Iklan
Iklan
BerandaBENGKULUMUKOMUKOPemdes Cinta Asih Bangun Jalan Rabat Beton Dari Dana Desa 2023

Pemdes Cinta Asih Bangun Jalan Rabat Beton Dari Dana Desa 2023

Pemerintah Desa Cinta Asih Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, sudah menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 663m, yang didanai Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

“Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 318meter  sudah selesai dilaksanakan”, kata Kepala Desa Edi Gunawan, di hadapan masyarakat dan Pemerintah Kecamatan, ketika pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi kegiatan Dana Desa Tahap 2 TA 2023, di Balai Desa Cinta Asih, Jumat 08/12/23.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Cita Asih Edi Gunawan juga menyampaikan pembangunan tahap 3 Dana Desa (DD) sudah selesai dikerjakan.

Cinta Asih
Pembukaan Monev di Balai Desa

“Dana Desa tahap 3, membangun dua ruas jalan rabat beton sepanjang 200m dan 145m, dan saung di lokasi makam, dalam kesempatan ini akan PHO-kan (Provisional Hand Over/Serah Terima)”, ucap Edi Gunawan.

Ditambahkan Edi Gunawan, saat ini Desa Cinta menghadapi krisis air bersih, ia sudah menyampaikan permohonan kepada Pemerintah Kecamatan dan Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, agar tahun 2024 ada Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di desanya.

“Kami berharap bantuan dari Pemerintah Kecamatan Air Rami dan Dinas PUPR,  supaya program Pamsimas tahun 2024, masuk ke Desa Cinta Asih, agar masyarakat tidak kesulitan air bersih”, harap kades Edi Gunawan.

cinta asih
Camat Air Rami Samadi

Kemudian Camat Air Rami Samadi, dalam sambutannya mengatakan, monev atau monitoring dan evaluasi dilaksanakan untuk memastikan pertanggungjawaban pembangunan yang didanai dari dana negara.

“Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Desa Cinta Asih, yang bersumber dari dana DD dan ADD dari dari pemerintah semua harus dipertanggungjawabkan”, kata camat Samadi.

“Pemerintah Kecamatan harus mendampingi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh desa, camat harus melakukan monitoring dan evaluasi, agar sesuai dengan perencanaan”, ungkap camat.

BACA JUGA  Koramil 02/TB dan Polsek Tambora Gelar Vaksinasi Anak
Cinta Asih
Monitoring Pekerjaan Fisik

“Jadi kita sama-sama harus bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan di desa” terangnya.

Masalah krisis air bersih  yang dihadapi, Camat Samadi menyampaikan bahwa sudah penentuan titik nol oleh Sekretaris Kecamatan Air Rami.

“Mudah-mudahan harapan dari warga Cinta Asih dapat terwujud”, ucap Camat Samadi.

Ketua BPD Cinta Asih Aman M, Hanif menyampai, setelah kegiatan monev, dan serah terima (PHO), jalan yang sudah dibangun oleh pemerintah desa sudah dapat digunakan.

cinta asih

“Monev dan PHO diterima, jalan tersebut sudah bisa dibuka dan di manfaatkan, semoga memperlancar kegiatan masyarakat”, ucap Ketua BPD Aman M Hanif.

Selanjutnya Kasi Ekobang M. Siddik menyampaikan Pembangunan Desa Cinta Asih tahun 2023 mendapat reward dana tambahan dari Pemerintah Pusat Rp139,6juta

juta. Dan dari hasil moitoring  meminta Pemerintah Desa Cinta Asih melakukan pembersihan di sekitar pembangunan jalan rabat beton.

“Selamat, Desa Cinta mendapat reward dari pemerintah pusat dana desa Rp139,6 juta, dan ada sisa pekerjaan mengganggu kenyamanan, seperti patok-patok yang masih ada dibersihkan, koral di sekitar jalan rabat beton dirapikan, termasuk catatan-catatan di dalam administrasi untuk ditindaklanjuti”, ucap M. Siddik.

cinta asih
Saung di Pemakaman

“Nilai plus kegiatan pembangunan itu bukan saja dari segi hasil fisik saja, tetapi dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban, sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada”, pungkas M. Siddik.

Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Mukomuko Ony Wahyudi yang hadir di kegiatan Monev, ketika dikonfirmasi mengatakan pengelolaan DD dan ADD di Desa Cinta Asih, sudah transparan dan akuntabel.

Ony Wahyudi

“Kami bersama tim dari Kecamatan Air Rami, sudah melakukan monitoring kegiatan tahap dua Dana Desa  TA2023, sudah cukup baik, akuntabel bisa dipertanggungjawabkan”, kata Ony Wahyudi di Balai Desa Cinta Asih, Jumat 08/12/23.

BACA JUGA  Risma Hadir di Tengah Warga Korban Gempa

“Ada beberapa hal yang menjadi catatan dan harus diperbaiki oleh pemerintah desa, kegiatan ini sebagai bahan bagi pemdes untuk melakukan pembangunan tahap berikutnya”, pungkas Ony Wahyudi.

Trending

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.