Mencapai Kedaulatan Pangan Mutlak Hak Rakyat

0
59
Mencapai Kedaulatan
Pasaman Barat | Redaksi satu – Mencapai Kedaulatan Pangan adalah hak setiap bangsa dan setiap rakyat untuk memproduksi pangan secara mandiri, mengkonsumsi dan memasarkan hasil pertaniannya tanpa adanya intervensi pihak luar.

Demikian disampaikan oleh Januardi,Ketua Cabang DPC SPI Pasaman Barat, saat memberikan sambutannya pada acara Musyawarah Cabang (Muscab) IV, Senin, 20 Desember 2021 di Balerong Pusako Anak Nagari Pasaman Barat.

Menurutnya, mencapai Kedaulatan pangan merupakan salah satu perjuangan prioritas pada organisasi Serikat Petani Indonesia (SPI) sebagai organisasi yang berorientasi pada kemandirian petani.

Mencapai Kedaulatan

 

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati dalam hal ini diwakili oleh Kesbangpol Pasaman Barat, Rafika ikhtiarari saat membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) IV tersebut.Dikatakannya, sudah seharusnya SPI juga hendaknya memiliki program-program mencapai kedaulatan pangan dalam pembangunan di bidang pertanian yang dipersiapkan untuk menuju kesejahteraan petani.

“tinggal bagaimana SPI menyiapkan program sentuhan mencapai kedaulatan pangan ke petani agar tepat sasaran, kehidupan petani sejahtera,” ujar Rafika.

Pemda Pasaman Barat juga mendukung adanya program ketahanan pangan, yang berguna untuk bukan saja petani, tetapi bagi masyarakat.

“Semoga SPI bisa bahu membahu dengan Instansi terkait di Pasbar untuk bersama-sama mencapai kedaulatan pangan di Pasaman Barat khususnya dan Sumatera Barat umumnya,” jelasnya.Mencapai Kedaulatan

Sementara DPP Gema Petani, Yogi E Sikumbang
pada sambutannya menyampaikan, ketahanan pangan pada dasarnya hanyalah kemampuan ketersediaan bahan pangan di pasar, tanpa mempertimbangkan siapa yang memproduksi dan dari mana berasal.

Hal ini menjadi salah satu pembahasan dalam diskusi yang mengawali Musyawarah Cabang (Muscab) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

Saat Dewan Pengurus Cabang Serikat Petani Indonesia (SPI) Pasaman Barat, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) IV. terlihat juga dihadiri, DPW SPI Sumbar,Rustam Efendi, DPP Gema Petani, Yoggy E. Sikumbang, Kesbangpol, Rafika ikhtiarari, GMNI Sumbar, Pandu Putra utama dan DPW Gema Petani Jambi, Riski M. Sibagariang serta undangan lainnya.Mencapai Kedaulatan

Pada acara Muscab tersebut juga disampaikan pertanggung-jawaban Ketua Cabang SPI Kabupaten Pasaman Barat, dan sekaligus memilih dan menyusun kepengurusan SPI Pasaman Barat Masa Bhakti 2021-2026.

Adapun Muscab IV ini mengusung tema mewujudkan reforma agraria dan kedaulatan pangan di Bumi Tuah Basamo.

Dalam pemilihan pengurus pada agenda Muscab IV tersebut, Januardi kembali terpilih sebagai Ketua, sedangkan sebagai Sekretaris terpilih Rio R.K. Sikumbang dari Basis SPI Lubuk Karak dan Bendahara, Susi Susanti dari Basis SPI Aia Gadang.

“Mari kita lanjutkan kembali perjuangan yang telah kita bangun, karena perjuangan ini masih panjang dan masih butuh semangat juang yang tinggi, dalam mewujudkan reforma kedaulatan pangan,” Ujar Ketua Cabang DPC SPI Pasaman Barat terpilih, Januardi.

BACA JUGA  Sat Resnarkoba Ringkus Dua Pengedar Narkotika

Sementara Sekretaris terpilih, Rio R.K. Sikumbang mengucapkan banyak terima kasih serta siap untuk berjuang bersama.

“Setelah ditempa dan dididik di basis SPI Lubuk Karak selama setahun ini, Insya Allah saya siap berjuang bersama ketua cabang dan rekan-rekan lainnya dan ucapan terima kasih saya sampaikan atas kepercayaan rekan-rekan basis kepada saya,” ujar Rio.

(Zoelnasti)

BACA JUGA  Aktivitas Posko & Dapur Umum Kampung Cubadak Pagi ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.