Beranda DAERAH Sinergi Baru Baznas Dengan Insan Pers Melalui Media

Sinergi Baru Baznas Dengan Insan Pers Melalui Media

sinergi
Passaman Barat | Redaksi Satu – Sinergi Baznas dengan Insan Pers melalui Media sangat diharapkan dalam mengangkat kebersamaan untuk kepentingan umat.

Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto di aula rapat kantor Baznas Pasaman Barat pada Jumat (14/01/2022) menjelang persiapan menghadapi Hari Ulang Tahun Badan Amil Zakat (Baznas) ke-21 tahun 2022.

Kehadiran Wabup tersebut terkait juga dengan HUT Pasbar yang memasuki usia 18 tahun di tahun 2022 ini.

Dikatakan Risnawanto, Pasbar masih butuh jalinan dan kerja sama dari berbagai pihak, terutama bagaimana memberikan masukan terkait bentuk regulasi kegiatan Baznas sebagai,
sebab di pemda saat ini, bentuk bantuan kemasyarakatan terkait dana umat terbatas

sinergi

Menurutnya, masyarakat yang berhak menerima bantuan sebagai mustahiq dari Baznas sebagai salah satu lembaga penyalur harus selalu di dukung dengan berbagai masukan.

“Makanya kita harus bantu sesuai regulasi yang ada, dan regulasi tersebut harus dikerjasamakan dengan lembaga umat seperti baznas ini agar menjadi kekuatan kita untuk mengangkat kepentingan umat,” terangnya.

Untuk itu, menurut Risnawanto, mari kita tanamkan kebersamaan dengan secercah harapan kepada Baznas Pasbar sebagai mitra, di mana mitra itu bukan saja Pemkab, tapi kita semua juga harus ikut bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Risnawanto juga punya keyakinan Baznas Pasbar Pasbar yang meskipun priode kini masih baru hitungan bulan, akan mampu dan selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Selamat ulang tahun Baznas ke-21, semoga Baznas Pasbar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

Insyaallah Baznas akan selalu menghadirkan kebahagian dan menghadirkan masyarakat yang religius dengan kebersamaan, sebab kebersamaan itu merupakan kekuatan kita untuk mengangkat kepentingan umat, dan melanjutkan program yang telah dilakukan selama ini,” ucap Risnawanto.

sinergi

Pada kesempatan itu, Risnawanto juga menyampaikan tentang rencana pembangunan Gedung Baznas, untuk itu ia mengajak pengurus Baznas dan semua jajarannya untuk bekerja lebih baik lagi dalam menghadapi tantangan yang sudah di depan mata, sambil menunggu bagaimana bentuk regulasi kepemilikan dan pembangunannya.

“menurut saya, Baznas Pasbar merupakan salah satu organisasi yang penting dan vital, karena selain membantu pemerintah dalam merespon keluhan masyarakat, juga sebagai lembaga resmi yang bisa berinovasi dalam menyalurkan dana umat kepada masyarakat yang berhak menerima, untuk itu semua harus semangat, kerja kita ke depan semakin banyak tantangannya, Setiap keluhan masyarakat itu bisa dijadikan program, tebarkan kebaikan untuk masyarakat, sebab kebersamaan merupakan kekuatan kita untuk mengangkat kepentingan umat, ” pesan Wabup.

Kegiatan diskusi menjelang persiapan HUT Baznas ke 21 tersebut selain dihadiri oleh Wabup Pasbar, juga terlihat hadir Ketua Baznas bersama seluruh jajaran beserta staf termasuk Insan Pers yang ada di Pasbar.

Sementara Ketua Baznas, Muhajir, SH. MM. menyampaikan, tanggal 17 Januari 2001 – 17 Januari 2022 merupakan hari jadi Baznas ke – (21), menurutnya di usia tersebut meski secara sederhana pihaknya berharap beberapa masukan
dari yang hadir siang itu dalam rangka menghadapi rangkaian kegiatan hut yang akan direncanakan ke depan.

” Kita ingin kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya dengan suasana sederhana, karena situasi pandemik saat ini,” ujarnya.

Dikatakannya, Baznas Pasbar untuk priode saat ini meski baru berjalan lebih kurang empat bulan, namun pihaknya merasa terbantu dengan sudah banyak masukan terkait kelembagaan maupun kegiatan, terutama kegiatan dalam penyaluran mensejahterakan umat khusus untuk Pasbar.

Dari berbagai kritikan dan masukan tersebut, pihaknya merasa terbantu, terutama dalam melakukan program kedepan yang akan menindaklanjuti tentang digitalisasi dalam memberi informasi transparansi.

Dikatakannya, saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi ke lembaga – lembaga vertikal, ” Sosialisasi tersebut sedang berlanjut kira lakukan, terutama ke Kejaksaan, Polres Pengadilan, maupun BPN termasuk ke lembaga penyiaran publik serta perusahaan-perusahaan yang ada di Pasbar terkait, regulasi dan bentuk kerja sama apa yang dapat dilakukan ke depannya.

“Menjawab suara-suara tentang kinerja selama ini, menurut Muhajir, hal itu merupakan masukan yang positif dari media maupun LSM dan itu sebagai motovasi bagi baznas sebagai lembaga umat ke depannya,” tutupnya.
(Zoelnasti)

BACA JUGA  2022 Terapkan Kurikulum Baca Tulis Al-Qur'an
Artikel sebelumyaPengiriman Narkoba Dalam Lapas Kelas 1 Digagalkan Petugas
Artikel berikutnyaMelampaui Target 906 Pengurus FKBM Dapatkan Apresiasi Dari Bupati Tanggamus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.