Beranda PERISTIWA Tanggul Sungai Kemuning di Kabupaten Bogor Jebol, 112 rumah Terendam Banjir

Tanggul Sungai Kemuning di Kabupaten Bogor Jebol, 112 rumah Terendam Banjir

Sungai
Tanggul sungai Kemuning jebol akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada  Selasa (19/10) Pkl 18.00 WIB.

Akibat jebolnya tanggul Sungai Kemuning ini mengakibatkan Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede terendam banjir dengan tinggi muka air berkisar antara 20-40 cm.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Banjir yang melanda Kecamatan Bojong Gede tidak hanya terjadi akibat curah hujan tinggi, juga  disertai dengan tingginya debit air sungai Kemuning sehingga membuat jebol tanggul penahan kali.

Kerugian materil setidaknya 112 unit rumah masih dalam pendataan dan 450 jiwa  terdampak pada peristiwa tersebut. Kondisi  terkini genangan air telah surut.

BPBD Kabupaten Bogor bersama instansi terkait telah melakukan asesmen ke lokasi untuk selanjutnya melakukan proses rehabilitasi dengan menutup tanggul yang jebol di Sngai kemuning serta melakukan evakuasi di daerah terdampak bencana.

Sementara itu, pantauan prakiraan cuaca BMKG pada Kamis (21/10), Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari, sedangkan esok hari (22/10) berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Merujuk hasil analisa InaRisk Kabupaten Bogor memiliki 37 Kecamatan yang berisiko kategori banjir dengan tingkat bahaya sedang hingga tinggi. BNPB menghimbau masyarakat melakukan upaya pencegahan bencana hidrometeorologi dengan membersihkan saluran air dan membuat daerah resapan air serta dengan tidak membuang sampah di area Daerah Aliran Sungai (DAS).

BACA JUGA  Kawanan Pencuri di Tuba Berhasil Gasak Mini Market
Artikulli paraprakBanjir di Kota Malang, 230 Rumah Terendam
Artikulli tjetërBupati Lima Puluh Kota Promosi di Ajang APKASI Otonomi Ekpo 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.