Iklan
Iklan
BerandaGAYA HIDUPKurma Muda Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

Kurma Muda Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Kesehatan Tubuh

Manfaat kurma muda yang paling dikenal adalah meningkatkan kesuburan. Tidak heran bila buah ini sering dijadikan sebagai makanan yang baik dikonsumsi saat menjalani program hamil. Di samping khasiatnya tersebut, juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

 

Kurma muda atau disebut juga ruthab umumnya sering dicari dan dikonsumsi karena khasiatnya yang melimpah. Berbeda dari kurma matang, kurma yang muda memiliki tekstur lebih renyah dengan rasa yang tidak semanis kurma matang.

Meski begitu, kebanyakan orang mengonsumsi kurma muda memang bukan karena rasanya yang manis, melainkan manfaat yang bisa diperoleh. Manfaatnya tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya.

Sebenarnya, kandungan nutrisi kurma muda tidak jauh berbeda dengan kurma matang, yaitu karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, mangan, zat besi, dan vitamin B6. Selain itu, kurma muda juga mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma muda bagi kesehatan yang bisa diperoleh:

1. Meningkatkan kesuburan

Bagi Anda ingin hamil atau sedang menjalani program hamil, tidak ada salahnya bila menambahkan kurma muda ke dalam menu makan harian. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan, seperti protein, mineral, vitamin B6, flavonoid, dan karotenoid.

Meski begitu, belum ada penelitian yang membuktikan secara langsung bahwa konsumsi kurma muda bisa membuat wanita lebih cepat hamil. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan konsumsi kurma muda, tetapi juga menjalani pola hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan.

2. Mencegah keguguran

Salah satu penyebab keguguran yang umum terjadi adalah anemia defisiensi zat besi pada ibu hamil. Nah, kurma muda memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

BACA JUGA  Kepuasan Seks dari Mengintip Orang

Manfaat ini juga didukung oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi buah kurma muda secara rutin bisa mencegah anemia yang rentan dialami ibu hamil.

Tidak hanya zat besi, kurma muda juga dilengkapi nutrisi lain yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin, seperti, kalium, magnesium, dan asam amino.

3. Melancarkan proses persalinan

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kurma muda selama beberapa minggu terakhir kehamilan diketahui dapat meningkatkan pelebaran serviks dan mempercepat durasi persalinan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kurma yang muda bermanfaat dalam mengurangi kebutuhan induksi persalinan. Manfaat kurma muda ini diduga dapat memproduksi hormon oksitosin di dalam tubuh.

Hormon inilah yang nantinya dapat merangsang kontraksi rahim saat persalinan dan mempermudah proses persalinan. Tidak hanya itu, konsumsi kurma juga diketahui dapat mengurangi perdarahan setelah persalinan. Namun, manfaat kurma muda ini masih memerlukan penelitian lebih mendalam.

4. Mencegah sembelit

Kurma muda mengandung serat yang tinggi. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Agar sistem pencernaan tetap sehat, Anda bisa mengonsumsi kurma muda setiap hari.

Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi kurma yang mudah lebih dari 5 buah setiap hari karena bisa menimbulkan perut kembung, kram, dan kentut-kentut.

5. Mengontrol gula darah

Selain menjaga kesehatan pencernaan, serat juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kurma yang muda termasuk dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga konsumsinya tidak menimbulkan lonjakan gula darah yang terlalu tinggi.

Dengan begitu, kurma yang muda termasuk makanan yang cocok untuk penderita diabetes.

6. Menjaga kesehatan otak

Studi laboratorium menunjukkan bahwa konsumsi kurma yang muda dapat mengurangi peradangan di otak, mencegah pembentukan plak di pembuluh darah otak, sekaligus meningkatkan memori. Manfaatnya untuk kesehatan otak diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya, seperti flavonoid.

BACA JUGA  Temperatur Ekstrem di Belahan Dunia

Namun, penelitian yang membahas manfaat kurma muda ini masih terbatas pada hewan dan masih memerlukan penelitian klinis pada manusia.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Penderita kolesterol tinggi perlu menjaga asupan makanannya dengan baik. Nah, salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi adalah kurma yang masih muda.

Manfaatny untuk menurunkan kolesterol diduga dari kandungan antioksidan di dalamnya, sepeti karotenoid dan asam fenolik. Antioksidan tersebut diketahui mampu mengurangi peradangan, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

8. Mencegah penyakit Jantung

Karena bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol, konsumsi kurma yang muda juga baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab paling umum penyakit jantung.

Bagi Anda yang berisiko mengalami penyakit ini, cobalah untuk mengganti camilan Anda dengan buah-buahan yang mengandung beragam nutrisi dan antioksidan, salah satunya kurma yang masih muda.

Meski berbagai manfaatnya di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya bila Anda ingin mengonsumsi kurma yang muda secara rutin, mengingat ada banyak nutrisi penting di dalamnya. Namun, perlu diingat, mengkonsumsinya bukan berarti bisa menggantikan pengobatan medis, ya.

Jika Anda ingin memperoleh manfaat kurma yang muda tetapi takut memengaruhi kondisi medis yang Anda miliki, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Ditinjau oleh : dr. Airindya Bella

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.