Iklan
Iklan
BerandaKESEHATANBKKBN Kolaborasi dengan Mitra Kerja Komisi IX DPR RI di Timika, Turunkan...

BKKBN Kolaborasi dengan Mitra Kerja Komisi IX DPR RI di Timika, Turunkan Stunting

BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana melaksanakan pertemuan Kemitraan dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, S.Si, Apt di MPCC (Multy Purpose and Community Center) Timika Jumat 14 April 2023.

Kegiatan BKKBN ini sebagai salah satu apresiasi pemerintah pusat dimana Kabupaten Mimika merupakan kabupaten terbaik se-Papua yang berhasil dalam menurunkan angka stunting.

Berdasarkan data BKKBN status gizi balita (0-59 bulan) terhitung sejak tahun 2008 hingga 25 September 2022 di Kabupaten Mimika tercatat bahwa persentase angka stunting pada tahun 2008 sebesar 26,49. Kemudian turun di tahun 2009 di angka 20,27.

BKKBN

Penurunan juga terjadi pada tahun 2020 di angka 19,80. Setahun kemudian Kabupaten Mimika berhasil menurunkan angka stunting hingga 14,50 dan sampai pada tanggal 25 September 2022 mencapai angka 6,92.

Capaian Mimika ini bahkan jauh di atas  target nasional untuk tahun 2024 yakni 14,00 persen.

Namun sosialisasi dan edukasi tentang stunting harus terus digalakkan terutama buat generasi muda yang akan menjadi orang tua kelak seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkides Laka Lena, S,Si Apt. Kemitraan antara DPR RI dan BKKBN pada kesempatan ini sangat membanggakan karena dihadiri peserta para pemuda dari berbagai latar belakang agama seperti PMKRI, GMNI, HMI, KKBM.

Sedangkan Dr. Ir. Dwi Listyawardani MSc, Dip.Kom selalu Penyuluh KB Ahli Utama BkkbN Pusat menyampaikan pentingnya menjaga 1000 HPK dengan pemberian ASI dan pola pengasuhan terbaik untuk mencegah stunting pada setiap keluarga.

Sedangkan  Bapak H. Saiful Taqin, SKM, MM. Kes selaku PLH Sekretaris DP3AP2KB kab. Mimika melihat bahwa stunting menjadi tanggung jawab bersama dimulai dari lingkungan keluarga agar setiap orang tua mempersiapkan kelahiran anaknya mulai konsumsi gizi bagi pasangan sebelum kehamilan.

BACA JUGA  Pengukuhan BAAS, Kapolres Sekadau Nyatakan Polisi Siap Bersinergi Tangani Stunting

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.