Daun Kelor Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

0
92
Daun Kelor
Daun kelor atau Moringa Oleifera adalah tanaman yang dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan, dan memiliki nutrisi yang cukup lengkap, termasuk vitamin, mineral, dan beragam senyawa aktif

Berkat nutrisinya, daun kelor sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Dengan kandungan protein yang cukup tinggi, menjadi sumber protein nabati yang baik.

Di dalam 100 gram daun kelor, terkandung 64 kalori dan nutrisi-nutrisi 9gram protein, 8gram karbohidrat, 2gram serat, 185miligram kalsium, 112miligram fosfor, 337miligram kalium, 52miligram vitamin C, 7560 IU vitamin A

Senyawa aktif yang  di kandungnya bermanfaat bagi kesehatan. Seperti triptofan, treonin, isoleusin, leusin, lisin, valin, alanin, asam glutamat, asam askorbat, dan karotenoid, serta asam amino esensial berupa sistein, dan metionin.

Tak hanya itu, tanaman ini mengandung vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, selenium, seng, dan tembaga,

Berkat kandungan berbagai nutrisi di dalamnya, dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

1. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi makanan tinggi protein, termasuk daun ini, dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menurunkan nafsu makan.

Kedua kondisi ini membuat porsi makan Anda menjadi lebih terkontrol, sehingga berat badan tetap terjaga.

Selain itu, makanan tinggi protein juga akan merangsang tubuh untuk membakar kalori lebih banyak.

2. Menurunkan kadar gula darah

Menambahkan daun kelor dalam menu makan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Manfaat ini diketahui berkat senyawa isotiosianat dalam daun kelor.

Tak hanya itu, serat pada tanaman ini juga dapat memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga kadar gula darah tidak akan melonjak.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan asam oleat pada daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga pertumbuhan jaringan kulit baru pada luka bisa lebih cepat.

BACA JUGA  Pijat Penis Dapat Perbesar Ukuran Untuk Lebih Nikmat dan Tahan Lama

Selain itu, kandungan polifenol dalamnya juga efektif mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Mengatasi peradangan

Daun kelor bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan. Manfaat ini berasal dari senyawa aktif dalamnya yang kaya akan antioksidan dan bersifat antiradang, sehingga bisa mencegah serta mengobati peradangan.

Sifat antiradang juga bisa membantu mencegah perburukan atau komplikasi suatu penyakit.

5. Mencegah serangan jantung

Mengonsumsi makanan bergizi, termasuk daun kelor, dapat mencegah serangan jantung maupun penyakit jantung yang lain.

Mengonsumsinya akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa memicu penimbunan lemak di dinding pembuluh darah.

Kondisi ini merupakan faktor yang meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung

Selain berbagai manfaat di atas, diketahui juga daun tanaman ini dapat mengatasi radang sendi, menjaga kesehatan mata dan hati, mengurangi tingkat keparahan asma, mengurangi kecemasan, hingga mencegah kanker.

Daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk melancarkan produksi ASI.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi sayur bening, dioseng dengan cumi, atau ditumis dengan tempe dan ikan teri.

Daun kelor juga tersedia dalam bentuk suplemen atau maupun teh. Namun, nutrisi pada suplemennya, tidak lebih besar daripada daunnya yang segar.

Jadi, untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda disarankan mengonsumsi daun kelor segar dan mengolahnya sendiri.

Sebelum mengolahnya, cuci bersih daun kelor, gunakan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak alpukat, untuk menumis daun ini.

Masak daun kelor dengan bahan makanan sehat lainnya, seperti telur, ikan, cumi, udang, wortel, buncis, atau brokoli.

Simpan daun kelor segar dalam lemari pendingin agar tahan lama. Sementara itu, daunnya kering bisa tahan hingga berbulan-bulan jika dibiarkan dalam suhu ruang

BACA JUGA  Teh Hijau Tumbuhan Untuk Kecantikan

Daun kelor memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, ingat, mengonsumsi tamanan ini saja tidak bisa menjadi pola makan sehat.

Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi lainnya dan mengimbanginya dengan rutin berolahraga.

Bila Anda ingin mengonsumsi daun kelor sebagai pengobatan atau untuk mengatasi kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter bila berencana mengonsumsinya secara rutin saat sedang sedang hamil dan menyusui.

Kendati berkhasiat, daun ini bisa menimbulkan efek samping apabila tidak dikonsumsi dengan tepat.

Daun kelor umumnya tergolong aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, tanaman ini berisiko memicu penumpukan zat besi dalam darah yang bisa menyebabkan atau memperburuk kondisi hemokromatosis.

Daun tanaman ini juga mengandung antinutrien yang dapat mengganggu proses penyerapan mineral dan protein jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika Anda yang sedang mengonsumsi obat tekanan darah, obat diabetes, obat antijamur, antihistamin, dan obat kolesterol.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor. Pasalnya, tanaman ini dapat memengaruhi cara kerja beberapa obat tersebut.

Sementara itu, ibu hamil pada trimester ke dua dan trimester ke tiga dinilai aman mengonsumsi daun kelor.

Namun, hindari mengonsumsi akar, kulit kayu, atau bunga kelor saat hamil karena bisa menyebabkan kontraksi yang meningkatkan risiko terjadinya persalinan prematur.

dikutip dari alodokter.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.