Beranda KALBAR Ditsamapta Polda Kalbar Latihan Hadapi Pesta Demokrasi 2024

Ditsamapta Polda Kalbar Latihan Hadapi Pesta Demokrasi 2024

Ditsamapta
Suasana saat latihan menghadapi dan mengendalikan unjuk rasa dalam pesta Demokrasi 2024 yang digelar oleh Darmas Ditsamapta Polda Kalimantan Barat, di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pontianak, Sabtu 19 Maret 2022.
KALBAR | redaksisatu.id – Ditsamapta Polda Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan program pelatihan Dalmas kepada anggota dalam rangka persiapan menghadapi Pesta Demokrasi di Tahun 2024 mendatang.

Latihan Dalmas Ditsamapta yang dipimpin langsung oleh Wadir Samapta Polda Kalbar, AKBP Wuryanto, S.IK, MH, digelar di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pontianak, Sabtu 19 Maret 2022.

Beberapa latihan yang digelar dalam kegiatan ini, diantaranya latihan bagaimana ketika anggota Dalmas mengendalikan dan mencegah massa pengunjuk rasa yang sudah masuk ke zona kuning, zona kuning dimana massa sudah mulai brutal atau anarkis.

BACA JUGA  PKLWN Terima BLT Rp300 Ribu dari Polres Kubu Raya, Terima Kasih Presiden
Ditsamapta
Sebanyak 150 orang Personel Anggota Ditsamapta Polda Kalimantan Barat melakukan latihan menghadapi dan mengendalikan unjuk rasa dalam pesta Demokrasi 2024, di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pontianak, Sabtu 19 Maret 2022.

Wadir Samapta Polda Kalbar menjelaskan, kegiatan latihan Dalmas tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan skill anggota Ditsamapta Polda Kalbar terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah Kalimantan Barat dan juga persiapan memback up pengamanan Pesta Demokrasi di Tahun 2024.

“Walaupun waktu masih cukup lama, namun Ditsamapta Polda Kalbar dari jauh-jauh hari sudah mempersiapkan baik personil maupun peralatan dan perkekuatan,” ungkap AKBP Wuryanto.

Ditempat terpisah, Dirsamapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, S.IK, MH, mengatakan bahwa maksud tujuan diberikannya latihan kali ini untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam pengendalian massa sekaligus melatih Satwa Ditsamapta Polda Kalbar agar terampil dan mahir.

BACA JUGA  Orok Bayi Dalam Kardus, Ditemukan Warga di Kecamatan Ketapang
Ditsamapta
Suasana saat Dalmas Ditsamapta Polda Kalimantan Barat latihan menghadapi dan mengendalikan unjuk rasa dalam Pesta Demokrasi 2024, di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pontianak, Sabtu 19 Maret 2022.

“Dalam kegiatan latihan ini Direktorat Samapta Polda Kalbar melaksanakan latihan Dalmas awal sampai Dalmas lanjut dengan melibatkan Personil K9,” ujar Kombes Pol Permadi Syahid Putra.

Dalam latihan ini, kata Permadi, pihaknya melibatkan ratusan Personel dan Satwa K-9.

“Kita melibatkan sebanyak 150 orang Personel, dari Satwa juga kita melibatkan K-9 dua ekor,” terangnya.

BACA JUGA  Kinerja Kepolisian Akhir Tahun 2021, Polri Tunjukkan Prestasi Pengawasan Personel Dalam Indeks

Satwa K-9 yang ikut dilibatkan dalam latihan tersebut, untuk melatih kemampuan satwanya dan juga pawangnya.

Tujuannya adalah agar anggota Ditsamapta Polda Kalbat bisa lebih terlatih, lebih terampil dan mahir menguasai semua gerakan Dalmas.

“Begitu juga bagaimana Satwa kita yang sudah didukung dari Mabes Polri khususnya untuk K-9. Bagaimana di dalam kegiatan-kegiatan pelatihan Dalmas itu ada juga bagian/andil dari K-9 di dalamnya untuk mengurai massa nanti,” pungkasnya.

Adrian318

BACA JUGA  Berkas Penganiyaan Wartawan Belum Dilimpahkan Polisi ke Kejaksaan Ketapang
Artikel sebelumyaAntisipasi Kekurangan Migor, Polsek Ella Hilir Cek Pasar
Artikel berikutnyaKoramil 421-07/Sdm Laksanakan Patroli Prokes Covid – 19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.