Hari Ke 2 Pelatihan Sadar Wisata di Nagari Koto Baru

0
72
Warisan Geologi
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Hari ke 2 pelatihan Pokdarwis Nagari Koto Baru, Kamis, (09/12/2021) dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi pertama yang disampaikan oleh Muhamad Subari nara sumber dari Desa Wisata Nusantara (DAWISNU).

Sebelumnya, pada hari pertama pengurus Pokdarwis Nagari Koto Baru telah terbentuk dan pada sesi terakhir di hari ke 2 ini, pengurus baru tersebut dikukuhkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Decky. H. Sahputra.

Narasumber dalam pelatihan hari ke 2 yang disampaikan oleh Muhamad Subari, membahas tentang pemahaman wisata, bagaimana peran Pokdarwis dalam meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat untuk terlibat membangun kepariwisataan lokal di daerahnya.

Subari menyampaikan, Pokdarwis harus mampu mengidentifikasi peran pemerintah, swasta dan perguruan tinggi maupun masyarakat, terutama pemangku adat setempat, dalam pembangunan kepariwisataan.

Hari Ke 2

Dikatakannya, bila pengurus pokdarwis mampu memetakan, merumuskan strategi dan program pemberdayaan masyarakat melalui Pokdarwis, ia yakin wisata di Nagari Koto Baru akan bangkit.

Untuk itu, Subari berharap agar output kegiatan ini harus ada tindak lanjut, baik laporan pelaksanaan strategi pelatihan dan rekomendasi.

Sebab menurutnya, rekomendasi tersebut merupakan arahan untuk pemangku kepentingan dalam melakukan atau menyusun rencana pengembangan pariwisata di Koto Baru ke depan.

Bari memperkenalkan tentang wisata dan bagaimana memahami apa itu wisata serta bagaimana menciptakan wisata menjadi pemasukan.

“Bagaimana menciptakan dan mengemas sesuatu yang berbeda di daerah kita hingga para wisatawan berminat untuk berkunjung,” ujarnya.

Subari juga menekankan akan pentingnya Pokdarwis, terutama bagaimana memiliki kemampuan untuk melibatkan semua sektor dan elemen dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Hari Ke 2

Menurutnya, pembangunan Nagari Wisata melalui Pokdarwis adalah merupakan start up program perintisan pembangunan kawasan kenagarian yang ke depannya bisa dikelola oleh BUMNAG.

BACA JUGA  KPK Terbaik Ingatkan Pegawai Negeri dan Penyelenggara Negara Hindari Gratifikasi

Pada sesi terakhir dengan acara pengukuhan dan penyerahan SK Pokdarwis yang dilaksanakan di Pantai Muara Karang Tanjung Koto Baru tersebut, Kadispar Pasbar, Decky dalam sambutannya mengatakan agar kedepannya Nagari Koto Baru bisa lebih maju dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya melalui sektor wisata.

Decky H. Sahputra, selain menyampaikan materi tentang pemetaan dan strategi wisata, juga mengukuhkan dan menyerahkan SK Pengurus Pokdarwis KOBA PESONA sekaligus menutup secara resmi acara pelatihan tersebut.

Decky berpesan, agar setelah terbentuknya Pokdarwis Nagari Koto Baru yang diberi nama KOBA PESONA ini, pengurus segera melakukan gebrakan dengan memetakan kegiatan dalam program prioritas yang terukur.

Menurutnya, terbentuknya dan dikukuhkannya pengurus Pokdarwis Koba Pesona, dapat menjadi tonggak awal dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, akan arti penting pariwisata dalam pembangunan Nagari kawasan secara luas yang berkesinambungan.

Decky, juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Pemerintah Nagari dan Bamus Nagari Koto Baru yang telah memberikan dukungan dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Semoga hasil kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, khususnya bagi pengembangan kepariwisataan koto baru,” ucapnya.

Di samping itu, Decky juga berharap, Pokdarwis yang diberi nama KOBA PESONA ini akan mampu meningkatkan peran serta masyarakat secara langsung dalam pengembangan pariwisata agar memperoleh manfaat seoptimal mungkin melalui kesempatan berusaha.

Decky berharap, setelah diserahkannya SK Pokdarwis KOBA PESONA ini, semoga pengurus mampu bekerjasama dengan BUMNag setempat.

“Segera persiapkan Rencana Induk Pariwisata Nagari, serta petakan titik destinasi prioritas yang akan dikembangkan, dan segera programkan kegiatan serta anggaran, agar nantinya pihak Nagari bersama Bamus dapat menganggarkan pada RKP tahun 2022 untuk disahkan,” ujarnya.

Pada hari ke  ini, pemateri Muhamad Subari dari Desa Wisata Nusantara (Dawisnu) berharap Pokdarwis Nagari Koto Baru yang baru dikukuhkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Pasbar, Decky H. Sahputra ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Nagari yang ada di Kecamatan Luhak Nan Duo, baik secara dinas maupun adat.

BACA JUGA  Pantai Banyu Meneng, Destinasi Wisata Indah di Malang Selatan

“Dengan telah dikukuhkan dan diserahkannya SK POKDARWIS KOBA PESONA Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Dua oleh Kepala Dinas PARIWISATA Kabupaten Pasbar, Decky H. Sahputra, kini Nagari Koto Baru telah resmi memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” ujarnya.

Hadir pada acara penyerahan SK tersebut, selain Kepala Dinas Pariwisata Pasbar, Decky H. Sahputra beserta beberapa Kasinya, juga Wali Nagari Koto Baru yang dalam hal ini diwakili oleh Kaur Umum, Japriman dan Ketua Bamus Nagari Koto Baru, Rozi Ahmadi beserta anggota serta seluruh Pengurus Pokdarwis KOBA PESONA terpilih.

Ketua Bamus Koto Baru, Rozi dalam sambutannya, mengajak semua pihak turut support untuk memajukan perekonomian masyarakat Nagari Koto Baru.

Rozi juga mengucapkan selamat atas terbentuknya POKDARWIS KOBA PESONA dan ia berharap kepada pengurus terpilih untuk bisa lebih memajukan wisata Nagari Koto Baru ke depannya.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.