Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong kualitas pelayanan publik ditingkatkan dengan digitalisasi.
Menurut LaNyalla, digitalisasi pelayanan publik akan memudahkan masyarakat mengakses segala kebutuhan yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan.
“Digitalisasi tak hanya memudahkan masyarakat, tetapi pemerintah itu sendiri. Dengan digitalisasi, kita dapat menghemat waktu dan kualitas pelayanan juga akan meningkat,” kata LaNyalla, di sela kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah, Sabtu 4/6/2022.
Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, digitalisasi berbagai sektor untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan daerah merupakan keniscayaan.
“Pelayanan digital memberikan berbagai kemudahan baik dari waktu, biaya serta kemudahan lainnya,” ujarnya.
Untuk itu, Ketua DPD RI menyambut positif, rencana Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah yang akan menggelar AMSI Jateng Digital Award dan Jateng Digital Converence (JDC).
Ia berharap melalui penganugerahan Digital Award ini dapat memacu inovasi di berbagai unit pelayanan serta meningkatkan kinerja pemda melalui digitalisasi.
“Pelayanan digitalisasi mampu menghilangkan pungutan liar (pungli) yang selama ini terjadi dan berdampak domino terhadap masyarakat,” ujarnya.
Namun, Senator dari Jawa Timur itu, mengingatkan agar masyarakat semakin adaptif terhadap sistem pelayanan digital.
“Jadi, baik pemerintah dan masyarakat sama-sama melek teknologi,” tutur LaNyalla.
Dikatakan LaNyalla, di era teknologi 4.0 ini seluruh komponen sudah harus beradaptasi dengan teknologi. Penggunaan teknologi dapat memacu percepatan pembangunan, sekaligus meningkatkan kualitas dari berbagai aspek kehidupan.
“Teknologi sudah terus berkembang. Hendaknya kita manfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan berbagai kualitas dalam setiap aspek kehidupan kita,” pesan LaNyalla.(*)
SIARAN PERS
Ketua DPD RI Sabtu, 4 Juni 2022