Bamus Nagari Koto Baru Lakukan Kunjungan dan Silaturahmi Ke Bamus Nagari Ujung Gading

0
98
Koto Baru
Diskusi sedang berlangsung
Pasbar | Redaksi Satu – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau Badan Musyawarah Nagari Koto Baru (Bamus) adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa/Nagari berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Bamus selain sebagai penyelenggara Musyawarah
Nagari (Musna) dalam menyepakati hal yang bersifat strategis yang dituangkan dalam Peraturan Nagari (Perna) juga secara khusus tupoksi Bamus diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (Permendagri 110/2016) yakni menetapkan peraturan Nagari bersama Wali Nagari, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari (Perna) bersama Wali Nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Nagari dan melakukan pengawasan kinerja Wali Nagari, itulah makanya Bamus merupakan unsur penting dalam Pemerintahan Nagari.

Terkait hal tersebut di atas dan dalam rangka untuk meningkatkan jalinan koordinasi keharmonisan sesama lembaga Bamus serta pemahaman tentang Badan Usaha Nagari (Bumnag) sekaligus mempererat silaturahmi, Bamus Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat melakukan kunjungan ke Bamus Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

WhatsApp Image 2021 10 27 at 23.35.02 1
Foto bersama.

Kunjungan Bamus Nagari Koto Baru tersebut disambut langsung oleh Ikhwan sebagai Ketua Bamus Nagari Ujung Gading dan segenap anggota Bamus lainnya di Kantor Wali Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (27/10/2021).

Pada diskusi silaturahmi yang berlangsung di Aula Nagari Ujung Gading tersebut Rozi Ahmad sebagai Ketua Bamus Nagari Koto Baru bersama seluruh anggota Bamus menyampaikan, tujuan Bamus pada kunjungan sekaligus silaturahmi ini juga ingin koordinasi dengan Bamus Nagari Ujung Gading tentang pemahaman pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari terutama kiat pengembangan unit usaha yang menjadi prioritas unggulannya.

BACA JUGA  MTsN 1 Lima Puluh Kota Tampil Memukau pada Festival Shalawat Nabi UNP

Selain itu Rozi juga berharap kunjungan Bamus Nagari Koto Baru ini ke depannya akan mampu menciptakan koordinasi dan hubungan harmonis, baik dengan pihak penyelenggara Pemerintahan Nagari juga antar sesama Bamus yang ada di Pasaman Barat ini, terutama hubungan silaturahmi antara Bamus Nagari Koto Baru dengan Bamus Nagari Ujung Gading dapat terjalin dengan baik.

Sementara itu Ketua Bamus Nagari Ujung Gading juga menyampaikan bahwa kiat menciptakan keharmonisan selain terus berupaya menjalin silaturahmi dengan semua elemen masyarakat, juga membangun komunikasi dengan pihak pemerintahan Nagari tentang jalannya roda pemerintahan di Nagari jangan sampai terputus.

Selanjutnya Ikhwan menyampaikan, melalui pertemuan ini hendaknya kedepan akan dapat lebih meningkatkan hubungan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik selama ini antara Bamus Nagari Ujung Gading dengan Bamus Nagari Koto Baru dan berharap kegiatan silaturahmi dapat terus dilaksanakan melalui pertemuan berkala bukan saja antara Bamus Koto Baru dan Bamus Ujung Gading, tapi lebih luas lagi melalui pertemuan Bamus se Pasbar, sehingga komunikasi terpadu antara Bamus dan Nagari terjalin kerja sama yang baik, solid dan harmonis.

“kita harap dengan kegiatan Silaturahmi ini hubungan antara Bamus Ujung Gading dengan Bamus Koto Baru terjalin dengan baik. Bahkan sebisa mungkin tidak hanya dengan sesama Bamus, tapi dengan pihak pemerintahan Nagari dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Pasbar. Karena dengan hubungan, komunikasi yang baik maka akan tercipta keharmonisan dalam meningkatkan kerja sama yang mantap dalam menjalankan roda pemerintahan sehingga masyarakat di Nagari dapat hidup secara berdampingan dengan keanekaragaman yang aman dan nyaman untuk meningkatkan kesejahteraannya,” harapnya.

Di akhir kunjungan Ketua Bamus Nagari Koto Baru menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua Bamus Nagari Ujung Gading dan seluruh anggota Bamus Nagari Ujung Gading yang sudah menerima rombongan Bamus Nagari Koto Baru dengan sangat hangat serta berharap hubungan yang baik ini kedepan semakin baik dan dapat berkembang menjadi pertemuan berkala secara rutin dengan semua Bamus Nagari yang ada di Pasbar untuk berbagi informasi tentang pembangunan di nagarinya.

BACA JUGA  Empat Tersangka Pengedar Narkotika diamankan Polres Pasbar
(Zoelnasti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.