Iklan
Iklan
BerandaPENDIDIKANPHBI Bentuk Budi Pekerti dan Karakter Positif

PHBI Bentuk Budi Pekerti dan Karakter Positif

Penanaman Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan PHBI

Melalui kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dapat membentuk budi pekerti dan karakter positif terhadap anak didik.

Kegiatan PHBI memperingati hari- hari besar lslam, menjadi proses pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai, sekaligus menggali arti dan makna yang ada dalam Islam.

Peringatan Hari Besar lslam (PHBI), bertujuan untuk meningkatkan wawasan, keimanan, serta kebanggaan bagi seorang Muslim.

Beberapa kegiatan hari besar lslam yang sering diperingati dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai lslam.

Seperti melaksanakan qurban di idhul Adha, melaksanakan Halal bil Halal saat Idhul Fitri, Maulid Nabi Muhammad SAW, lsro’ Mi’raj, Tahun Baru lslam dan Kegiatan Pesantren Ramadhan .

Kegiatan Hari Besar Islam bisa diisi dengan Tablig Akbar atau Ceramah agama Islam, kegiatan perlombaan yang relevan dengan penanaman karakter bangsa dan nilai-nilai lslam.

Kegiatan tersebut bisa berupa lomba tahfizh, Adzan, kaligrafi, nasyid dan sholawat, ceramah lslam, cerdas cermat dll. dengan tujuan menggali dan menumbuh kembangkan potensi siswa

Berikut rincian tujuan dan kegiatan yang dilakukan dalam masing-masing kegiatan PHBI.

1. Kegiatan Qurban ldhul Adha
Melatih jiwa rela berkorban, belajar berorganisasi dan mengenal cara memotong dan menyalurkan daging kurban kepada para siswa yang tidak mampu sebagai wujud perilaku peduli dan jiwa sosial.

2. Tahun Baru Islam
Menumbuhkan jiwa semangat dan refleksi diri untuk lebih baik di tahun berikutnya. Dirayakan dengan lomba-lomba kegiatan keislaman.

3. Maulid Nabi Muhammad SAW
Mengenalkan dan mendekatkan pribadi Nabi Muhammad Rasulullah SAW untuk diteladani dan mengenal sejarah perjuangan dakwahnya. Bisa diisi ceramah agama Islam dan lomba-lomba kegiatan keislaman.

4. Isro’ mi’raj Nabi Muhammad SAW
Mengenal dan memahami esensi dan pentingnya perintah sholat sebagai kewajiban utama umat Islam yaitu Sholat lima waktu. Bisa diisi ceramah agama Islam dan lomba-lomba kegiatan keislaman.

5. Pesantren Kilat Ramadhan
Siswa  mendapat pemahaman yang utuh tentang Islam dan hal yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan. (jaya)

BACA JUGA  Pergantian Pejabat Jangan Dimaknai Sebagai Pergantian Personil Semata

Oleh : H. Sujaya, S.Pd. ( Wakasek Humas SMPN 3 Sindang lndramayu)

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.