Iklan
Iklan
Beranda Uncategorized Urutan Mandi Agar Bersih Maksimal

Urutan Mandi Agar Bersih Maksimal

0
133
urutan mandi
Urutan mandi yang benar perlu kamu terapkan, agar kulit bersih maksimal dan bebas dari masalah kesehatan. Di artikael ini akan bahas urutan mandi yang benar.

Mandi merupakan rutinitas membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman, untuk membantu menjaga imunitas kulit.

Kebiasaan orang Indonesia mandi1–2 kali sehari, pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam setelah seharian beraktivitas.

Setiap orang melakukan urutan mandi yang berbeda-beda. Ada yang sabunan badan dulu baru keramas, tetapi ada pula yang keramas dulu lalu sabunan.

Tidak ada yang salah dengan setiap urutan tersebut, tetapi dengan melakukan urutan mandi yang benar, risiko terjadinya masalah kulit ternyata bisa berkurang.

Mandi dengan urutan yang kurang tepat bisa menyebabkan kulit menjadi bruntusan dan berjerawat, khususnya di area dahi dan punggung.

Umumnya hal ini bisa terjadi jika kamu menerapkan urutan mandi sabunan badan dulu baru terakhir keramas.

Jika urutannya seperti ini, residu produk perawatan rambut, seperti sampo atau kondisioner, bisa mengisi dan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya bisa memicu peradangan dan muncullah jerawat.

supaya hal tersebut tidak terjadi, terapkan urutan mandi yang benar:

Sesuaikan suhu air

Sesuaikan suhu air terlebih dahulu, sebelum mandi. Kalau kamu terbiasa dan nyaman mandi dengan air dingin, nggak masalah, kok. Namun, kalau kamu ingin mandi dengan air hangat, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit terbakar.

Gunakanlah air dengan suhu suam-suam kuku, cara yang paling aman. Jika durasi mandi yang terlalu lama karena bisa memicu kulit terlalu kering.

Keramaslah terlebih dahulu

Hindari pakai sabun badan dulu baru sampoan, urutan ini mungkin menjadi penyebab munculnya beruntusan dan jerawat di dahi serta punggung.

BACA JUGA  Ajang Mobile Legends Profesional League Indonesia Season 10 Menuju Babak Playoff

Mulai sekarang keramaslah terlebih dahulu, dan gunakan sampo sesuai dengan jenis kulit kepala. Bila punya masalah ketombe, pilihlah sampo yang memang ditujukan untuk masalah ketombe, misalnya yang mengandung ketoconazole.

Saat keramas, gosok kulit kepalamu secara perlahan. Pastikan kamu menggosoknya hingga ujung garis batas rambut agar bersihnya bisa lebih maksimal.

Lanjutkan dengan kondisioner

Gunakanlah kondisioner, setelah rambut dan kepala dibilas. Fungsinya agar rambut lebih halus, tampak berkilau, dan bebas kusut.

Menggunakannya cukup di batang rambut saja, tidak perlu sampai ke akar rambut. Kemudian, bilas kondisioner sampai tidak meninggalkan residu.

Sabuni seluruh badan

Setelah keramas, kamu bisa melanjutkan urutan mandi dengan membersihkan tubuh dengan sabun mulai dari leher, punggung, tangan, selangkangan, hingga kaki.

Jangan lupa menyeka area belakang kuping serta sela-sela jari tangan dan kaki menggunakan sabun.

Pilihlah sabun badan yang sesuai jenis kulit. Gosok tubuh hanya dengan tangan atau dengan menggunakan waslap.

Jika memilih menggunakan waslap, pastikan alat yang digunakan bersih.

Sikat gigi

Sikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Proses sikat gigi ini bisa dilakukan setelah selesai sabunan, jika mandi di waktu pagi hari atau malam

Sikat seluruh permukaan gigi hingga ke bagian ujung selama dua menit. Setelahnya, gunakan mouthwash untuk membersihkan secara maksimal.

Cuci wajah

Mencuci wajah cukup dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, setiap pagi dan malam sebelum tidur atau setelah berkeringat.

Bila ingin mencuci wajah saat mandi, lakukan di urutan terakhir. Mencuci wajah di urutan terakhir akan sekaligus mengangkat sisa residu sampo atau pasta gigi yang mungkin masih tertinggal di kulit wajah.

BACA JUGA  Bandar Sabu Oknum PNS dan 2 Temannya Diringkus Polisi

Dengan begitu, risiko munculnya bruntusan dan jerawat bisa diminimalisir. Gunakan sabun cuci muka berbahan lembut yang tidak mengandung alkohol dan pewangi, serta sesuai dengan jenis kulit.

Sebelum mencuci muka lakukan double cleansing dengan micellar water, cleansing balm, atau oil cleanser.

Sehabis mandi, keringkan tubuh dengan handuk bersih. Untuk mengeringkan wajah, jangan gunakan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh.

Pakailah tisu agar bakteri yang ada di handuk tidak berpindah ke wajah. Setelahnya, gunakan losion atau pelembap untuk mengunci kelembapan kulit.

Terapkanlah urutan mandi yang benar, Kalau kamu masih punya pertanyaan terkait urutan mandi, terlebih bila kamu punya masalah kulit tertentu, kamu bisa kok berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.