Iklan
BerandaDAERAHGerhana Bulan, Kemenag Kab. Solok Gelar Solat Khusuf di Islamic Center

Gerhana Bulan, Kemenag Kab. Solok Gelar Solat Khusuf di Islamic Center

RedaksiSatu.id – Kantor Kemenag Kabupaten Solok melalui seksi Bimas Islam akan menggelar salat Khusuf Gerhana Bulan di masjid agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, Selasa (8/11), masatakat dihimbau untuk mengikuti salat ini.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, Selasa (8/11) di aula Hubbul Wathan saat rapat dinas bersama jajarannya.

“Menyikapi himbauan dari Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama R.I, kita akan melaksanakan solat khusuf Gerhana Bulan, nanti setelah Magrib dengan khatibnya DR. H. Zulkarnaini, M.Ag dan imamnya imam masjid agung Darussalam,” ujar H. Zulkifli.

Disampaikan juga, selain di masjid agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, dihimbau seluruh masjid ayang ada di Kabupaten Solok untuk ikut menyelenggarakan Salat Khusuf Gerhana Bulan ini.

“Kepada KUA dan Penyuluh Agama di kecamatan untuk ikut menggerakan dan mengajak masyarakat melaksanakan salat khusuf di setiap masjid yang di nagari-nagari,” ulas Zulkifli.

Selain itu, kepada Kepala Madrasah, guru dan segenap jajaran Kementerian Agama Kabupaten Solok untuk ikut menjadi motivator bagi pengurus masjid dilingkungan masing-masing menyelenggarakan salat khusuf ini.

Gerhana Bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada 8 November 2022, berdasarkan data astronomis, Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan Total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB. Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB. Fendi

BACA JUGA  Akibat Bencana Gempa Hampir 80 % Rumah Ibadah Rusak Berat

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.