Iklan
Iklan
BerandaNASIONALPresiden MADN Minta Pemuda dan Organisasi Dayak Tingkatkan SDM

Presiden MADN Minta Pemuda dan Organisasi Dayak Tingkatkan SDM

REDAKSISATU.ID – Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Dr. Drs. Marthin Billa meminta Pemuda dan Organisasi Dayak untuk meningkatkan kualitas kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) ditengah kemajuan teknologi global saat ini.

Pernyataan ini disampaikan langsung Presiden MADN Dr. Drs. Marthin Billa saat dikonfirmasi oleh Kepala Koordinator Wilayah Perwakilan Kalimantan Barat media online www.redaksisatu.id usai pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Provinsi Kalimantan Barat di halaman Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Kota Pontianak, Sabtu 20 Mei 2023.

Menurut Marthin Billa, peningkatan kualitas SDM tersebut perlu ditingkatkan untuk menghadapi segala tantangan teknologi global untuk memajukan serta melestarikan adat istiadat dan kebudayaan dalam bingkai kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, hingga kemancan negara.

BACA JUGA  Pengurus ICDN Kalbar Dilantik, Adrianus: Kami Konsen Masalah Pendidikan Dayak

Presiden
Presiden MADN Dr. Drs. Marthin Billa saat menghadiri pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Provinsi Kalimantan Barat Ke-37 di halaman Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Kota Pontianak, Sabtu 20 Mei 2023.

“Generasi muda saya harapkan harus terus tingkatkan sumber daya manusianya, harus belajar untuk meningkatkan kualitas kompetensi, karena sekarang ini eranya teknologi, harus terus mengejar ketertinggalan yang ada, jangan sampai menunggu atau jangan sampai malas untuk belajar,” ungkap Presiden MADN.

Peningkatan kualitas SDM tersebut, lanjut Marthin Billa menyampaikan untuk mengejar ketertinggalan dalam menghadapi tantangan diera kemajuan teknologi global saat ini. Dengan harapan dapat membantu memberikan sumbangsih kepada Pemerintah dan memajukan adat istiadat dan kebudayaan itu sendiri.

“Dalam rangka memberikan sumbangsih pembangunan daerah kita dan bangsa yang akan datang,” ujarnya.

BACA JUGA  HUT Bhayangkara Ke-76, Polri Laksanakan Doa Bersama Lintas Agama

Terkait Organisasi Dayak yang ada saat ini, Presiden MADN Dr. Drs. Marthin Billa juga menekankan agar meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan tidak hanya mengandalkan nama organisasinya.

Organisasi Dayak juga begitu, jangan hanya mengandalkan nama organisasinya atau budayanya, tetapi kualitas SDMnya harus juga ditingkatkan, sekaligus kualitas budayanya, penampilannya, tekniknya semua itu harus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pekan Gawai Dayak tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum dan ditandai dengan pemukulan Kangkuang (Lesung) dan penyumpitan balon oleh Drs. Cornelis, M.H. Gawai Dayak ini berlangsung mulai dari tanggal 16 Mei hingga 23 Mei 2023. Tidak hanya etnis Dayak, kegiatan budaya ini juga diikuti etnis lainnya.

Event ini diisi dengan pameran dan kuliner serta berbagai perlombaan. Diantaranya lomba bujang dara gawai, lomba lagu Dayak, pencak silat, pangka’ gasing, melukis perisai, menumbuk dan menampik padi, menyumpit, busana dan tato. Selain itu juga dilaksanakan Kirab Budaya Nusantara.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Sultan Dukung Pernyataan Jokowi, Parpol Tidak Sembrono Usul Balon Capres

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.