Iklan
Iklan
BerandaDAERAHGEMPA BUMI TEKTONIK M=4.5 DIRASAKAN DI PASAMAN BARAT, SUMBAR

GEMPA BUMI TEKTONIK M=4.5 DIRASAKAN DI PASAMAN BARAT, SUMBAR

Pasbar | Redaksi Satu – Gempa Bumi Tektonik M=4.5 dirasakan di Pasaman Barat Sumbar hari ini Rabu, (28/09/2022) sekitar pukul 10:46:35 WIB.

Saat kejadian terlihat warga pada berlarian keluar rumah dan terlihat hampir seluruh warga di sekitar rumahnya panik.

Diketahui dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.5 Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.17 LU dan 99.86 BT atau tepatnya berlokasi di Darat pada 12 km TimurLaut Pasaman Barat, Sumbar pada kedalaman 10 km. atau dari pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tersebut tidak ada berpotensi tsunami.

Sementara berdasarkan hasil pemantauan, hingga berita ini dirilis pada Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 13.00 WIB. belum ada gempabumi susulan, demikian juga laporan resmi dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut, belum ada.

Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 0,17 Lintang Utara (LU) dan 99,92 Bujur Timur (BT).GEMPA BUMI TEKTONIK

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT. pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Menurut analisis BMKG Padang Panjang, Gempabumi yang terjadi hari ini, bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau.GEMPA BUMI TEKTONIK

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT. menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Disampaikannya, masyarakat sebelum kembali ke rumah, agar memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa.

BACA JUGA  Bencana Alam di Jawa Barat Terkendali Dengan Sinergitas 4 Pilar

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggalnya tidak ada kerusakan akibat gempabumi yang barusan terjadi,”terangnya.

(Zoelnasti)

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.