Pelayanan Jamaah Haji, Kemenag 50 Kota Hadirkan Eazy Pasport

0
56
jamaah
SUMBAR | Redaksi Satu – Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota terus berupaya meningkatkan pelayanan pada jamaah calon haji. Salah satunya dengan menghadirkan program Eazy Pasport bersama Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Selasa (30/11), di aula kantor tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota yang diwakili Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Zakaria, membuka kegiatan yang dihadiri oleh 22 orang Jamaah Calon Haji Kabupaten Lima Puluh Kota. Dalam sambutannya, Zakaria menyebut, pelayanan Eazy Pasport ini diperuntukkan bagi Jamaah Calon Haji yang baru atau yang akan memperpanjang masa berlaku pasport mereka.

BACA JUGA  Ikuti Bimtek, 768 Tenaga Pendukung Diminta Fokus Melayani Jemaah Haji

“Baik yang baru atau memperpanjang pasportnya tetap kita layani di sini.Pelayanan ini merupakan upaya memberikan kemudahan bagi Jamaah Calon Haji dalam pengurusan pasport. Kita bersyukur pihak Imigrasi mempunyai program seperti ini. Kita sangat terbantu dengan program ini,” ungkap Zakaria.

Zakaria menambahkan, pandemi yang melanda Indonesia, khususnya Sumatra Barat, sangat membuat ruang gerak masyarakat terbatas, termasuk dalam pengurusan pasport jamaah. “Bersama kesulitan yang kita hadapi akibat pandemi Covid-19, ada ruang kemudahan yang Allah berikan untuk mempermudah jamaah dalam pengurusan kelengkapan dokumen ibadah haji. Inilah salah satu bukti bahwa Allah akan mempermudah segala niat baik kita,” ujar Zakaria.

Menutup, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah ini berharap tahun 2022 jamaah bisa berangkat melaksanakan ibadah haji, dan segala kelengkapan dokumen perjalanan ibadah haji jamaah, bisa kita selesaikan,” tutup Zakaria.

Bagus Dwi Putra, SE, Kepala Sub Bagian Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, dalam sambutannya menyebutkan, munculnya program Eazy Pasport pada Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Agam dikarenakan masa pandemi yang melanda semenjak tahun 2020.

BACA JUGA  Pelunasan Biaya Haji Reguler Diperpanjang, Siapa Jemaah yang Berhak Melunasi?

“Kami dari kantor Imigrasi menyadari, masa pandemi cukup membuat masyarakat kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan. Berbagai alternatif coba dirancang oleh Kantor Imigrasi guna melayani pengurusan dokumen perjalanan masyarakat. Salah satunya dalah pelayanan Eazy Pasport,” jelas Bagus.
“Eazy Pasport sebagai bentuk pelayanan kemudahan. Bukan hanya untuk dokumen perjalanan haji dan umrah, tapi untuk semua dokumen perjalanan. Layanan ini juga tersedia kepada siapa saja, Instansi/Lembaga, sekolah, ormas, universitas, maupun komunitas. Kami akan mendatangi lokasi sesuai surat permintaan. Semoga layanan ini bermanfaat dan memudahkan masyarakat,” tutup Bagus. Nina|Zulhafendi

BACA JUGA  PPIH Siapkan 108 Hotel Untuk Jemaah Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.