Beranda NASIONAL Ruang Baintelkam Mabes Polri Nyaris Terbakar, 15 Damkar Dikerahkan

Ruang Baintelkam Mabes Polri Nyaris Terbakar, 15 Damkar Dikerahkan

Baintelkam
Tampak petugas Pemadam Kebakaran dan personil kepolisian memastikan situasi dan kondisi dari sumber asap di ruang Baintelkam Mabes Polri, Kamis malam 24 November 2022.
REDAKSISATU.ID – Ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, di Jalan Trunojoyo, No.3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, nyaris mengalami musibah kebakaran, pada Kamis malam, 24 November 2022.

Peristiwa yang terjadi di Lantai I salah satu ruang Baintelkam Polri tersebut, terjadi dalam dua kurun waktu yang berbeda, yaitu pada Pukul 19.55 WIB dan Pukul 22.15 WIB.

Peristiwa inipun dibenarkan oleh Satriadi, Kepala Dinas (Kadis) DKI Jakarta saat dikonfirmasi Wartawan, Pukul 23.35 WIB.

BACA JUGA  Polsek Kakap Ungkap Judi Sabung Ayam dan Kolok-kolok, 7 Pelaku Diamankan

Baintelkam
Situasi pada saat proses penyedotan asap dengan menggunakan satu unit alat robotik pengisap asap di ruang Baintelkam Mabes Polri, Kamis malam 24 November 2022.

Menurut Satriadi, pada saat kebakaran pertama api bisa dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran api ringan (Apar) dalam kurun waktu yang cukup singkat kurang lebih 3 menit.

“Kebakaran pertama hanya Kabel UPS, makanya bisa dipadamkan dengan APAR saja,” ungkapnya.

Namun, lanjut Kadis Damkar DKI Jakarta, pada Pukul 22.15 WIB kembali muncul asap tebal di sekitar ruangan Baintelkam tersebut.

BACA JUGA  BNNP: Kronologi Pengungkapan 31 Kg Narkotika Lintas Batas RI-Malaysia

“Tidak ada titik api, cuma asap saja,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran, pihak Pemadam Kebakaran menyiagakan sebanyak 15 Mobil Damkar, dan mengerahkan 65 orang personil Damkar.

“Satu unit alat robotik juga dikerahkan untuk proses penyedotan asap,” terangnya.

BACA JUGA  BIN Salurkan Bantuan Logistik ke 11 Lokasi Kepada Korban Gempa di Pasaman Barat

Sementara itu, Kayanma Polri, Kombes Pol Yudi Sulistyo menjelaskan, bahwa peristiwa tersebut terjadi pada saat dua orang teknisi sedang mengerjakan baterai UPS dan tiba-tiba terjadi percikan dan ledakan rendah.

“Pada saat proses pemindahan, terjadi percikan api dan ledakan rendah. Tetapi langsung berhasil dipadamkan oleh petugas piket dari Baintelkam,” jelas Kombes Pol Yudi Sulistyo, saat dikonfirmasi Pukul 0.02 WIB.

Tidak ada korban jiwa pada saat peristiwa tersebut, namun lanjut Yudi menyampaikan, pendengaran kedua teknisi sedikit tergantung.

BACA JUGA  DPD RI Terdepan dan Konsisten Membela Kepentingan Daerah dan Desa

“Sebuah server dengan komponen beberapa baterai, tadi sekitar 20 baterai yang terbakar. Kondisi teknisi baik, hanya pendengaran sedikit tergantung dan mereka sudah kembali kekediamannya,” terang Kayanma Polri.

Ia menyebut, sudah kurang lebih satu Minggu ini ruang Baintelkam Mabes Polri tersebut dalam proses pengosongan barang-barang.

“Dipindahkan ke Gedung Patmawati, karena tahun 2023 akan dibongkar dan dibangun kembali di lokasi yang sama,” ujarnya.

Saat ini, ungkap Kombes Pol Yudi Sulistyo, pihaknya bekerjasama dengan pihak Damkar sedang melakukan proses penarikan baterai dengan berat kurang lebih 300 sampai 500 Kilogram dengan menggunakan great.

“Asap sudah tidak ada, kita saat ini dalam proses penarikan baterai dengan menggunakan great,” pungkasnya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  KKB Papua Siapa dan Apa Tujuannya Menebar Teror

Artikulli paraprakMungka Tuan Rumah, MTQN ke 39 Kabupaten Limapuluh Kota Dibuka Gubernur Sumbar
Artikulli tjetër9 Cabang Lomba Tampil pada MTN 39 Limapuluh Kota Hari ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.