Iklan
BerandaDAERAH37 Peserta Ambil Bagian Seleksi Rekrutmen PPIH 2023

37 Peserta Ambil Bagian Seleksi Rekrutmen PPIH 2023

RedaksiSatu.id – 38 ASN Kantor Kemenag Kabupaten Solok mengikuti tes rekrutmen petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2023, Rabu (25/1) di aula Hubbul Wathan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili oleh Kabid Papkis H. Naharudin.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli mengatakan bahwa peserta ini mengikuti test untuk formasi petugas kloter dan petugas Arab Saudi dengan formasi untuk petugas kloter berupa Pembimbing Ibadah dan Ketua Kloter. Sedangkan untuk petugas Arab Saudi akan melayani akomodasi dan transportasi jamaah.

“Test dengan sistim CAT Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama R.I. Apabila peserta lulus, maka akan ada tes kedua dan setelah lulus nantinya akn mengikuti pelatihan.” terang Kakan Kemenag.

“Kepada para peserta perlu digaris bawahi, test yang diikuti adalah untuk menjadi petugas pelayan jamaah. Apabila lulus nanti, maka yang diutamakan dan kewajiban petugas adalah melayani jamaah, jika ada ada kesempatan baru setelahnya menjalankan ibadah haji,” tegas Kakan Kemenag.

Sebagaimana program prioritas Kementerian Agama adalah peningkatan pelayanan pada jamaah haji dari semua sisi, mulai sejak keberangkatan di daerah, embarkasi, perjalanan, selama berada di tanah suci hingga kembali ke daerah.

Disebutkan oleh Kakan Kemenag, bahwa yang mengikuti tes hari ini sebanyak 37 orang calon petugas PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi, sedangkan 1 orang Pranata Humas Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Zulhafendi mengikuti test anggota Media Center Haji (MCH).

“Untuk pranata humas kita, Zulhafendi yang mengambil formasi anggota media center tengah mengikuti seleksi administrasi, apabila lulus ia akan mengikuti serangkaian test di Jakarta yang diselenggarakan oleh Biro Humas dan Informasi Kemenag R.I,” urai Zulkifli.

BACA JUGA  390 Jemaah Haji Indonesia Mendarat di Madinah

Ditambahkannya, Zulhafendi merupakan satu-satunya Humas Kemenag Kabupaten Kota di Sumbar yang mengikuti tes ini dan dari Sumbar hanya diikuti oleh dua peserta satu lagi dari Kanwil Kemenag Sumbar. Jika lulus nantinya akan bertugas, meliput dan melaporkan kegiatan jamaah dan rangkaian pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Kabid Papkis Drs. H. Naharudin dalam sambutan pembukaan menyampaikan, rekrutmen yang digelar hari ini merupakan upaya Kementerian Agama memilih petugas yang profesional, berkomitmen dalam pembinaan dan pelayanan pad jamaah baik di Arab Saudi maupun di Tanah Air.

Hasil survey BPS terkait indek kepuasan jamaah haji (IKJHI) pada penyelenggaran haji tahun 2022 / 1443 H mencapai 90,45%. Capaian yang patut disyukuri dengan kategori memuaskan untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 11 kali penyelenggaraan yang di survey BPS.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian ini, maka pada penyelenggaraan haji tahun ini, petuas dipersyaratkan membuat surat pernyataan, kemampun dalam mengoperasikan perangkat teknologi informasi, kesanggupan dan kesediaan melaksanakan bimbingan manasik pra keberngkatan, memiliki sertifikat sebagai pembimbing manasik haji sampai batas waktu yang ditentukan sebelum pelatihan terintegrasi petugas di embarkasi.

Kasubbag Tata Usaha yang menjadi pengawas seleksi ini menyampaikan setiap peserta akan diberi waktu 90 untuk menjawab soal-soal yang ada pada aplikasi CAT, serentak dengan peserta di daerah seluruh Indonesia.  Fendi

rekrut rekrut rekrut

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.