Tidak heran bila banyak produk perawatan kulit, seperti pembersih wajah, serum, pelembap, dan masker, yang memasukkan kandungan ini ke dalam produknya.

Manfaat daun jambu biji untuk wajah bisa Anda peroleh melalui penggunaan produk perawatan kulit berbahan ini secara rutin.

Manfaat tersebut berasal dari beragam nutrisi penting di dalamnya yang baik untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan zat besi.

 

Tidak ada salahnya bila Anda ingin mulai mencoba produk perawatan kulit yang mengandung daun jambu biji, karena sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan.

1. Mencegah munculnya jerawat

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung daun jambu biji bisa meminimalkan munculnya jerawat. Pasalnya, daun ini mengandung asam galat, tanin, dan flavonoid yang bersifat antibakteri sehingga mampu memerangi bakteri penyebab jerawat.

2. Mencegah terbentuknya kerutan di wajah

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam daun jambu biji mampu mencegah atau meminimalkan munculnya kerutan di wajah. Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin E bersifat antioksidan.

Antoksidan diketahui dapat melindungi kulit dari efek samping paparan sinar matahari dan polusi udara terus-menerus yang bisa merusak kulit dan mempercepat tanda penuaan, seperti kerutan di wajah.

3. Menjaga kelembapan wajah

Zat besi yang terkandung dalam daun jambu biji bermanfaat dalam meningkatkan produksi kolagen yang ada di kulit. Kolagen merupakan protein penting yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Artinya, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung daun jambu biji bisa membuat kulit menjadi lebih halus, lembap, dan kenyal.

4. Mencerahkan kulit

Daun jambu biji diketahui dapat mencerahkan kulit. Manfaat daun jambu biji untuk wajah ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

BACA JUGA  Inilah Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Anda

Vitamin C dapat mencerahkan kulit karena mampu menghambat produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang menentukan warna kulit. Makin rendah kadar melanin, makin cerah warna lulit.

Manfaat daun jambu biji untuk wajah memang beragam, tetapi Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Alasannya, karena tidak semua orang cocok dengan ekstrak daun jambu biji.

Misalnya, Anda yang memiliki riwayat penyakit eksim dianjurkan untuk menghindari produk dengan kandungan ini karena berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

Jadi, sebelum mengoleskannya ke kulit wajah, Anda dianjurkan untuk mengoleskannya ke siku bagian dalam terlebih dahulu.

Diamkan setidaknya selama 48 jam dan lihat reaksi yang timbul. Bila kulit area tersebut terlihat mengalami ruam, terasa gatal, kemerahan, bengkak, atau seperti terbakar, jangan lanjutkan penggunaan produk perawatan kulit.

Sebelum memperoleh manfaat daun jambu biji untuk wajah, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, apalagi bila Anda ingin mengobati permasalahan kulit tertentu, seperti jerawat yang meradang.

Sumber: alodokter.com