukung ekonomi nasional.

Kemudian, ada pula garis lengkung dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain. Heru menyebut garis itu menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

BACA JUGA  Pererat Silaturahmi, Danlantamal XII Sambut Kunjungan Kepala KPKNL Singkawang
Logo
Peluncuran Logo dan Tema HUT Ke-79 RI tahun 2024 di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 24 Juni 2024. (Dok: Ist).

Lalu ada bentuk dahan dan daun di angka 9 (sembilan) yang merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas bangsa.

Sementara elemen grafis terinsipirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan. Secara umum, sungai memiliki cabang-cabang yang pada akhirnya akan mengarah pada suatu muara yang sama. Hal itu menyiratkan sebagai rumpun yang menyatukan kekuatan dan bergerak menuju Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk dan panjang menyerupai ikon sungai terpanjang di Indonesia, tepatnya Sungai Kapuas di Kalimantan yang memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia menjadi negara dinamis.

BACA JUGA  Satgas Siber Polda Kalbar Patroli Hoax Rekapitulasi tingkat PPK pasca Pemilu 2024

Elemen grafis yang terdiri dari empat garis melambangkan empat pilar yang dinamis, yang melambangkan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Elemen grafis ini mengandung harapan bahwa Indonesia terus berkembang mengikuti zaman, namun tetap berpegang pada nilai luhur bangsa.

Logo Peringatan HUT Ke-79 tahun 2024 yang merupakan hasil karya Inggrid Wenas seorang wanita asal Surabaya tersebut mengusung Tema: Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Selanjutnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kembali menjelaskan, tema HUT RI tahun ini menggambarkan transisi. Bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tapi juga transisi pemerintahan baru.

BACA JUGA  Inspektur Koarmada I Buka Audit Kinerja di Lantamal XII dan Jajaran TA 2024

“Bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita,” kata Heru.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekretariat Presiden juga memperkenalkan seorang wanita asal Surabaya yang berhasil menciptakan Logo Peringatan HUT Ke-79 tahun 2024.

“Untuk tahun ini logo yang dipilih hasil karya Mbak Inggrid, mungkin (Mbak Inggrid bisa) berdiri sambil melambaikan tangan karena beliau dari Surabaya,” ujar Heru.

BACA JUGA  Terkait Dana Hibah Mujahidin, Pj Bupati Kubu Raya Diperiksa Kejati Kalbar

Desainer logo dan tema HUT Ke-79 RI tahun 2024, Inggrid Wenas menambahkan, bahwa desain logo HUT RI yang Dia ciptakan itu terinspirasi unsur alam dan budaya Indonesia. Dia pun merasa bersyukur karena bisa berkontribusi untuk memeriahkan HUT RI lewat desain karyanya.

“Saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kesempatannya untuk berpartisipasi berkontribusi untuk mendesain logo HUT RI ke-79 ini. Syukur kepada Tuhan saya panjatkan dan terima kasih kepada tim Asosiasi Desain Grafis Indonesia untuk kesempatannya dan bimbingannya,” ungkap Inggrid Wenas.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Irwanto Klarifikasi Dugaan Penipuan dan Pungli Meteran PLN di Sanggau

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.