Iklan
Iklan
BerandaINTERNASIONALJoe Biden Dukung Israel Hiraukan Seruan Dewan Keamanan PBB

Joe Biden Dukung Israel Hiraukan Seruan Dewan Keamanan PBB

Presiden AS Joe Biden bahas prospek dengan PM Israel Benjamin Netanyahu, pembahasan itu keamanan warga sipil diperbatasan (24/12/2023).

Ambisi Israel berjuang untuk merebut kembali perbatasan Gaza utara, dari kelompok Hamas Palestina. Hal itu menjadi catatan perhatian khusus dari Joe Biden.

Pembahasan prospek perang selama 11 minggu ini, AS mengharapkan bantuan untuk Palestina atas desakan dari Dewan Keamanan PBB.

Dalam pembahasannya Joe Biden menjamin keselamatan para sandera oleh kelompok Hamas .

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas “tujuan dan tahapan” operasi militer Israel, perlunya melindungi kehidupan warga sipil dan menjamin pembebasan sandera dari kelompok militan Palestina, kata Gedung Putih.

Netanyahu “menjelaskan bahwa Israel akan melanjutkan perang sampai seluruh tujuannya tercapai”, kata jubir Netanyahu.

Asap tebal menyelimuti kota utara Jabalia pada hari Sabtu dan penduduk melaporkan pemboman udara terus-menerus dan penembakan dari tank Israel, yang menurut mereka telah bergerak lebih jauh ke dalam kota.

Sekutu utama Israel tetap mempertahankan dukungannya, sambil menyatakan keprihatinan atas meningkatnya” jumlah korban jiwa dan krisis kemanusiaan di Gaza yang padat penduduknya.

Para pejabat AS mengatakan, mereka memperkirakan Israel akan segera beralih ke fase dengan intensitas lebih rendah, dengan operasi yang menargetkan kepemimpinan Hamas dan infrastrukturnya.

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia “tidak meminta gencatan senjata”, sementara diruang kerjanya Netanyahu mengatakan, dia berterima kasih kepada Biden atas pendirian AS di Dewan Keamanan PBB.

Dewan Keamanan berhasil menghindari ancaman veto AS pada hari Jumat (22/12), setelah perselisihan selama berhari-hari.

mereka menyerukan, menghapus rancangan resolusi yang berisi seruan” untuk segera mengakhiri perang.

Menurutnya ini akan, melemahkan kendali Israel atas pengiriman bantuan. AS dan Israel menentang gencatan senjata, dengan alasan gencatan senjata akan membiarkan Hamas yang didukung Iran, berkumpul kembali dan mempersenjatai mereka kembali.

Washington tidak memberikan pernyataan akhir, yang mendesak langkah-langkah untuk memungkinkan “akses kemanusiaan yang aman, tanpa hambatan, dan diperluas” ke Gaza dan “kondisi untuk penghentian pertempuran yang berkelanjutan”.

Jumlah korban tewas warga Palestina mencapai 20.258 orang, kata Kementerian Kesehatan Palestina pada hari Sabtu, dan ribuan jenazah lainnya diyakini terjebak di bawah reruntuhan. Hampir seluruh dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi.

Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa 154 tentaranya telah terbunuh sejak mereka melancarkan serangan darat sebagai tanggapan terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel, yang mana militan membunuh 1.200 orang dan menyandera 240 orang.

‘MEREKA BOM SIANG DAN MALAM”

Israel telah mencapai kendali operasional hampir penuh atas Gaza utara dan sedang bersiap untuk memperluas serangan darat ke wilayah lain di Jalur Gaza, dengan fokus di wilayah selatan, kata kepala juru bicara militer.

Sampai Hamas dilenyapkan. Sampai para sandera dikembalikan, Menteri Energi Israel Israel Katz, yang merupakan anggota kabinet keamanan, menulis di X.

Israel telah lama mendesak warganya untuk meninggalkan wilayah utara Gaza, namun pasukannya telah membombardir sasaran di bagian tengah dan selatan wilayah kecil di pesisir tersebut.

“Mereka meminta orang-orang untuk pergi ke Deir al-Balah (di Gaza tengah), di mana mereka melakukan pengeboman siang dan malam,” kata Ziad, seorang petugas medis dan ayah dari enam anak, kepada Reuters melalui telepon.

“Hukum internasional telah runtuh,” kata Ramzy Aidy, seorang warga Gaza yang memiliki gelar doktor di bidang hukum. “Jika Israel berada di posisi Palestina, dunia tidak akan tinggal diam dan akan mengambil tindakan.”

Brigade Al Qassam sayap bersenjata Hamas mengatakan, pada hari Sabtu bahwa” mereka menghancurkan lima tank Israel di sekitar Jabalia, dan membunuh.

Hamas telah melukai awak mereka, setelah menggunakan kembali dua rudal yang tidak dapat diledakkan yang diluncurkan oleh Israel. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan, mereka telah melepaskan tembakan umpan di daerah Issa di Kota Gaza.

Yang memikat puluhan militan dari sebuah gedung, yang berfungsi sebagai markas Hamas di utara daerah kantong tersebut, dan “menghilangkan para teroris”.

Tentara merilis sebuah video yang dikatakan, menunjukkan terowongan Hamas di daerah Issa. Reuters tidak dapat memverifikasi lokasi atau tanggalnya secara independen.

Israel menuduh kelompok militan tersebut, menempatkan terowongan dan infrastruktur militer lainnya.

Diantaranya warga sipil untuk digunakan sebagai tameng manusia, namun hal ini dibantah oleh Hamas.

Hamas mengatakan pihaknya kehilangan kontak, dengan kelompoknya yang dikatakan bertanggung jawab atas lima sandera Israel” akibat pemboman Israel.

Seorang juru bicara militer Israel menggambarkan, pernyataan itu sebagai “terorisme psikologis” dari Hamas.

Konflik telah menyebar, ketika pasukan Houthi yang bersekutu, dengan Iran di Yaman mengganggu perdagangan global.

Dengan serangan rudal dan drone terhadap kapal-kapal di Laut Merah, sebagai pembalasan atas serangan Israel di Gaza.

Amerika Serikat menembak jatuh empat drone, yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi” menuju kapal perusak AS di Laut Merah selatan pada hari Sabtu, sehingga jumlah serangan terhadap kapal komersial menjadi 15, kata Komando Pusat AS.

Sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan dari Iran, menghantam sebuah kapal tanker kimia di Samudera Hindia pada hari Sabtu, kata Departemen Pertahanan AS.

Seorang komandan Garda Revolusi Iran mengatakan Laut Mediterania bisa ditutup jika Amerika Serikat dan sekutunya terus melakukan “kejahatan” di Gaza, media Iran melaporkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Dikutip dari Reuters. (Saidi).

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.