Iklan
BerandaKALBARTangkal Radikalisme, POM Melawi Gelar Silaturrahmi

Tangkal Radikalisme, POM Melawi Gelar Silaturrahmi

KALBAR |Redaksisatu.id – Untung menangkal radikalisme dan sikap intoleransi, Persatuan  Orang Melayu (POM) Kabupaten Melawi menggelar silaturrahmi lintas Ormas melayu pada Minggu (29/5) di Café Meet Up Kecamatan Nanga Pinoh.

Silaturrahmi yang digelar oleh POM dengan tema “Cegah Paham Radikalisme dan Intoleransi dengan Membumikan Tradisi dan Budaya Melayu Di Kota Juang” dihadiri sejumlah Ormas melayu Se- Kabupaten Melawi yaitu, MABM, LPM, SPM, Melayu Kreatif, Puan-Puan Melayu, GPJM, dan PASKAS serta beberapa tokoh Melayu di Kabupaten Melawi.

Plt. Ketua POM Melawi, Zulkifli mengatakan, bahwa paham radikal dan intoleransi adalah suatu sikap yang menuntut sebuah perubahan dalam sistem tatanan sosial, politik, ekonomi, budaya dan hukum sesuai keyakinan paham yang dianutnya.

BACA JUGA  14 Personel Polda Kalbar Dipecat Tahun 2021
WhatsApp Image 2022 05 29 at 17.44.14
Foto: foto bersama usai silturrahmi Ormas Melayu

“Orang yang terpapar paham-paham radikal ini cenderung bersikap intoleran, karena merasa paham kelompoknyalah yang paling benar” kata Zulkifli.

Untuk menangkal paham radikalisme dan sikap intoleransi tersebut dirinya mengajak Ormas Lintas Melayu di Kabupaten Melawi untuk menghidupkan kembali nilai-nilai dan kebudayaan Melayu.

Menututnya, dengan menghidupkan kesenian dan budaya Melayu serta meningkatkan silaturrahmi dapat meminimalisir dan menangkal paham radikal dan sikap intoleransi.

BACA JUGA  Kapolda Kalbar Tinjau Gudang Penyimpanan Kotak Suara Pemilu 2024
WhatsApp Image 2022 05 29 at 17.44.15
Foto: Silatruhami Ormas Melayu di Meet up Cafe Kab. Melawi

“Sebagai Ormas Melayu yang menjunjung adat istiadat, mari bersama – sama kita cegah paham radikalisme dan sikap intoleransi dengan membumikan tradisi dan budaya Melayu di Kota Juang” ajaknya.

Menyikapi paham Radikalisme dan sikap Intoleransi H. Nurfansyah mewakili MABM menyampaikan, bahwa paham radikalisme bisa masuk lewat mana saja, Baik itu pergaulan maupun melalui media sosial.

Menurutnya kedua hal tersebut tidak sesuai dengan tradisi dan budaya Melayu yang memiliki nilai-nilai kehalusan budi, sikap saling menghormati dan menghargai serta ramah-tamah.

BACA JUGA  Vaksinasi: NasDem Targetkan 1000 Vaksin Di Tahap 2
WhatsApp Image 2022 05 29 at 22.16.26 2
Foto: Silaturahmi POM Melawi bersama ormas melayu

“Salah satu upaya mencegah paham radikal dan sikap intoleransi diperlukan sinergitas  dan koordinasi lintas Ormas Melayu” pungkasnya.

H. Nurfansyah juga berharap Ormas Melayu yang ada di Kabupaten Melawi dapat berperan aktif untuk menangkal paham-paham radikal dan menjaga situasi Kamtibmas.

“Mari kita bersama-sama kita cegah paham radikalisme dan sikap Intoleransi jangan sampai berkembang di wilayah Kabupaten Melawi” tutupnya.

Trending

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.