Beranda Uncategorized Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman, Panen Raya Ikan Mas Bersama Warga...

Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman, Panen Raya Ikan Mas Bersama Warga Binaan

Lapas Terbuka
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas II B Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat tidak saja melakukan pembinaan terhadap narapidana, tetapi juga mendukung program ketahanan pangan nasional, terbukti pada beberapa waktu lalu setelah sukses dengan panen raya jagungnya, kini Sabtu (15/01/2022) di lahan tersebut kembali petugas dan warga binaan tersebut melaksanakan panen raya ikan mas.
Bahkan pada kesempatan itu Kalapas, Azhar juga memimpin langsung untuk melakukan penanaman bibit pisang Cavendish di kebun milik Lapas Terbuka Kelas ll B Pasaman sebanyak 50 batang bibit pisang cavendish.

Seperti yang disampaikan oleh Kalapas Terbuka kelas llB Pasaman, Azhar pada media ini, panen raya ikan mas ini adalah hasil budidaya yang dilakukan Warga Binaan dengan petugas selama kurang lebih empat bulan yang juga bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Pasaman Barat melaluinya pembekalan cara budidaya ikan mas.

Lapas Terbuka

“Ini hasil budidaya mereka pada kolam ikan air tawar, dan ini merupakan salah satu program pembinaan yang ada di Lembaga pemasyarakatan ini,” terangnya.

Dikatakan Azhar, selama ini pemerintah daerah selalu mendukung dan memberi kesempatan sepenuhnya kepada Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman untuk bekerjasama dengan organisasi yang ada di Pasaman Barat dalam upaya mendukung program pembinaan terhadap warga binaan di Lapas.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk pembinaan kepada warga binaan sebelum mereka selesai menjalani hukuman,” terangnya.

Lapas Terbuka

Azhar juga meminta kepada semua warga binaan dapat memanfaatkan semua ilmu dan pelajaran yang sudah dibekali oleh Lapas, agar nantinya bisa dimanfaatkan setelah masa tahanan berakhir dan dapat di terapkan di kehidupan sehari-hari.

“Pembinaan ini diharapkan dapat menghapuskan predikat negatif terhadap warga binaan dan mengatasi minimnya keterampilan mereka yang masih menjadi masalah klasik bagi warga binaan, dengan diberikannya berbagai pelatihan ini, semoga mampu mengoptimalkan keterampilan bagi warga Binaan,” Pesannya.

BACA JUGA  Pesantren Ramadhan Wirid Yasin Masjid Nurul Iman Dibuka Bupati Hamsuardi

Kalapas juga berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan, apa lagi dengan adanya dukungan dari pemerintah setempat maupun pihak terkait.

WhatsApp Image 2022 01 15 at 14.07.35 1

“Alhamdulillah hasil panen kita hari ini sangat memuaskan, terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kami dalam budidaya ikan mas ini, terutama kepada Pemkab Pasaman Barat karena telah memberikan 10.000 bibit ikan,” ungkapnya.

Azhar mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill SDM warga binaan sehinggga ke depannya setelah warga binaan kembali ke tengah masyarakat, skill yang mereka peroleh dari Lapas Terbuka selama ini dapat dikembangkan dan mampu mendongkrak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitarnya.

(Zoelnasti)

Artikel sebelumyaLaunching Rumah Tahfizh Ainur Rahmah 9
Artikel berikutnyaKecamatan Kota Depok Programkan Dana Pembangunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.