Iklan
BerandaJAKARTAGrace Natalie Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta 2024

Grace Natalie Masuk Bursa Calon Gubernur Jakarta 2024

Direktur Lembaga Survey Nusantara Strategic Network (NSN) Riandi mengatakan, Grace Natalie yang merupakan mantan pembawa acara berita televisi masuk dalam bursa Calon Gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024.

Grace Natalie yang pernah menjabat  Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), meraih elektabilitas 5,0 persen

Namun, Riadi mengungkapkan, saat ini posisi teratas bursa Cagub DKI Jakarta masih diduduki Menteri Sosial Tri Rismaharini dari PDI Perjuangan sebesar 26,3 persen.

BACA JUGA  Jelang Pemilu 2024, BEM UMP Gelar Rakorwil Zona II Kalimantan

Kemudian disusul oleh Wakil Gubernur DKI Petahana Ahmad Riza Patria dari Gerindra dengan elektabilitas 15,3 persen dan Gubernur DKI Petahana Anies Baswedan sebesar 14,5 persen.

“Elektabilitas Anies dan Riza Patria mengalami penurunan, sementara Grace Natalie masuk dalam bursa Calon Gubernur DKI Jakarta,” kata Riandi, Sabtu (24/9/2022).

Riandi juga menjelaskan, awalnya elektabilitas Riza yang dijuluki “The Real Gubernur DKI” mengalami peningkatan, namun seiring dengan beberapa kebijakan Anies sebagai Gubernur DKI menjadi stagnan.

BACA JUGA  Pengukuhan Pengurus DPD IMM Kalbar periode 2024-2026, Begini Pesan PJ Gubernur

Riandi mengungkapkan, Anies sebagai gubernur petahana masih menjadi rival terkuat Risma, tetapi sentimen negatif yang terus dialamatkan kepada Anies mendorong elektabilitasnya menurun.

“Publik juga melihat Anies lebih berambisi untuk maju ke tingkat nasional sebagai calon presiden,” tutur Riandi.

Riandi memperkirakan jika Anies berlaga kembali di Pilkada DKI akan kalah bersaing dengan calon pesaing lain.

BACA JUGA  Pidato Kebangsaan: Presiden Kawulo Alit Berikan Masukan Tentang Reformasi

Calon lain yang berpotensi menjadi pesaing tersebut, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas bergerak naik mencapai 10,5 persen.

“Menarik jika Anies berkompetisi dengan Ridwan Kamil, atau malah berpasangan,” ungkap Riandi.

NSN juga merilis figur lain yang berpeluang untuk bertarung di DKI Jakarta, seperti Wali Kota Solo dari PDIP Gibran Rakabuming Raka dengan elektabilitas sebesar 4,3 persen dan Wali Kota Bogor dari PAN Bima Arya Sugiarto sebesar 3,5 persen.

BACA JUGA  Ketua RW 05 Immamudin Meraih Prestasi Gemilang

Kemudian, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 2,3 persen, politisi Nasdem Ahmad Sahroni sebesar 2,0 persen dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno sebesar 1,8 persen.

Selain itu, muncul nama tokoh dari Golkar Ahmed Zaki Iskandar dengan tingkat elektabilitas sebesar 1,5 persen dan Airin Rachmi Diany sebesar 1,0 persen.

BACA JUGA  Pengurus ICDN Kalbar Dilantik, Adrianus: Kami Konsen Masalah Pendidikan Dayak

Lembaga NSN melakukan survei pada 11-15 September 2022 terhadap 400 responden mewakili warga DKI Jakarta dengan metode multistage random sampling.

Adapun tingkat kesalahan (margin of error survei) diklaim sebesar 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. dikutip dari indeksnews.com

BACA JUGA  Makam Itu Rumah Leluhur Kita

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.