Beranda DAERAH Karang Taruna Menjadi Kekuatan Ide Untuk Bersama-sama Memajukan Nagari

Karang Taruna Menjadi Kekuatan Ide Untuk Bersama-sama Memajukan Nagari

Karang Taruna Menjadi
Pasaman Barat | Redaksi Satu – Karang Taruna menjadi kekuatan ide untuk bersama-sama memajukan Nagari, demikian diungkapkan oleh Pj. Wali Nagari Koto Baru, Robiyanto begitu setelah dilantik oleh Bupati Pasaman Barat melalui Camat Luhak Nan Duo, di Kantor Camat setempat menyampaikan pada media ini, bahwa dalam melaksanakan tugas sebagai Pj.

Wali Nagari yang baru, ia bertekat akan menghidupkan semua lini kelembagaan yang berskala Nagari, hal ini sebagai penunjang kinerja Nagari dalam memajukan dan membangun Nagari Koto Baru, terutama mendorong organisasi kepemudaan Karang Taruna agar ikut aktif dalam mengatasi masalah-masalah sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mau Karang Taruna menjadi kekuatan ide untuk bersama-sama mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat yang semakin kompleks ini,” kata Robiyanto saat membuka acara pembentukan Karang Taruna Nagari Koto Baru Jumat, (11/03/2022).

Pada masa Periode Pj. Wali Nagari yang masih baru ini, ia ingin mengaktifkan kembali Karang Taruna yang telah lama nonaktif di Nagari Koto Baru, sehingga Robiyanto mengumpulkan perwakilan Pemuda (warga karang taruna) dari masing-masing Kejorongan yang ada di Nagari Koto Baru.Karang Taruna Menjadi

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam, banyak sekali respon positif dari peserta pertemuan dengan akan di aktifkan nya kembali organisasi Karang Taruna.
Perwakilan warga dan pemuda menyambut baik maksud Pj. Wali Nagari untuk pengaktifan kembali Karang Taruna di Nagari Koto Baru.

Pasca berakhirnya kepengurusan Karang Taruna masa bakti 2015-2020 beberapa tahun yang lalu, kini mulai menemui titik terang. Pasalnya, Kepengurusan Karang Taruna Nagari yang selama ini sudah tidak aktif, sudah mendapatkan kepastian sejak usai pelantikan Pj. Wali Nagari yang baru pada Jumat (25/02) akhir bulan kemarin di halaman Kantor Camat Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Pj. Wali Nagari Koto Baru, sesuai rencana yang sudah diwacanakannya sejak awal, yakni pembentukan pengurus Karang Taruna dilaksanakan hari ini jumat (10/3/2022).

Dikatakannya, keberadaan berbagai kelembagaan sebagai Mitra Nagari dalam membangun masyarakat harus diaktifkan kembali, khususnya keberadaan Karang Taruna Nagari Koto Baru.

BACA JUGA  Sukarni Dunip Penjabat Sesda Selama 3 Bulan

Untuk itu dirinya berharap, sejak awal proses pelaksanaan hingga penjaringan, sepenuhnya telah ia percayakan kepada Kepala Jorong masing-masing agar segera mempersiapkan dan mengutus Pemudanya sebanyak empat orang perjorong ke tingkat Nagari, sebagai perwakilan yang akan dipilih secara Demokrasi untuk menjadi Pengurus Karang Taruna Nagari Koto Baru.Karang Taruna Menjadi

“Saya berharap nantinya terpilih ketua Karang Taruna periode 2022-2027, dan dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan, sukses, tanpa hambatan,” Harap Robby.

“Untuk itu, hari ini proses pembentukan Karang Taruna kita mulai, dan kita harapkan hasilnya nanti sesuai keberadaannya untuk mendukung sinergitas kegiatan Nagari dalam melibatkan pemuda pada setiap lini pembangunan Nagari, dan selanjutnya akan segera kita SK kan untuk kita laporkan ke Kantor Dinsos Kabupaten Pasbar,” jelas Robi Jumat (11/03/2022).

Sebab menurut Robiyanto, Karang Taruna adalah suatu lembaga kepemudaan yang harus ikut mengembangkan Nagari agar menjadi lebih maju, diharapkan melalui peran aktif pemuda yang kreatif, berinovasi di Karang Taruna, diharapkan menjadi pemuda yang berpotensi dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat Nagari.

Dijelaskan Robiyanto, Karang taruna yang beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11-45 tahun) dan batasan sebagai pengurus adalah berusia mulai 17-35 tahun. Karang taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian serta pencegahan terhadap berbagai Penyakit Masyarakat, terutama dalam rangka pencegahan kenakalan remaja, penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) bagi remaja di sekitarnya.Karang Taruna Menjadi

Demikian Robiyanto menyampaikan saat memberikan sambutannya di acara Pembentukan Karang Taruna Nagari Koto Baru kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 di gelar di Aula kantor Nagari Koto Baru, Jum’at (11/03/2022).

Hadir dalam acara pembentukan Karang Taruna tersebut, selain Pj. Wali Nagari Koto Baru, Robiyanti yang didampingi oleh Sekretaris Nagari,Agus S terlihat juga hadir Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (Bamus) Nagari Koto Baru yang dalam hal ini di wakili oleh Ketua Bidang Pemerintahan, Zulkifli Nasution, Kepala- kepala Jorong senagari Koto Baru, Pendamping Desa, Rozi, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

BACA JUGA  Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin Minta Evaluasi

Ketua Bamus Nagari Koto Baru, Rozi Ahmadi melalui Ketua Bidang Pemerintahan, Zulkifli menyampaikan, Karang Taruna merupakan salah satu organisasi sosial yang diakui keberadaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sebagaimana tercantum dalam Pasal 38 ayat (2) huruf d, Bab VII tentang Peran Masyarakat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan dipertegas lagi melalui UU no 25 Tahun 2019.

Dikatakan Zulkifli, Nagari akan Bangkit bila bersama pemuda, dengan mengaktifkan kembali Karang Taruna melalui peran aktif pemuda dan mengumpulkan perwakilan Pemuda dari masing-masing Kejorongan yang ada di Nagari Koto Baru.Karang Taruna Menjadi

“Pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam, banyak sekali tanggapan positif dari para pemuda maupun peserta pertemuan, dengan akan diaktifkannya kembali organisasi Karang Taruna. Perwakilan warga menyambut baik maksud Pj. Wali Nagari untuk pengaktifan kembali Karang Taruna di Nagari Koto Baru ini,” Ujarnya.

Menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Sementara Pendamping Desa, Roji menyampaikan Pengertian karang taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Secara umum, karang taruna adalah wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan atau Nagari, sebagai komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Dengan begitu, setiap Desa/Kelurahan atau Nagari wajib membentuk karang taruna.

“Hal ini akan berguna untuk lebih mendorong produktifitas masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan atau Nagati tersebut. Tak hanya itu, dengan adanya karang taruna, masyarakat di Desa/Kelurahan bisa lebih kompak,” jelasnya.

BACA JUGA  Jaksa Jangan Hanya Sasar 5 Anggota Dewan Saja

Ditambahkannya, Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk menempa diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta ikut bertanggung jawab untuk ikut berperan dalam mengembangkan Nagari.

Musyawarah yang berlangsung secara demokratis dan ulet namun masih kental dengan nuansa keakraban serta kekeluargaan, akhirnya setelah masing-masing perwakilan dari delapan Kejorongan mengutus wakilnya untuk dipilih sebagai pengurus inti, terbentuklah kepengurusan Karang Taruna Nagari Koto Baru.

Adapun Feri Kurniawan perwakilan dari Jorong Jambak Selatan terpilih sebagai Ketua Umum dan didampingi oleh, Tri Hartono Jetua I dan Aidil Bahri Ketua II serta Ade Putra Ketua III.

Sedangkan sebagai Sekretaris Umum yakni Regi Puminja dan Sekretaris I, Ananta serta Desriyarningsih sebagai Sekretaris II.

Untuk Bendahara Umum dijabat oleh Winda Puspita sari dan Bendahara I Stefanus Aris Aprianto.

Feri Kurniawan sebagai Ketua Umum Karang Taruna Nagari Koto Baru terpilih mengatakan, dengan di bentuk kembali karang taruna Nagari Koto Baru dari hasil plotibg dan musyawarah ia mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan kepadanya, ia berharap agar semua komponen kedepannya untuk bahu membahu dan solid dalam mensukseskan progran-program yang akan dilaksanakan nantinya.

“apakah itu kegiatan Olah raga, Sosial, keagamaan, Seni budaya, keamanan, dan kita juga berharap agar kegiatan wisata juga kalau bisa akan lebih di giatkan kembali,”jelasnya.

Sedangkan untuk kantor, menurutnya, sesuai arahan dari pak wali, Karang Taruna dapat memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di Kantor wali nagari ini.

“Dengan telah di bentuk karang taruna ini, jadi kalau kita mau ada pertemuan, kita sudah bisa kumpul di kantor untuk musyawarah apa yang akan kita bahas dan kembangkan ke depannya, hingga karang taruna nagari Koto Baru mampu ikut Bersinergi dengan semua kegiatan dalam mendorong pembangunan di Nagari Koto Baru ini, “jelas Feri mengakhiri.

 

(Zoelnasti)

Artikel sebelumyaLaNyalla: Demokrasi Saat Ini, Presiden Untuk Kekuasaan dan Menjadi Petugas Partai, Bukan Petugas Rakyat  
Artikel berikutnyaMemei Wulandari: Resmi Dilantik PAW Anggota Fraksi PKB Masa Bakti 2019-2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.