Beranda KALBAR Pemkab Melawi Sosialisasikan Relokasi 34 PKL

Pemkab Melawi Sosialisasikan Relokasi 34 PKL

pemkab melawi
KALBAR | Redaksisatu.id – Pemkab Melawi melakukan sosialisasi rencana relokasi 34 Pedagang Kaki Lima (PKL) di seputaran Jalan Garuda dan jalan Nawawi Kecamatan Nanga Pinoh. Sosialisasi dilakukan di Gedung Majlis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Melawi, Jumat (4/3) pukul 08.00 WIB.

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyampaikan, rencana Pemkab Melawi terkait rencana relokasi PKL sesuai dengan Perda nomor 16 tahun 2017 tentang  penataan dan pemberdayaan PKL.

“Pertemuan ini baru sosialisasi kepada para pedagang, kalo sepakat dan setuju nantinya, sampaikan apa kekurangan fasilitas pasar yang akan disiapkan oleh Pemda. Nanti juga akan kita bicarakan dengan OPD terkait tentang pemberlakuan bongkar muat barang”, Kata Bupati Melawi, H. Dadi.

WhatsApp Image 2022 03 04 at 13.24.45 3Menurutnya, rencana relokasi PKL ini merupakan upaya penataan wajah Ibukota Pemkab Melawi dengan tetap memperhatikan kepentingan umum. Sehingga tercipta ketertiban dan kenyamanan bersama sesuai ketentuan perundang-undangan.

Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen menambahkan kegiatan ini baru sosialisasi, tidak serta merta langsung memindahkan para PKL yang akan di relokasi.

“Sebelum di relokasi, kami akan siapkan tempatnya supaya pedagang dan pembeli  merasa nyaman untuk datang ke pasar. Diharapkan ke depan Tidak adalagi transaksi  jual-beli di trotoar”, Pungkasnya.

WhatsApp Image 2022 03 04 at 13.24.45 1Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Melawi, Drs. Paulus juga mengutarakan beberapa hal terkait rencana relokasi PKL, diantaranya, kondisi jalan di Jalan Garuda dan Nawawi sering macet. Ia berharap PKL dan Pemda dapat bekerjasama untuk relokasi ini nantinya.

“Saat ini lokasi yang ditawarkan adalah pasar laja. Tentunya sebelum dilakukan relokasi akan kita perbaiki kondisi pasar tersebut”, Ulasnya.

Sementara itu, Rudi Hartono salah satu pedagang  mengatakan, bahwa dirinya dan rekan-rekan pedagang klain sudah pernah mengikuti arahan Pemda sebelumnya. Namun sedikit pengunjung atau pembeli yang datang, sehingga membuat ia dan rekan-rekanya kembali berjualan di trotoar.

BACA JUGA  20 Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Pontianak

WhatsApp Image 2022 03 04 at 13.24.45“Kami sudah mengikuti  arahan Pemda, hanya saja sepi pembeli, kalo mau merelokasi kami hanya minta di SDF. kami pedagang sudah sepakat soal tempat “, Ucap Rudi.

Dalam laporannya, camat Nanga Pinoh, Halma Trisno menyampaikan, bahwa hasil pendataan terdapat 34 PKL yang berjualan di trotoar dan akan dilakukan pendataan ulang.

“Kemungkinan jumlah tersebut akan bisa bertambah dan akan kami sampaikan kepada Pemkab Melawi nantinya”, Ucap Halma.

Kegiatan Rencana sosialisasi PKL dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Melawi, Sekda, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Menengah dan Perdagangan (DisKumdag), Dr.  Daniel., Camat Nanga Pinoh, Halma Trisni, Kasat Pol PP, Aji Koswara, dan Danramil 01 Nanga Pinoh, Kapten Inf. Sawira.

Usai sosialisasi,Bupati berserta rombongan dan para pedagang meninjau langsung kondisi pasar di Kecamatan Nanga Pinoh. [] Ade Shalahudin.

Artikel sebelumyaBocah 12 Tahun Ditemukan Tewas Jatuh ke Irigasi
Artikel berikutnyaKasus Korupsi Pengadaan Westafel Tahap Penyidikan

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.