Iklan
Iklan
BerandaKESEHATANHERBALManfaat Sirih Cina

Manfaat Sirih Cina

Sirih cina (Peperomia pellucida) merupakan tanaman dari famili Piperaceae, sama seperti sirih hijau dan sirih merah. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau berkilau dengan bentuk hati. Untuk mendapatkan manfaatnya, sirih cina bisa diolah menjadi berbagai sajian.

Sirih cina mengandung banyak senyawa aktif, di antaranya flavonoid, tanin, alkaloid, saponin, terpenoid, steroid, glikosida, dan triterpenoid.

Berkat kandungannya ini, mengonsumsi sirih cina bisa memberikan manfaat-manfaat berikut ini:

  1. Mengatasi sakit kepala

Ingin coba pengobatan tradisional untuk mengatasi sakit kepala? Sirih cina jawabannya. Tanaman ini diketahui memiliki efek analgesik yang bisa meredakan nyeri-nyeri pada tubuh, termasuk sakit kepala.

  1. Menurunkan demam

Kalau kamu sedang demam, kamu bisa memanfaat sirih cina sebagai pengobatannya. Salah satu penetilan menyatakan adanya efek antipiretik dari kombinasi ekstrak sirih cina dengan green chiretta yang mirip dengan parasetamol

. Sayangnya penelitiannya masih terbatas pada hewan dan belum bisa dipastikan apakah akan sama efeknya jika diberikan kepada manusia.

  1. Meredakan diare

Sirih cina juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi diare. Hal ini digadang-gadang akibat kandungan zat di dalamnya yang bersifat aktioksidan sekaligus punya aktivitas antidiare.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Luka terbuka atau luka bakar ringan bisa diobati dengan sirih cina, lho. Sifat antiradang dan antihemoragik pada tanaman herbal ini dapat mencegah serta menghentikan perdarahan.

Selain itu, senyawa saponin pada sirih cina bersifat antiseptik juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

  1. Meringankan gejala penyakit mata

Sirih cina sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit mata, seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

Padahal sampai saat ini penyakit-penyakit tersebut tidak bisa diobati dengan produk herbal.

Penggunaan obat ini dinilai lebih minim efek samping dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Sifat antiradangnya juga katanya dapat membantu mengatasi konjungtivitis.

  1. Meringankan gejala asam urat
BACA JUGA  Bila Terjadi Angin Duduk Lakukan 6 Pertolongan Pertama

Sirih cina diketahui efektif untuk meringankan gejala asam urat, lho. Penelitian menyebutkan jika quercetin, yaitu salah satu kelompok flavonoid, pada sirih cina dapat menghambat produksi asam urat di dalam tubuh dan mencegah serangan asam urat.

Jika konsumsi sirih cina dibarengi dengan rutin olahraga, tentu manfaatnya bisa lebih maksimal. Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan kalau rutin melakukan Tai Chi dapat meningkatkan kelenturan sendi dan sirkulasi darah pada penderita asam urat.

  1. Mencegah peradangan paru-paru

Peran antibakteri pada sirih cina memang tidak perlu diragukan lagi. Flavonoid, tanin, steroid, serta senyawa tanaman lainnya pada sirih cina diketahui efektif dalam menghambat perkembangan bakteri Pseudomonas Aeruginosa dan Klebsiella Pneumoniae yang bisa menyebabkan peradangan paru-paru, seperti pneumonia.

  1. Menurunkan tekanan darah

Sirih cina cocok nih dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Penelitian menyebutkan kalau antioksidan dari sumber nabati, seperti sirih cina, dinilai lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan makanan dari sumber hewani.

  1. Melawan radikal bebas

Zat-zat yang terkandung di dalam sirih cina diketahui memiliki sifat antioksidan. Beberapa di antaranya adalah polifenol, tanin, dan flavonoid.

Nah, antioksidan berperan penting dalam melawan efek radikal bebas yang bisa membuat sel-sel tubuh rusak.

Bahkan, sudah ada lho penelitian yang membuktikan kalau sirih cina efektif dalam menjaga sel-sel dalam tubuh tetap sehat, sehingga risiko terkena kanker bisa dicegah.

Nah, itulah manfaat sirih cina yang perlu kamu ketahui. Tanaman ini bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan teh atau dicampur ke dalam masakan.

Untuk mengobati luka di kulit, kamu bisa tumbuk beberapa lembar daun terlebih dahulu, kemudian balut di atas luka.

Meski punya banyak khasiat, penggunaan sirih cina sebagai tanaman obat masih perlu diteliti lebih lanjut.

BACA JUGA  Pembagian Insentif Vaksin Covid - 19 Tidak Terbuka Timbulkan Gejolak

Selain itu, beberapa hasil penelitian dari manfaat di atas juga baru dilakukan pada hewan percobaan, sehingga uji klinis pada manusia masih diperlukan untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Kalau kamu tertarik mencoba sirih cina, terlebih bila ingin dijadikan pengobatan untuk suatu penyakit, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Sumber: alodokter.com

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.