Pelatihan Sadar Wisata di Nagari Koto Baru 2021

0
55
Pelatihan Sadar Wisata
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Pelatihan Sadar Wisata melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bagi masyarakat Nagari Koto Baru, Rabu, (08/12/2021) yang dibuka oleh Pj. Wali berlangsung dengan tetap mempedomani Prokes Covid -19.

Pj. Wali Nagari Koto Baru, Martias saat membuka secara resmi pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bagi masyarakat Nagari Koto Baru berpesan agar seluruh peserta serius mengikuti pelatihan ini sampai selesai.

Pelatihan Sadar Wisata ini digelar di Gedung Serba Guna Koto Baru Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat.

Pelatihan Sadar Wisata

Dalam arahannya, Martias menyampaikan, bahwa konsep pelatihan sadar wisata ini merupakan konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat yang kondusif dalam pengembangan kepariwisataan.

“Ada berbagai unsur berkembangnya pariwisata yaitu, keramah-tamahan, keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, dan keindahan,” ujarnya.

Menurut Martias, implementasi dari Sapta Pesona yaitu terciptanya lingkungan yang bersih, aman, tertib, dan memberikan layanan teratur serta efektif bagi wisatawan.

“Apalagi objek wisata yang dimiliki Koto Baru sangat luar biasa dan mempesona,bila kita bersama-sama mengembantkannya,” terangnya.

Sementara Kadis PMN menyampaikan, destinasi wisata menjadi sasaran pengembangan unggulan jika Pemerintah dan masyarakat mampu menjaga dan mengembangkannya secara bersama.

“Pelatihan sadar wisata ini sangatlah baik, karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta objek wisata, membantu memberantas kemiskinan, dan membuka lapangan pekerjaan,” terangnya.

Pelatihan Sadar Wisata

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari, Randy melalui Apreneldi kabid ekonomi juga berharap, melalui pelatihan ini kesadaran masyarakat khususnya pemudanya untuk lebih memahami pentingnya Sadar Wisata dan menerapkannya secara sungguh-sungguh.

Menurutnya, pelatihan sadar wisata di Nagari Koto Baru ini bertujuan untuk dapat menjadikan daerah kita sebagai tempat wisata bagi masyarakat banyak, hingga mampu mendongkrak pengembangan ekonomi masyarakatnya.

BACA JUGA  WargaTonang Udang Sinuruik Usulkan Perbaikan Irigasi Yang Rusak

Sementara itu Kadispar Parawisata, Decky H. Sahputra melalui Kabid…dalam sambutannya, mengatakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Sadar Wisata ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat.

Menurutnya, keseriusan seluruh elemen khususnya pemuda dalam turut serta mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pasbar akan tercapai bila semua Pokdarwis di masing – masing ke nagarian.

Kadispar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Nagari yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan dalam kegiatan ini.

Ia berharap dari hasil kegiatan ini akan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak khususnya bagi pengembangan kepariwisataan Nagari Koto Baru.

Peserta terdiri dari 23 orang yang merupakan utusan dari 8 kejorongan yang ada di Nagari Koto Baru.

Kadispar juga memaparkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan lokal di daerahnya masing-masing.

Dalam mendukung sektor pariwisata, diharapkan peserta dapat mengidentifikasi peran pemerintah, swasta/perguruan tinggi dan masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, serta dapat merumuskan strategi dan program pemberdayaan masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Zul Atiska sebagai Narasumber dalam pelatihan ini menyampaikan kelompok Sadar Wisata merupakan salah satu komponen dalam masyarakat dalam memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan ke para wisatawan di daerahnya.

Ditambahkannya, Pokdarwis sebagai penggerak harus mampu meng output kegiatan ke parawisataan, terutama laporan pelaksanaan pelatihan dan rekomendasi.

Rekomendasi tersebut merupakan arahan untuk pemangku kepentingan dalam melakukan atau menyusun rencana pengembangan pariwisata di Koto Baru ke depan.

(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.