Beranda Uncategorized Perkuat Internal Dari Omicron, Polres Jakarta Pusat Vaksinasi Booster 1520 Anggota

Perkuat Internal Dari Omicron, Polres Jakarta Pusat Vaksinasi Booster 1520 Anggota

omicron
REDAKSI SATU.ID| JAKARTA-Dalam rangka menangkal varian Omicron, Pihak Polres Metro Jakarta Pusat melaksanakan vaksinasi tahap ke-3 atau dikenal dengan Booster Covid-19 bagi seluruh personil di Aula Lantai 3 Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (19/01).

Pelaksanaan Vaksinasi Booster sebagai tindakan perkuat imunitas dari Omicron tersebut dilaksanakan oleh Si Dokkes Polres Metro Jakarta Pusat dan untuk jenis vaksin yang disiapkan yaitu vaksin jenis AstraZeneca, Pfizer, Moderna dan Sinovac.

Adapun syarat penerima dosis vaksin ini adalah dengan membawa KTP/KK atau aplikasi Peduli Lindungi, usia diatas 18 tahun dan telah mendapat vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Dengan kutipan dari laman Website Covid-19.go.id, tujuan dari pelaksanaan vaksinasi booster tersebut dari sisi kesehatan, setidaknya terdapat 3 alasan penting dalam menghadapi varian Omicron.

Pertama, adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Merujuk studi meta analisis dan analisis regresi oleh Fekin dkk tahun 2021, diketahui bahwa efektivitas 4 vaksin yang sudah mendapatkan EUL dari WHO mengalami penurunan aktivitas sebesar 8% dalam 6 bulan terakhir pada seluruh kelompok umur.

Dalam kurun waktu yang sama kepada orang dengan usia 50 tahun keatas, terjadi penurunan efektivitas vaksin sebesar 10% dan 32% untuk mencegah kemunculan gejala.

Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup dimasa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang.

Terakhir, dalam rangka memenuhi hak setiap orang Indonesia utk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Kasie Humas Polres Metro Jakarta Pusat AKP. Sam Suharto, S.H., M.H. menyampaikan bahwa ada 1.520 personil anggota yang akan divaksinasi booster.

“Untuk anggota Polres ada 1.520 personil, untuk hari ini di awali oleh seluruh pejabat utama polres dan para kapolsek jajaran, selanjutnya besok oleh seluruh anggota polres dan polsek secara bergilir,” ucap sam.

BACA JUGA  Dinkes Kota Tangsel Kejar Target Vaksin Booster Lansia 100 Ribuan

“Untuk pelaksanaan vaksinasi tahap ke 3 booster untuk seluruh anggota di Polres Metro Jakarta Pusat akan berlangsung dari hari rabu, tanggal 19 s/d 31 Januari 2022” tutupnya.

Artikel sebelumyaPolres BS Gelar Vaksin Dosis 3
Artikel berikutnyaGadis di Lampung Diperkosa, Baru Kenalan 2 Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.