Iklan
Iklan
BerandaNASIONALSatgas Siber Polda Kalbar Patroli Hoax Rekapitulasi tingkat PPK pasca Pemilu 2024

Satgas Siber Polda Kalbar Patroli Hoax Rekapitulasi tingkat PPK pasca Pemilu 2024

REDAKSISATU.ID – Subsatgas Siber Operasi Mantab Brata (OMB) Kapuas Polda Kalimantan Barat tingkatkan Patroli Siber di Dunia Maya dalam rangka menangkal berita hoax di masa Rekapitulasi Suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh AKBP Aswandi selaku Kasubsatgas Siber, Sabtu 17 Februari 2024.

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.IK.,M.M menyampaikan, bahwa Patroli Siber ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan tidak ada berita hoax yang beredar di Dunia Maya selama proses Rekapitulasi Suara berlangsung, sehingga Sitkamtibmas tetap kondusif.

“Tim Subsatgas Siber akan melakukan pemantauan terhadap berbagai platform Media Sosial dan situs web yang berpotensi untuk menyebarkan informasi hoax, ujaran kebencian, dan konten SARA yang dapat mengganggu  kondusifitas di masyarakat yang akhirnya bisa mengganggu jalannya Rekapitulasi Suara,” ungkap Kombes Pol Raden Petit Wijaya.

BACA JUGA  AKBP Sigit Pimpin Langsung Pengamanan Misa 2022
Siber
AKBP Aswandi selaku Kasubsatgas Siber Polda Kalbar saat memberikan arahan terkait Patroli yang dilaksanankan, Sabtu 17 Februari 2024.

Sementara itu, AKBP Aswandi menjelaskan bahwa Patroli ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama proses Pemilu 2024.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan Media Sosial dan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya,” ujar AKBP Aswandi.

Tim Subsatgas Siber juga akan melakukan tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoax, ujaran kebencian, dan konten SARA.

BACA JUGA  Pencuri 1 unit Mobil Pick Up di Bandar Lampung Berhasil Ditangkap
Siber
AKBP Aswandi selaku Kasubsatgas Siber Polda Kalbar saat memberikan arahan terkait Patroli yang dilaksanankan, Sabtu 17 Februari 2024.

“Kami tidak akan segan-segan untuk menindak tegas para pelaku yang mencoba mengganggu jalannya Pemilu 2024,” tegasnya.

Berikut beberapa tips untuk masyarakat dalam menggunakan Media Sosial selama masa Rekapitulasi suara pasca Pemilu2024, diantaranya yakni; Saring sebelum sharing, Jangan mudah percaya dengan berita hoax dan bila ditemukan konten negatif segera laporkan.

“Pastikan informasi yang diterima valid dan berasal dari sumber terpercaya. Cek kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Dan Jika menemukan konten hoax, ujaran kebencian, dan konten SARA, segera laporkan ke pihak berwenang,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Satgas Siber Polda Kalbar juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak-pihak terkait sama-sama menjaga dan mewujudkan situasi yang aman dan kondusif pasca Pemilu 14 Februari 2024.

“Selama masa Rekapitulasi ini diharapkan masyarakat dapat menunggu hingga selesai tahap rekapitulasi dan selanjutnya akan diumumkan oleh pihak KPU selaku penyelenggara Pemilu. Dengan bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas di dunia maya, kita dapat membantu mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan bermartabat,” ujarnya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Ruslan Buton Prihatin Dengan Kondisi Bangsa

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.