Iklan
BerandaDAERAHSambut Ramadhan 1444 H, Jajaran Kemenag Kab. Solok gelar Thaharah Masjid

Sambut Ramadhan 1444 H, Jajaran Kemenag Kab. Solok gelar Thaharah Masjid

Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H / 2023 M, jajaran Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar Thaharah di 120 titik yang tersebar di berbagai masjid, musala dan madrasah di Kabupaten Solok.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli, Senin (27/3) saat eveluasi kegiatan awal Ramadhan dan program Gema Sammara Berkah yang di gagas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat.

“Terima kasih kepada semua pimpinan Satker dan masyarakat yang telah menyukseskan program ini dan menyambut Ramadhan dengan Thaharah,” ujar Kakan Kementerian Agama.

Dijelaskannya, dari data yang masuk, KUA dengan lokasi terbanyak adalah Gunung Talang sebanyak 7 titik dan KUA Lembah Gumanti 6 titik. Sedangkan madrasah terbanyak masih MTsN 4 Solok sebanyak 4 titik.

Zulkifli mengatakan, thaharah adalah sebuah kegiatan yang merajut kebersamaan dalam upaya meningkatkan kebersihan tempat ibadah dan dilakukan jelang masuknya bulan Ramadhan.

“Program ini rutin dijalankan oleh Kementerian Agama dengan mengajak masyarakat bersama keluarga besar, mempersiapkan tempat ibadah agar nyaman digunakan di bulan Puasa,” ulas Zulkifli.

Zulkifli juga mengapresiasi Satker yang melakukannya lebih dari satu tempat, seperti KUA gunung Talang di tujuh lokasi, MTsN 4 Solok di empat lokasi yang tersebar di nagari Kacang dan Tikalak, dan menyebutnya sebagai salah satu cara menyemarakan Ramadhan ke masyarakat oleh keluarga besar Kementerian agama.

“Syiar Ramadhan yang kita lakukan tidak sebatas himbauan tetapi juga dengan tindakan yang mengajak dan melibatkan masyarakat salah satunya thaharah dan tarhib,” tukuk Zulkifli.

Untuk tarhib, pihaknya juga mengimbau jajaran untuk melakukannya dengan mengajak masyarakat di lingkungan sekitar Satker serta mitra kerja, karena tarhib adalah menyucikan hati jelang menjalan iabadah puasa.

Selain itu, selama bulan Puasa, ustadz dan ustadzah dari Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Solok mengisi ceramah jelang berbuka dan jelang imsak di radio Citra. Sedangkan program Gema Sammara Berkah lainnya akan dilakukan seiring berjalannya Ramadhan 1444 H

BACA JUGA  RKPD Bengkulu Selatan 2023 Tingkatkan Daya Saing Ekonomi Daerah

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.