Beranda HUKUM Sidang Kasus Sengketa Tanah Pasar ke 15 Memasuki Babak Baru

Sidang Kasus Sengketa Tanah Pasar ke 15 Memasuki Babak Baru

Lampung Selatan | redaksisatu.id – Sidang kasus sengketa tanah pasar yang ke 15 kalinya, di Desa Bumirestu Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, memasuki babak baru. Sabtu, (15/01/2022)

Sidang kasus sengketa tanah pasar yang ke lima belas kalinya ini, pihak Pengadilan Negri Kalianda, melakukan sidang cek lokasi, Jum’at, (14/01/2022).

BACA JUGA  Sertijab Dua Pejabat Utama Polda Kalbar

Dalam kegiatan itu jajaran Koramil 421-08/Palas dan jajaran Polisi Sektor Palas , mengamankan jalannya sidang cek lokasi.

Sertu Hartoyo, anggota Koramil 421-08/Palas, menjelaskan dalam sidang cek lokasi, terkait sengketa lahan pasar Bumirestu, mereka cuma sebagai pengamanan.

Sidang kasus sengketa
Pihak Polsek dan Koram.l Palas ikut memberikan pengamanan jalannya sidang lokasi

Sertu Hartoyo berharap pada kedua belah pihak yang bersengketa,khususnya masyarakat Desa Bumirestu, agar sama – sama menjaga ketertiban jalannya sidang.

Sementara itu Riza Darma SH, salah satu Hakim dari Pengadilan Negri (PN), Kalianda, yang memimpin jalannya sidang  menjelaskan, kalau sidang yang ke-15 kalinya ini.

BACA JUGA  Polisi Panggil Bahar Smith

Merupakan sidang  cek lokasi, yakni, melakukan pemeriksaan batas-batas yang di tunjukkan oleh penggugat sesuai sketsa gambar lokasi” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa sidang akan kembali digelar Pada hari Kamis, (20/01/2022), bertempat dipengandilan negeri Kalianda.

Sidang kasus sengketa
Tergugat dan penggugat hadir dilokasi sengketa pasar Bumirestu

Agendanya menghadirkan penggugat dan tergugat dengan menunjukkan bukti-bukti tambahan batas-batas sesuai sketsa gambar dilokasi.

Karena kami melihat setelah pemeriksaan batas-batas dilokasi, ada perbedaan di sketsa gambar antara penggugat dan tergugat.

BACA JUGA  JPU Tuntut Terdakwa Jono 10 Tahun dan Denda

Ditempat yang sama Kepala Desa Bumirestu Sukiman, berharap proses sidang ini segera cepat selesai.

Dia juga meminta pada semua elemen masyarakat supaya tenang, dan bersama-sama menjaga keamanan serta kenyaman demi jalannya sidang.

BACA JUGA  Kasus Bahar Smith, Polri: Profesional, Transparan dan Objektif

” Persoalan sengketa tanah pasar Desa Bumirestu ini, sudah serahkan ke kuasa hukum untuk mengurusnya, masyarakat jangan bertidak diluar jalur hukum,” ujarnya.

Setelah selesai pemeriksaan terlihat Kepala Desa Sukirman berjabatan tangan dan berpelukan akrab dengan M. Yusup Bin Temenggung Cahya Marga sebagai penggugat.

Sidang kasus sengketa
Penasehat Hukum, Kades Bumirestu, M. Yusuf. T dan warga setempat

Hadir pula dalam sidang cek lokasi tersebut, Badan Bantuan Hukum Advokasi Rakyat (BBHAR) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan.

Lembaga Bantuan Hukum tersebut sebagai kuasa hukum tergugat, atau selaku Kuasa Hukum Penggugat.(RS/Sai)

Sumber : Sri Widodo calon Biro redaksisatu.id Kabupaten Lampung Selatan.

Artikel sebelumyaPemprov Bentuk Tim 13 Untuk Kelola Pantai Panjang
Artikel berikutnyaSukses Peringati HUT Pasbar ke 18, Bupati Hamsuardi ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.