Endra Yama Putra Salurkan Bantuan ke Kelompok Nelayan

0
66
Endra Yama Putra
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Endra Yama Putra yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Rabu, (01/12/2021). Menyerahkan bantuan 26 unit Mesin longtel dan 2 unit mesin tempel kepada Kelompok Nelayan Sasak (KNS).

Menurut Endra Yama Putra, bantuan yang diberikan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menangkap ikan yang kehidupan sehari-harinya sebagai nelayan dalam menghidupi keluarganya.

Acara penyerahan selain dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasaman Barat, Zulfi juga terlihat hadir Camat Sasak Ranah Pasisie, Ferdinan Ujang dan Kepala Jorong Pasa Lama, Kepala Jorong Pondok serta Ketua Kelompok Nelayan Sasak, Putra Ulung Jaya, termasuk seluruh anggota kelompok nelayan dan tokoh masyarakat setempat.

 

Endra Yama Putra

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasaman Barat pada sambutannya menyampaikan bantuan ini merupakan pokir 2019.

Menurutnya, bantuan dalam bentuk Pokir tersebut sebenarnya sudah diajukan sejak tahun 2019, namun karena pandemi covid-19 melanda, maka baru pada tahun 2021 ini bisa kita realisasikan.

Bantuan ini bertujuan membantu warga dalam melakukan penangkapan ikan sebagai rutinitas atau pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan,” ujarnya.

Zulfi berharap agar bantuan yang diserahkan melalui Pokir ini dapat di manfaatkan oleh nelayan dengan baik.

Dikatakannya, bantuan ini telah melalui perjuangan yang panjang karena bukan Kelompok ini saja yang mengusulkan bantuan ini.

“Semoga Kelompok Nelayan Sasak tetap eksis dan dapat menjaga kekompakan antara sesama anggota kelompok sehingga pokir ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan semua,” harap Zulfi.

Endra Yama Putra, pada kesempatan itu juga menyampaikan terimakasih kepada dinas perikanan yang telah senantiasa mendampinginya dalam menyalurkan bantuan kepada nelayan Sasak.

Menurut Endra Yama Putra, meskipun masih ada kekurangan dalam penyaluran nya, hal itu juga mengingat keterbatasan anggaran, dan terlebih di saat pandemi covid 19 yang sedang melanda beberapa tahun belakangan ini.

“Saya akan tetap berjuang untuk nelayan Sasak ini, dan saya tidak akan pernah bosan untuk merangkul bantuan ke Dinas Perikanan Kabupaten, Provinsi hingga kementrian, hal ini demi perubahan dan peningkatan perekonomian nelayan Sasak.

“Saya siap menampung aspirasi nelayan Sasak di manapun, baik di warung, di rumah maupun di kantor. Pastinya nantinya akan kita usulkan sesuai dengan anggaran yang ada,” ujar Endra.

Endra Yama Putra juga berpesan, mari kita manfaatkan bantuan ini dengan baik dan menjaganya dengan baik sehingga dapat dipergunakan untuk waktu yang lama.

Sementara Camat Sasak Ranah Pasisie, Ferdinan Ujang saat memberikan sambutannya menyampaikan, kita pantas mensyukuri kerja keras Endra Yama Putra yang selalu menyalurkan bantuan kepada para nelayan Sasak.

Ferdinan berpesan, semoga Pokir Endra Yama Putra ini dapat di manfaatkan sebaik- baiknya dengan merawatnya dan menjaganya.

Camat juga berharap, hendaknya Kelompok Nelayan Sasak dapat mengembangkannya sebaik mungkin bantuan ini.
“Bantuan ini sifatnya untuk peningkatan usaha nelayan agar ke depan bisa lebih baik lagi ekonominya,” ujarnya.

BACA JUGA  Perhutani KPH Lawu DS Terima Penghargaan K3 dari Gubernur Jatim

Camat berpesan, dengan adanya bantuan ini, diminta kepada masyarakat lainnya bila ingin melakukan peningkatan kelompok dan bagaimana mendapatkan bantuan, terlebih dahulu kelompok harus membentuk atau membenahi kelompoknya.

 

Endra Yama Putra

Adapun pembenahan tersebut seperti, kelompok harus memiliki struktur pengurus yang lengkap, alamat kantor yang jelas dan terdaftar serta memiliki akte notaris pendirian.

Ferdinan Ujang, mengatakan bahwa Pokir tersebut merupakan hasil dari anggota dewan ketika menjalankan resesnya di Sasak Ranah Pasisie ini.

Camat Sasak, Ferdinan pada media ini juga menjelaskan, sebelumnya pada Jumat (19/11/2021) yang lalu, Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat telah menerima bantuan dari Pokir anggota DPRD Pasbar Dapil II, Endra Yama Putra.

BACA JUGA  Polda Kalbar bersama Pemprov gelar Mudik Gratis Idul Fitri 1445 H

Dikatakannya, bantuan yang diterima oleh masyarakat nelayan tersebut berupa bantuan sarana dan prasarana pembudidayaan ikan lele.

Adapun bantuan yang diserahkan pada Jumat lalu itu berupa 8 ton pakan ikan dan 11 ribu bibit untuk tiga kelompok nelayan.

“Bantuan tersebut juga berupa saluran Pokir dari Anggota DPRD Dapil II Pasaman Barat atas nama Endra Yama Putra,” terangnya.

Akhirnya pada kesempatan tersebut, setelah bantuan diberikan, pengurus dan anggota kelompok menandatangani berita acara atau kesepakatan dari penerima.

Ketua Kelompok Nelayan Sasak, Putra Ulung Jaya yang juga didampingi oleh Faisal, salah seorang anggota Kelompok Nelayan Sasak setelah melakukan penandatanganan berita acara serah terima, mengucapkan terimakasih kepada Endra Yama sebagai wakil rakyat yang selama ini selalu memperhatikan nelayan.

“Saya pribadi selaku masyarakat dan atas nama anggota Kelompok Nelayan Sasak, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Endra Yama Putra ini, bagaimana seorang anggota Dewan yang terpilih dari Dapil II daerah Sasak ini, selain masih muda, ternyata berhati mulia dengan turun ke daerah konstituenya untuk memberikan Pokir yang merupakan permintaan masyarakat setempat,” ucap Putra Ulung Jaya.

(Zoelnasti)

BACA JUGA  Sejak Hari Pertama MRPB P & KKPB Terus Menyalurkan Bantuan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.