Iklan
Iklan
BerandaNASIONALKPU Tetapkan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pilpres 2024

KPU Tetapkan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pilpres 2024

REDAKSISATU.ID – KPU telah menetapkan nomor urut pasangan calon Presiden (Capres) dan calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Selasa malam, 14 November 2023.

Dalam Rapat Pleno tersebut, KPU telah menetapkan nomor urut dari pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Adapun hasil Rapat Pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang diselenggarakan oleh KPU RI pada Selasa malam, 14 November 2023, sebagai berikut:

BACA JUGA  Raker Dengan Nadiem, PPUU Minta RUU Sisdiknas Akomodir Kebutuhan Daerah

KPU
Rapat Pleno KPU Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres, Selasa malam, 14 November 2023.

Nomor urut 1 adalah pasangan Anies-Muhaimin. Pasangan ini hanya diusung oleh 3 Partai, yakni: Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Nomor urut 2 adalah pasangan Prabowo-Gibran. Pasangan ini tidak main-main, mereka diusung oleh 9 Partai, yakni: Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda Republik Indonesia, dan Partai Prima.

Nomor urut 3 adalah pasangan Ganjar-Mahfud. Sedangkan Pasangan ini pun hanya diusung oleh 4 Partai, yakni: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

BACA JUGA  680 Personel Kepolisian Dikerahkan untuk Pengamanan Pleno KPU Kalbar

KPU
Kaesang Pangarep ketua umum PSI saat sungkem kepada Megawati ketua umum PDI Perjuangan pada saat Rapat Pleno KPU, Selasa malam 14 November 2023.

“Menetapkan nomor urut pasangan calon pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2024 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat membacakan hasil Rapat Pleno, Selasa malam, 14 November 2024.

Ada hal menarik hingga menuai komentar yang bermacam-macam pada momen pelaksanaan Rapat Pleno KPU kali ini, yakni ketika Gibran dan Ketua Umum (Ketum) PSI, Kaesang Pangarep saat memberikan salam dan hormat dengan Sungkem kepada Megawati, tetapi saat itu Ketua Umum PDI Perjuangan terkesan cuwek dan biasa-biasa saja bahkan Megawati tampak tidak menyentuh tangan saat Kaesang putra bungsu Presiden Jokowi memberikan salam.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Rakyat Indonesia Menaruh Harapan Besar Pilpes 2024 Aman Damai

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.