Iklan
Iklan
BerandaPENDIDIKANKSM 2023 Kabupaten Solok Ditabuh, 289 Siswa Ambil Bagian

KSM 2023 Kabupaten Solok Ditabuh, 289 Siswa Ambil Bagian

RedaksiSatu– Sebanyak 289 siswa madrasah se Kabupaten Solok mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 yang digelar mulai Sabtu (8/7) hingga Senin (10/7).

KSM Tingkat Kabupaten Solok dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah H. Hendri Pani Dias yang didampingi Kakan Kemenag H. Zulkifli, Kasi Penmad Lizi Virma Surianti dan kepala madarsah se Kabupaten Solok.

PLT Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Lizi Virma Surianti menyampaikan bahwa siswa peserta KSM terdiri dari 33 orang tingkat Ibtidaiyah, 147 orang tingkat Tsanawiyah dan 109 tingkat Aliyah yang digekar ditempat berbeda.

“Untuk tingkat Aliyah di MTsN 2 Solok pada hari Sabtu (8/7). Adapun cabang lomba ting Tsnawiyah cabang lomba IPS Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan Matematika, Tingkat Aliyah cabangnya Matematika Terintegrasi, Biologi terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Firika Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi,” terang Lizi.

Lizi menyampaikan bahwa semua peserta akan mengikuti kompetisi dengan sistim online di jaringan yang disediakan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama R.I. Untuk hasil tingkat Kabupaten akan diumumkan secara online pada 12 Juli 2023 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli menyampaikan bahwa KSM merupakan satu wadah yang dibangun oleh Kementerian Agama untuk memantau, memetakan dan menggali potensi siswa madfrasah menjadi prestasi dalam berbagai bidang ilmu.

“Lewat KSM siswa madrasah dapat menunjukan kemsmpuan akademik pada bidang ilmu yang diikuti sebagai salah satu gambaran bakat dan potensi siswa tersebut,” sebut H. Zulkifli.

Dalam kesempatan tersebut H. Zulkifli menyuntikan motivasi sekaligus harapan, agar siswa madrasah dari kabupaten Solok nantinya ada yang melaju ke tingkat nasional sehingga mengharumkan nama ranah Solok Nan Indah.

BACA JUGA  Dukung dan Lindungi Disabilitas

Kabid Penmad H. Hendri Pani Dias yang membuka KSM tingkat Kabupaten Solok mengucapkan terima kasih pada guru pembimbing dan pelatih atas dukungan pada siswa peserta KSM 2023.

“Kita semua akan bangga jika nantinya ada duta Kabupaten Solok yang tampil di pentas KSM Nasional apalagi mencatatkan namanya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia,” sebut H. Hendri Pani Dias memberi motivasi.

Disampaikan alumni PGAN Koto Baru ini, prestasi di KSM ini bukan hanya kebanggan siswa sebagai peserta tetapi juga guru sebagai pendidik dan madrasah sebagai lembaga yang menaungi.

“Kementerian Agama tidak membedakan madfrasah negeri atau swasta, selagi itu prestasi semua diberi ruang dan kesempatan yang sama. Untuk itu mari terus gali dan raih prestasi di madrasah sebagaimana sloga madrasah hebat bermartabat menuju madrasah mandiri berprestasi,” pungkas H. Hendri. Fendi

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.