Iklan
Iklan
BerandaKESEHATANKadar Gula Usia 40 Tahun Dijaga Agar Stabil, Karena Berisko Diabetes

Kadar Gula Usia 40 Tahun Dijaga Agar Stabil, Karena Berisko Diabetes

Kadar gula darah normal usia 40 tahun perlu diketahui dan dijaga agar tetap stabil. Hal ini karena kadar gula darah yang tidak normal berisiko menyebabkan diabetes atau hipoglikemia, serta penyakit komplikasi lain yang dapat mengancam jiwa.

Pemeriksaan kadar gula darah normal usia 40 tahun sebaiknya rutin dilakukan, terlebih jika Anda memiliki beberapa kondisi yang meningkatkan terjadinya diabetes, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, atau keluarga dengan riwayat diabetes. Pasalnya, kemungkinan diabetes diketahui meningkat seiring bertambahnya usia seseorang.

Kadar Gula Darah Normal Usia 40 Tahun

Kebanyakan penderita diabetes tidak sadar telah mengalami diabetes. Akibatnya, penyakit ini tidak ditangani sedini mungkin dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi hingga kematian.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah normal secara rutin, terutama jika Anda sudah berusia 40 tahun. Tidak hanya untuk skrining awal, pemeriksaan juga perlu dilakukan untuk memantau kadar gula darah dan keberhasilan pengobatan pada penderita diabetes.

Pemeriksaan gula darah bisa dilakukan kapan saja, tetapi paling sering dilakukan sebelum makan dan sebelum tidur.

Nah, kadar gula darah normal usia 40 tahun bisa berubah-ubah, tergantung kapan Anda melakukan tes. Selain itu, faktor tertentu, seperti aktivitas fisik, pola makan, dan efek samping samping obat-obatan, juga bisa memengaruhi kadar gula darah.

Kadar gula darah normal usia 40 tahun, sebelum makan atau setelah puasa setidaknya 8 jam:70–100 mg/dL, sebelum tidur atau 2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL, pemeriksaan gula darah sewaktu kurang dari 200 mg/dL

Untuk mengetahui kadar gula darah, Anda dapat melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat, seperti puskesmas atau rumah sakit. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa melakukan tes mandiri dengan menggunakan alat tes gula darah.

BACA JUGA  Manfaat Sirih Cina

Pemeriksaan kadar gula darah dari ujung jari dianggap lebih akurat. Cara melakukannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menusuk jari menggunakan jarum kecil, lalu meneteskan darah ke strip tes. Dengan cara ini, kadar gula darah normal usia 40 tahun bisa diketahui dalam waktu kurang dari 15 detik.

Selain di ujung jari, sampel darah untuk pemeriksaan kadar gula darah juga bisa diambil dari lengan atas atau bawah. Jika ingin mengetahui pola dan kadar gula darah Anda dari waktu ke waktu, pemeriksaan bisa dilakukan menggunakan continuous glucose monitoring (CGM).

Untuk rata-rata kadar gula darah selama 2–3 bulan terakhir, Anda dapat menjalani tes A1C (HbA1c) di laboratorium. Tes ini akan mengukur persentase gula darah yang terikat sel darah merah.

Cara Menjaga agar Kadar Gula Darah Tetap Normal

Menjaga kadar gula darah dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit komplikasi akibat diabetes, seperti penyakit ginjal, kerusakan saraf, penyakit jantung, dan stroke.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun:

1. Berolahraga secara rutin

Olahraga selama 150 menit per minggu memegang peranan penting dalam menjaga kadar gula darah tetap normal. Olahraga membuat otot menggunakan gula sebagai energi, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar gula darah normal usia 40 pun beragam, mulai dari jalan cepat, bersepeda, berenang, atau joging.

2. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Asupan makanan bergizi seimbang menjadi salah satu cara menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun.

Beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar gula darah didapat dari Karbohidrat, seperti biji-bijian utuh, sayuran, seperti brokoli, kembang kol, terong, timun, dan bayam.

BACA JUGA  Benarkah Diabetes Bisa Terjadi Pada Anak

Buah-buahan, seperti stroberi, jeruk, kiwi, dan lemon. Lemak sehat, seperti alpukat, ikan salmon, ikan sarden dan protein, daging tanpa lemak, tempe, tahu,keju

Selain asupan nutrisi, porsi makan juga harus diperhatikan untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.

Anda dianjurkan untuk menggunakan piring yang lebih kecil saat makan, menghindari restoran all-you-can-eat, dan memeriksa label nutrisi pada kemasan makanan sebelum membelinya.

3. Membatasi konsumi minuman manis

Minuman manis kekinian, seperti bubble tea atau milk tea, mengandung kalori yang tinggi dan dapat memicu kenaikan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, batasi konsumsi minuman tersebut jika Anda ingin menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun.

4. Mencukupi asupan cairan

Selain menghidrasi tubuh, asupan cairan yang cukup juga membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine. Hal ini tentunya baik untuk menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak air putih dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Jadi, pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi, yaitu sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari. Pilihlah air minum tanpa kalori dan hindari minuman yang mengandung gula tambahan, seperti soda atau jus dalam kemasan.

5. Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

Kurang tidur dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Oleh karena itu, orang dewasa perlu tidur 7–8 jam setiap malam untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dianjurkan untuk mengelola stres, tidak merokok, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap terkendali, serta tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebagai cara menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun.

BACA JUGA  Vaksinasi Tahap 2: Warga Diminta Disiplin Prokes

Jika mengalami beberapa tanda gula darah tidak normal, seperti sering merasa lapar, mudah lelah, penglihatan kabur, atau kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dengan demikian, dokter akan memastikan penyebab dan memberikan penanganan, serta memberikan arahan untuk menjaga kadar gula darah normal usia 40 tahun yang sesuai.

Dikutip dari alodokter.com

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.