Iklan
BerandaDAERAHLSM Format Dorong PT AMNT, Perluas Peningkatan Kapasitas Pemuda KSB

LSM Format Dorong PT AMNT, Perluas Peningkatan Kapasitas Pemuda KSB

Sumbawa Barat NTB | redaksisatu.id – LSM Forum Masyarakat Untuk Transparansi (FORMAT) menyoroti terkait melonjaknya angkatan kerja di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Bukan hanya itu, LSM Format juga mengantisipasi meningkatnya angkat pengangguran, maka dibutuhkan kepedulian seluruh pihak termasuk, perusahaan tambang yang ada di Batu Hijau Project.

LSM Format yang di ketua oleh Joni Saputra, SH dalam persoalaan ini mendorong perusahaan untuk segera melakukan meningkatkan skill kepemudaan dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

“Kami butuh upaya serius baik pemerintah maupun perusahaan sekelas PT AMNT sebagai bentuk Responsibility terhadap masyarakat lingkar tambang. Mengingat, saat ini meningkatnya angkatan kerja di wilayah KSB,” kata Ketua Format, Joni kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Menurut Joni, sumbangsih exploitasi sumber daya alam harus di replace dengan peningkatan skill sehingga anak-anak muda KSB tidak terfokus pada sektor pertambangan saja, sebab Turn Over Pekerja (keluar masuk pekerja baru) sangat kecil persentasenya hanya 2 persen setiap tahun.

“Jika demikian, artinya peluang kerja sangat minim untuk tenaga kerja lokal. Maka kami mendorong peningkatan skill segera dilakukan semua pihak,” sebutnya.

Oleh karena itu, Format KSB, sangat mendukung jika perluasan program peningkatan kapasitas kepemudaan melalui program sosial impact seperti pelatihan coding, pelatihan hospitality dan pelatihan alat berat dengan tujuan agar mutu angkatan kerja di KSB dapat bersaing, namun perlu di tingkatkan kouta untuk perluasannya.

“Bukan hanya mendorong perusahaan (AMNT,red) untuk membuka seluas-luasnya program peningkatan kapasitas namun kami juga mendorong penambahan program di bidang lain seperti, pelatihan UMKM, pelatihan mutu pendidikan, pelatihan untuk Guru, pelatihan laboratorium serta yang menarik adalah pelatihan Eco Tourism dimana pelatihan ini menjadi sangat primadona karena potensi alam Bumi Pariri Lema Bariri lebih tidak kalah eksotis dari daerah lain,” ujarmya.

Selama ini, lanjutnya, program AMNT dalam peningkatan skill pemuda lingkar tambang masih minim jangkauan perluasan wilayahnya, sebab dalam hal ini perusahaan minim personel dalam menjalankan program sosial kemasyarakatan.

Ia berharap, PT.AMNT dapat meniru apa yang PT Newmont pernah lakukan dalam memaksimalkan program dengan melibatkan partisipasi Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di wilayah KSB khususnya.

“Bila perlu, program peningkatan kapasitas ini bukan hanya sebagai seremonial saja, tapi kita minta diluncurkan PT AMNT pada setiap tahunnya. Hal ini, sebagai pilot projek unggulan perusahaan mengingat, apa yang telah PT Newmont lakukan sebelumnya, sangat bermanfaat untuk masyarakat KSB. Untuk itu, kita dorong PT AMNT seperti perusahaan sebelumnya,” demikian, Ketua Format.(NTB/SB)

BACA JUGA  Bus Putra Raflesia Tabrak Gedung Sekolah

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.