Iklan
BerandaNASIONALKapolda Kalbar Cek Kesiapan Personel dan Almatsus Pengamanan Pemilu 2024

Kapolda Kalbar Cek Kesiapan Personel dan Almatsus Pengamanan Pemilu 2024

REDAKSISATU.ID – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol. Pipit Rismanto, S.IK.,M.H melakukan pengecekan Personel dan Almatsus serta Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Jananuraga, Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Jumat 9 Februari 2024.

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya, S.IK.,M.M menyampaikan Apel Pengecekan Kesiapan Personel dan Almatsus pengamanan Pemilu 2024 ini dihadiri langsung oleh PJ Gubernur dr. Harisson Arzoy, M.Kes, Forkopimda Prov. Kalbar, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri beserta Pejabat Baharkam Polri serta stakeholder dan diikuti oleh seluruh personel OMB dan Ops Liong Kapuas Polda Kalbar.

“Kegiatan Apel pengecekan ini bertujuan untuk Cek dan Final Check serta memastikan kesiapan Personel dan Almatus dalam pengamanan Pemilu 2024 telah siap sedia, baik secara fisik maupun mental. Personel telah dibekali dengan pelatihan dan pengetahuan tentang pengamanan Pemilu,” Kata Kabidhumas.

BACA JUGA  Skenario Dugaan TPPU CU Lantang Tipo Dibongkar Pengacara Pelapor
Cek
Persiapan personel Operasi Mantap Brata Kapuas Polda Kalimantan Barat pengamanan Pemilu 2024 pada saat Apel pengecekan Personel dan Almatsus serta Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Jananuraga, Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Jumat 9 Februari 2024.

Dalam kesempatan apel tersebut, Kapolda Kalbar selaku Kaopsda Operasi Mantap Brata Kapuas dalam arahannya menekankan netralitas, profesionalitas, dan sinergitas dalam menjalankan tugas pengamanan tahun ini.

“Personel Polri harus menjaga netralitas dan tidak memihak kepada pihak manapun dalam kontestasi politik. Laksanakan tugas pengamanan dengan profesional, humanis, dan terukur. Jalin sinergitas dengan TNI, KPU, Bawaslu, dan stakeholder lainnya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama penyelenggaraan Pemilu,” ujar Irjen Pol Pipit Rismanto.

Mantan Dirtipidter Bareskrim Polri juga mengingatkan personelnya untuk selalu waspada dan siaga terhadap potensi gangguan keamanan. Personel harus memahami situasi dan kondisi di wilayahnya masing-masing dan mengambil langkah-langkah antisipasi yang diperlukan.

BACA JUGA  Polsek Mandau Berhasil Tangkap Pencuri yang Beraksi di 3 Tempat Sekaligus
Cek
Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Jananuraga, Mapolda, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak, Jumat 9 Februari 2024.

“Saya harapkan Almatsus yang ada ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi dan kinerja untuk di lapangan agar pada saat pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu akan menjadi lebih effisien,” ungkap Irjen Pol Pipit Rismanto.

Dalam kegiatan ini, Polda Kalimantan Barat juga menggelar simulasi pengamanan berbagai situasi yang berpotensi terjadi pada saat Pemilu, mulai dari situasi hijau, kuning dan sampai situasi merah. Peragaan tersebut menampilkan cara penanganan kejadian di lapangan seperti keributan di Lokasi TPS, unjuk rasa, keributan antar massa, dan gangguan keamanan lainnya.

Simulasi ini bertujuan untuk melatih kesigapan dan kemampuan personel dalam menangani berbagai situasi yang berpotensi mengganggu keamanan jalannya Pemilu.

BACA JUGA  Ketua Panwaslu Kecamatan Bogor Selatan, Melantik Sebanyak 16 Pengawas

Sementara itu, Brigjen Pol Suhendri, S.H.,S.IK yang hadir selaku Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri mengapresiasi kesiapsiagaan Personel dan Almatsus yang ditampilkan dalam simulasi tersebut.

“Saya yakin dengan kesigapan dan profesionalisme personel Polri di Kalimantan Barat, Pemilu 2024 di Kalbar akan berjalan aman lancar dan kondusif,” pungkas Brigjen Suhendri.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Pelaku Pembunuhan Anggota TNI Ada 6 Orang, 3 Diperiksa

 

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.