Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALTrending: Penangkapan Donald Trump

Trending: Penangkapan Donald Trump

Penangkapan dan dakwaan mantan Presiden AS Donald Trump, akan dilakukan di gedung pengadilan federal di dekat Capitol AS,(3/8/2023).

Mantan Presiden AS Donald Trump, yang diserbu oleh para pendukungnya pada 6 Januari 2021 , yang menurut jaksa penuntut adalah puncak dari dugaan plot.

Donald Trump yang berusia 77 tahun diperkirakan akan mengajukan pembelaan tidak bersalah pada sidang yang akan dimulai pukul 16.00 (20.00 GMT) di hadapan hakim hakim Moxila Upadhyaya.

Donald Trump
Penangkapan Donald Trump.foto.doc.org

Tuduhan bahwa Donald Trump dan enam rekan konspirator yang tidak disebutkan namanya. Mereka merencanakan untuk membatalkan pemilu pada tahun 2020.

Tuduhan itu adalah dakwaan pidana ketiga, mantan Presiden AS sejak di bulan Maret, dan kasus paling serius yang mengancam untuk menggagalkan pencalonannya ke Gedung Putih pada 2024.

Penasihat khusus Jack Smith mengungkapkan, dakwaan Donald Trump setebal 45 halaman, pada hari Selasa menuduhnya dengan konspirasi.

Konspirasi itu untuk menipu warga Amerika Serikat, dan berusaha mencabut hak pemilih Amerika dengan klaim palsu bahwa dia memenangkan pemilihan November 2020.

“Tujuan konspirasi itu adalah untuk membatalkan hasil sah pemilihan Presiden tahun 2020, dengan menggunakan klaim penipuan pemilu, yang sengaja dibuat-buat,” kata dakwaan tersebut.

Smith, mantan jaksa kejahatan perang di Den Haag, mengaitkan tindakan Donald Trump setelah kekalahannya, dari Demokrat Joe Biden secara langsung.

Dengan serangan di Capitol, yang dia sebut sebagai “serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, di kursi demokrasi Amerika Serikat”.

“Itu dipicu oleh kebohongan,” kata Smith. “Kebohongan oleh terdakwa yang ditujukan untuk menghalangi fungsi dasar pemerintah AS – proses pengumpulan, penghitungan, dan pengesahan hasil pemilihan presiden.”

Keamanan sedang ditingkatkan di Washington DC, untuk sidang pada hari Kamis.Donald Trump sudah dijadwalkan untuk diadili di Florida pada Mei tahun depan.

Dengan tuduhan bahwa dia membawa dokumen pemerintah, yang sangat rahasia ke perkebunan Mar-A-Lago miliknya di Florida dan menolak untuk mengembalikannya.

Mantan Presiden AS yang dua kali dimakzulkan, itu juga menghadapi dakwaan pidana di New York.’karena diduga membayar uang suap menjelang pemilu kepada seorang bintang porno.

Petugas polisi Departemen Keamanan Dalam Negeri berbicara di luar Gedung Pengadilan Federal AS E Barrett Prettyman, 2 Agustus 2023, di Washington.

Mantan Presiden Donald Trump dijadwalkan hadir di pengadilan pada hari Kamis, langkah pertama dalam proses hukum yang..menjeratnya.

Donald Trump, kegiatan sehari hari, yang menghabiskan waktunya pada hari Rabu dengan bermain golf di klubnya Bedminster, New Jersey.

Dia telah mengaku tidak bersalah dalam dokumen dan kasus uang tutup mulut, dan menuduh jaksa penuntut berusaha menggagalkan pencalonannya sebagai presiden dengan dakwaan “palsu”.

“Dakwaan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap mantan presiden (sangat sukses!), & kandidat utama, sejauh ini, baik di Partai Republik maupun pemilihan umum 2024.

Ini telah menyadarkan dunia akan korupsi, skandal & kegagalan yang terjadi di Amerika Serikat selama tiga tahun terakhir,” katanya dalam sebuah posting di platform Truth Social pada hari Rabu.

Donald Trump tidak tunduk setelah dakwaan atas tawaran mencuri pemilu 2020. Snap Insight: Donald Trump didakwa atas upaya untuk membatalkan pemilihan AS, tetapi Amerika juga diadili.

Tuduhan konspirasi baru meningkatkan kemungkinan, Donald Trump semakin terlibat dalam proses hukum. Pada puncak dari apa yang diharapkan, menjadi kampanye Presiden yang pahit.

Plot tersebut diduga termasuk upaya untuk, menekan Mike Pence agar membuang suara Electoral College. Pada sesi gabungan Kongres 6 Januari yang diminta, untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden, yang akhirnya ditolak oleh Wakil Presiden.

“Saya tidak punya hak untuk membatalkan pemilihan,” kata Pence, yang juga mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik 2024, Rabu.

“Siapa pun yang meminta orang lain untuk menempatkan dirinya di atas Konstitusi tidak boleh menjadi Presiden Amerika Serikat lagi,” katanya kepada wartawan di Indianapolis.

Plot tersebut diduga termasuk upaya untuk menekan Mike Pence, agar membuang suara Electoral College pada sesi gabungan Kongres pada tanggal 6 Januari. Yang diminta untuk mengesahkan, kemenangan Biden, yang akhirnya ditolak oleh wakil presiden.

“Saya tidak punya hak untuk membatalkan pemilihan,” kata Pence, yang juga mencalonkan diri sebagai Presiden dari Partai Republik 2024, Rabu.

“Siapa pun yang meminta orang lain untuk menempatkan dirinya di atas Konstitusi tidak boleh menjadi Presiden Amerika Serikat lagi,” katanya kepada wartawan di Indianapolis.

Meskipun dakwaan Trump akan dilakukan di hadapan para hakim, kasus sebenarnya akan disidangkan oleh Hakim Pengadilan Distrik AS Tanya Chutkan.

Orang yang ditunjuk mantan presiden Demokrat Barack Obama, yang telah menjatuhkan beberapa hukuman terberat dalam kasus, yang melibatkan peserta kerusuhan Capitol.

Chutkan, 61, juga memiliki riwayat hukum dengan Trump’, dia memutuskan melawannya dalam kasus di bulan November 2021.

Trump telah mengajukan gugatan yang menegaskan, hak istimewa eksekutif untuk memblokir penyerahan dokumen, ke komite kongres yang menyelidiki serangan terhadap Capitol oleh para pendukungnya.

Dia tidak lagi berada di Gedung Putih pada saat itu, dan Chutkan menolak gugatan tersebut, dengan mengatakan argumen mantan presiden “tampaknya didasarkan pada anggapan bahwa kekuasaan eksekutifnya ‘ada selamanya.

Tapi Presiden bukanlah raja, dan Penggugat bukanlah Presiden,” tulis Chutkan.

Sebagai presiden, Trump dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, karena mencari kotoran politik pada Biden dari Ukraina dan atas peristiwa 6 Januari, tetapi dia dibebaskan oleh Senat dua kali.

Dikutip dari CNA.

 

 

 

 

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.