Iklan
Iklan
BerandaSEJARAHMasyarakat Jadi Masalah Jika Literasi Tidak di Jaga

Masyarakat Jadi Masalah Jika Literasi Tidak di Jaga

Budaya – Permasalahan rendahnya minat literasi, masyarakat Indonesia menjadi permasalahan, yang sangat pelik bagi bangsa indonesia saat ini, (31/7/2023).

Berbagai dampak negatif yang sering muncul adalah, masyarakat kita yang sering mudah” dalam menerima informasi atau pemberitaan, yang belum kebenaran akan pemberitaan tersebut (hoaks) begitu berkembang dengan pesat.

Permasalahan ini tentunya harus dicari solusinya, agar masyarakat lebih bisa cerdas berfikir, dalam menerima informasi.Hal ini tentunya bisa dimulai sejak usia dini, karena pada usia dini merupakan, usia yang paling tepat untuk diajarkan literasi.

Minat literasi anak usia dini dapat diajarkan melalui, berbagai kegiatan seperti, membacakan cerita dongeng, atau dengan kegiatan bermain.

Seperti menggambar, berhitung dan, berkegiatan yang lainnya. Untuk menstimulasi anak dalam, menumbuhkan literasi membaca permulaan.

Upaya untuk menarik minat literasi membaca permulaan, harus dimulai dari lingkup orang tua. Dan disertai juga lingkup sekolah, dan masyarakat melalui pembiasaan sejak usia dini.

Kegiatan yang dapat menarik minat literasi membaca, permulaan melalui media big-book adalah, salah satu media yang dapat menarik minat literasi’ membaca pada anak usia dini.

Hamalik mengemukakan, bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses, belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi rangsangan kegiatan belajar.

Bahkan membawa pengaruh pengaruh psikologi terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu.

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.