Beranda DAERAH 3 Pj. Wali Nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo Dilantik Oleh Camat...

3 Pj. Wali Nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo Dilantik Oleh Camat Dalam Situasi Gempa

3 Pj. Wali Nagari
Pasaman Barat | Redaksi Satu – 3 Pj. Wali Nagari yang berada di Kecamatan Luhak Nan Duo hari ini Jumat (25/02/2022) dilantik oleh Bupati Pasaman Barat yang diwakili oleh Camat Luhak Nan Duo, Resta Amelda Putri, S. STP. MM. di halaman Kantor Camat setempat.

Tiga Pj. Wali Nagari yang baru dilantik dan diambil sumpah masing-masing adalah Pj. Wali Nagari Koto Baru, Robianto, Pj. Wali Nagari Persiapan Ophir, Yeni Tanita dan Pj. Wali Nagari Persiapan Pujarahayu, Surasa.

Pengambilan sumpah janji dan pelantikan Pj. Wali Nagari dilakukan oleh Camat Luhak Nan Duo,
Resta Amelda Putri, S. STP. MM. di hadapan para tamu undangan yakni jajaran Forkompincam (Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, Kepala Puskesmas), Ketua KAN Koto Baru, Ketua Bamus bersama anggota serta Pj. Wali Nagari se-Koto Baru , Perangkat Nagari, Lembaga Nagari ( PKK, LPMN) dan tokoh masyarakat.

Upacara pelantikan yang seyogyanya akan dilakukan pada pukul 08.30 Wib, tapi karena pagi itu tiba-tiba terjadi gempa di Pasaman Barat yang terasa kuat membuat pihak penyelenggara acara pelantikan memindahkan lokasi pelantikan yang semula di Aula Kantor Camat, ke halaman kantor Camat Luhak Nan duo

Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta keselamatan kepada seluruh peserta yang mengikuti upacara pelantikan tersebut.

Tak hanya itu, akibat Gempa pertama yang terjadi sekitar pukul 08.35 WIB dengan Magnitudo 5.2. di mana Gempa terjadi di wilayah 17 kilometer Timur Laut Pasaman Barat, dengan kedalaman gempa diperkirakan 10 kilometer di lokasi 0.14 LU, 99.99 BT. tersebut bukan saja acara pelantikan terkendala, tapi sejumlah kegiatan perkantoran di beberapa lokasi juga tampak lumpuh.

Akibat gempa kuat yang mengguncang Pasaman Barat, Sumbar, pada Jumat (25/02/2022) yang berlangsung tidak hanya sekali, tetapi gempa itu terjadi beberapa kali dalam waktu berdekatan.

BACA JUGA  Sukarni Dunip Penjabat Sesda Selama 3 Bulan

Gempa pertama memang dirasa cukup kuat, dan banyak tamu undangan yang menghadiri cara pelantikan berhamburan ke luar bahkan ada yang permisi untuk melihat keluarga dan menjemput anaknya di sekolah.

Selain di Pasaman Barat, guncangan itu juga terasa di beberapa daerah di Sumbar seperti di kawasan Kota Payakumbuh, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Padang Panjang dan Kabupaten 50 Kota dan beberapa kota lainnya.

Selain setelah pukul 08.39 WIB, atau empat menit dari kejadian itu, gempa kedua kembali guncang Pasaman Barat dan seperti gempa pertama (08.35), gempa kedua (08.39) juga terasa hingga ke beberapa daerah di Sumbar.3 Pj. Wali Nagari

Bahkan gempa kedua lebih terasa keras. Gempa itu terasa berayun dengan durasi sekitar 10 detik, bahkan berdasarkan beberapa sumber gempa kedua itu juga terasa hingga ke Provinsi Riau dengan skala I hingga II MMI.

Namun meskipun demikian kegiatan upacara pelantikan yang telah di pindahkan lokasinya ke halaman Kantor Camat setempat tetap berlangsung, dengan tetap mewaspasai kemungkinan -kemungkinan lainnya.

Akhirnya acara pelantikan dapat dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, setelah itu dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Bupati, pengambilan sumpah dan janji, kata pelantikan, serta penanda tanganan berita acara, sambutan-sambutan, pembacaan do’a dan terakhir pemberian ucapan selamat serta foto bersama.

Dalam sambutannya Camat Luhak Nan Duo,Amelda Putri menyampaikan harapan dengan dilantiknya Pj. Wali Nagari nantinya dapat melanjutan kegiatan untuk kemajuan masyarakat di nagari.

Dikatakannya, acara pelantikan hari ini yang rencananya di aula kantor camat meskipun akhirnya dilaksanakan di halaman kantor Camat Luhak Nan Duo, namun ia berharap semoga tetap khidmat dan dapat berjalan sukses serta aman.

BACA JUGA  PB PGRI Usulkan Rohidin, Terima Anugerah Dwija Praja Nugraha 2021

Dirinya pun berharap agar seluruh Pj. Wali Nagari yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik, amanah dan dapat bekerjasama dengan perangkat Nagari maupun masyarakat dalam melaksanakan pelayanan serta mampu menjadi motor penggerak dalam membangun di nagari masing-masing.

“Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya tiga Pj. Wali Nagari di Kecamatan Luhak Nan Duo ini, semoga amanah dan dapat membantu perangkat nagari dalam memberikan pelayanan publik, harapan kita semua tentu ke tiga Pj. Wali nagari ini khususnya Pj. Wali Nagari Koto Baru sebagai Nagari induk mampu melaksanakan tugasnya dengan tetap dapat menjaga netralitas , jangan ada keberpihakan kepada siapapun,ucap Amelia.

Dan tak lupa pula Amelia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj. Wali Nagari yang lama atas pengabdiannya dan kerjasamanya selama mengemban amanah sebagai Pj. Wali Nagari di nagari masing-masing.

“Kami berharap kepada Pj. Wali Nagari yang baru dilantik hari ini agar segera menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan surat keputusan Bupati Pasaman Barat, yang berbunyi Pj.Wali Nagari mempunyai tugas, wewang dan kewajiban serta memperoleh hak yang sama dengan Wali Nagari, di samping memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan termasuk menciptakan sinergitas kinerja yang baik dengan Lembaga Badan Musyawarah (Bamus) Bagari Koto Baru,” ujar Camat, Resta Amelda Putri, S. STP. MM.

Jalankan tugas dengan baik dan benar, ikuti sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, segera melakukan kerjasama dengan ketua Badan Permusyawaratan Nagari (Bamus) dan anggota Bamus supaya roda pemerintahan nagari kembali berjalan dengan lancar, tegasnya lagi.3 Pj. Wali Nagari

“Sekali lagi diingatkan kepada Pj. Wali Nagari, tugas anda sangat berat, mengingat ini sudah memasuki tahun 2022, jadi kami minta kepada Pj. Wali Nagari jangan menunda-nunda lagi amanah yang telah diberikan, lakukan dengan setulus hati, ikhlas serta penuh rasa tanggungjawab,” pesan Camat.

BACA JUGA  Dukung dan Lindungi Disabilitas

Dihadapan sejumlah wali nagari yang hadir ketika itu, beliau juga berpesan agar wali nagari untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, segerakan selesai segala program yang masih tertunda atau belum selesai.

“Karena apabila hal itu tidak dikerjakan dengan tepat waktu yang sudah ditetapkan, maka akan berdampak rugi kepada nagari yang di pimpin, untuk itu mari kita bersama-sama bekerja keras, bekerja cerdas dan ikhlas untuk membangun daerah yang sama-sama kita cintai ini” tegas Camat Luhak Nan Duo.

Meskipun saat acara pelantikan kembali terjadi susulan gempa, namun acara pelantikan tetap berlangsung dengan iringan beberapa kali terjadi susulan gempa seperti sejak pukul 10.06 WIB, gempa telah terjadi 15 (lima belas) kali aktiviftas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo terbesar M4,2.hingga diakhir acara
pada pukul 11.02 saat dan pukul 11.06 Wib.gempa masih terus berlanjut.3 Pj. Wali Nagari

“Alhamdulilah acara pelantik Pj. Wali Nagari
berjalan aman, tertib, kondusif, lancar dan sukses sesuai dengan harapan semua, meskipun sebelum dan saat berlangsungnya acara gempa yang dahsyat terus berlangsung.” Ucap Muslih salah seorang Bamus Nagari Koto Baru di akhir acara di sela-sela acara pemberian ucapan selamat dari seluruh tamu undangan lainnya.

Bupati Pasbar melalui Camat Luhak Nan Duo pada akhir cara menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

“Mari kita tetap waspada dan selalu hindari serta menjauh dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal kita cukup aman ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.sebelum kita kembali ke dalam rumah,” himbau Camat,…

Artikel sebelumyaTim Investigasi WALHI NTB Segera Turun Ke Lokasi Tambak Udang
Artikel berikutnyaNenek Anismar (70) Diduga Tertimbun di Reruntuhan Masjid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.