Beranda KALBAR Status Desa Baru Naik 2 Tingkat Jadi Desa Mandiri

Status Desa Baru Naik 2 Tingkat Jadi Desa Mandiri

Desa Baru
Foto: Camat Nanga Pinoh, Halma Trisno, S. STP (tengah)
KALBAR |Redaksisatu.id – Desa Baru, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat ditetapkan sebagai Desa Mandiri pada verifikasi IDM (Indeks Desa Membangun) tingkat Kecamatan tahun 2022 di Aula Kantor Camat Nanga Pinoh pada Rabu (20/4) pagi.

Kepala Desa Baru, Eet Roskayudi Aroy mengatakan, ditetapkannya Desa Baru sebagai Desa Mandiri dalam IDM tahun 2022 merupakan salah satu visi dan misinya sebagai kepala desa.

“Sebelumnya Desa Baru statusnya adalah Desa Berkembang. IDM 2022 saya bersama perangkat desa melakukan pendataan ulang semua potensi yang ada di desa. Alhamdulillah hasilnya tahun ini kita berstatus desa Mandiri”, ungkap Kades Eet.

Kades Eet juga mengajak semua komponen masyarakat yang ada di Desa untuk selalu menjaga kekompakan, tertib dalam administrasi dan disiplin.

BACA JUGA  Operasi Patuh Kapuas 2022 Selama 13-26 Juni, Begini Pesan Kapolda Kalbar
WhatsApp Image 2022 04 20 at 15.10.12
Foto: Kades Desa Baru, Eet Roskayudi Aroy

“Untuk perangkat desa, mari kita tingkatkan pelayanan kepada warga secara porposional. Disiplin dalam bekerja, jalin komunikasi yang baik kepada warga”, tegasnya.

Sementara itu, Camat Nanga Pinoh, Halma Trisno menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada desa yang sudah meningkat statusnya, termasuk desa baru yang semula status desanya berkembang meningkat menjadi desa mandiri.

“Ini artinya bahwa keberadaan DD (Dana Desa) secara nyata memberikan dampak positif terhadap pembangunan di desa, demikian juga ada beberapa desa yang mengalami peningkatan status, salah satunya desa Baru yang sebelumnya berkembang menjadi desa mandiri”, ucap Halma.

BACA JUGA  Kapolda Kalbar Berpamitan Setelah Resmi Dimutasi
WhatsApp Image 2022 04 22 at 10.20.10 1
Foto: Verifikasi IDM 2022 di Aula Kantor Camat Rabu (20/4/2022)

“Jika alokasi kinerja diberikan kepada desa Baru saya setuju. Karena kinerja desa Baru dibawah kepemimpinan Kades sekarang meningkat, mulai dari disiplinnya perangkat desa, meningkat pelayanan dan tertib administrasi”, imbuh Halma.

Halma juga meminta desa untuk benar-benar melakukan validasi kesesuaian antara kondisi real data dilapangan. Jangan sampai ada data yang tak sesuai atau diada-adakan. Sebab ini menjadi bahan evaluasi mengenai pemanfaatan DD yang selama ini diterima apakah kebijakan kepala desa terhadap pengelolaan DD berdampak terhadap perkembangan desa atau bahkan sebaliknya

“Kami pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh bangga bahwa tidak ada lagi desa yang statusnya tertinggal di Nanga Pinoh. Sebelumnya ada dua desa yang statusnya tertinggal yaitu, Nanga Kayan dan Labai Mandiri. berdasarkan validasi data IDM statusnya meningkat menjadi desa berkembang, ini patut di apresiasi sehingga bisa memacu semangat kades dan perangkat desa untuk terus meningkatkan kinerjanya”, ungkap Halma.

BACA JUGA  Operasi Pekat Kapuas 2022, Polres Melawi Resmi Tetapkan 4 Orang Tersangka
WhatsApp Image 2022 04 22 at 10.20.10 2
Foto: Para Kade dari 17 Desa Se- Kecamatan Nanga Pinoh mengikuti verifikasi IDM 2022

Halma juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas kinerja yang sudah diraih. Ia berharap ke depan pembangunan di Kecamatan Nanga Pinoh semakin maju.

BACA JUGA  KKP Tangkap 4 Kapal Ilegal Fishing, 2 Berbendera Malaysia

Penulis: Ade Shalahudin

Artikulli paraprakApel Operasi Ketupat Kapuas 2022, Begini Pesan Kapolda Kalbar
Artikulli tjetërJajaran Kasatpol PP Tunjuk Imam Ketua Trantibum

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.