Iklan
BerandaDAERAHPenggunaan Knalpot Tidak Standar Atau Knalpot Blong Sudah Meresahkan Masyarakat

Penggunaan Knalpot Tidak Standar Atau Knalpot Blong Sudah Meresahkan Masyarakat

Pasaman BaratRedaksi Satu: Penggunaan knalpot tidak standar atau knalpot blong sudah meresahkan masyarakat, hal tersebut terungkap ketika Kapolres Pasaman Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M. menerima curhatan warga saat melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di berbagai tempat.

Dikatakan Kapolres, dengan banyaknya curhatan dari warga, khususnya terkait maraknya penggunaan knalpot tidak standar, terutama knalpot blong yang sangat meresahkan masyarakat tersebut, pihaknya pada saat melaksanakan Operasi Keselamatan Singgalang 2023, sekaligus juga melakukan penertiban pelanggaran knalpot Blong serta mengantisipasi maraknya balap liar.

“saat kegiatan Jumat Curhat yang kita lakukan di berbagai tempat, pada umumnya curhatan masyarakat selain masalah keamanan dan ketertiban, juga banyak curhatan terkait keresahan terhadap banyaknya kendaraan yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai standar dan balapan liar di lingkungan warga, atas keluhan ini, kami memerintahkan personel untuk melakukan kegiatan agar menindak pelanggar lalu lintas yang telah meresahkan tersebut,” terang Kapolres.

Hal tersebut terbukti, Sabtu (11/02/2023) malam, terlihat puluhan personel Gabungan Polres Pasaman Barat melaksanakan Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dengan sasaran pelanggaran lalu lintas, terutama di beberapa titik daerah rawan balapan liar.Penggunaan Knalpot

Dikatakan Kapolres Pasaman Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Ops Keselamatan Singgalang 2023 serta menindaklanjuti keluhan masyarakat pada saat kegiatan Jumat Curhat terkait maraknya penggunaan knalpot blong serta balapan liar yang menganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat.

Kegiatan Operasi Keselamatan Singgalang 2023 malam itu dipimpin oleh Kabag Ops, Kompol Antonius Dachi, S.H. dan saat ditemui oleh media ini, Antoni mengatakan, selain dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat juga melaksanakan razia stationer di depan Mako Polres Pasaman Barat dan melaksanakan patroli dengan memakai kendaraan R4 dan R2.

BACA JUGA  Muscab PERADI III di Batam Memanas

“Patroli kita lakukan guna mengantisipasi balap liar dengan tujuan menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif serta memberikan Perlindungan, Pelayanan dan Pengayoman kepada masyarakat,” terangnya.Penggunaan Knalpot

Selanjutnya, Kasat Lantas, AKP Yuliadi, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan ini juga mendisiplinkan masyarakat agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak menggunakan knalpot blong, karena menggangu kenyamanan masyarakat.

Yuliadi membeberkan, dalam pelaksanaan kegiatan yang dimulai pada pukul 21.00 Wib tersebut pihaknya berhasil melakukan penindakan terhadap kendaraan roda empat sebanyak 6 unit, kendaraan roda dua sebanyak 16 unit yang menggunakan knalapot blong.

AKP Yuliadi menambahkan, selain melakukan penindakan terhadap pelanggar yang menggunakan knalpot blong, pihaknya juga melakukan patroli ke beberapa ruas jalan yang kerap dijadikan aksi balap liar seperti Jalur 32, Simpang GOR hingga ke Simpang Pertanian Padang Tujuh.

“Kegiatan rutin yang ditingkatkan itu juga sekaligus bersamaan Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dengan sasaran penindakan knalpot blong serta antisipasi balap liar,” terang Yuliadi.Penggunaan Knalpot

Kasat Lantas menambahkan, pihaknya memberikan tindakan persuasif terhadap pengguna knalpot blong yang terjaring razia dan melakukan himbauan kepada pengendara lainnya untuk tertib berlalu lintas.

“Upaya persuasif dilakukan dengan harapan masyarakat dapat teredukasi dan bersedia untuk mengganti knalpot sesuai standar dan menerapkan budaya tertib berlalu lintas, dan saya berharap dengan dilaksanakan penertiban ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas, karena setiap kecelakaan lalu lintas selalu diawali dari pelanggaran lalu lintas,” terang Yuliadi mengakhiri.

(Zoelnasti)

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.