Iklan
Iklan
BerandaNASIONALDitsamapta Polda Kalbar Padamkan Karhutla

Ditsamapta Polda Kalbar Padamkan Karhutla

REDAKSISATU.ID – Tim SAR Ditsamapta Polda Kalimantan Barat saat ini terus berupaya melakukan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Rasau Jaya Umum di Jalan Sekunder C, Kabupaten Kubu Raya pada Selasa 18 Juli 2023.

Pemadaman Karhutla yang dilakukan oleh Tim SAR Ditsamapta tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Samapta (Dirsamapta) Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, S.IK., M.H, melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kepala Koordinator Perwakilan Kalimantan Barat media online www.redaksisatu.id sekitar Pukul 21.22 WIB.

Kombes Pol Permadi Syahid Putra menyampaikan, bahwa pemadaman yang dilakukan oleh pihaknya untuk mencegah agar kebakaran di setiap titip api tersebut tidak meluas.

BACA JUGA  Kecelakaan Maut Truk Angkutan Vs Truk Tangki Pertamina di Jalan Trans Kalimantan KM 52
Polda
Tim SAR Ditsamapta Polda Kalbar saat memadamkan Karhutla di Desa Rasau Jaya Umum di Jalan Sekunder C, Kabupaten Kubu Raya pada Selasa 18 Juli 2023.

“Saat ini Tim sedang melokalisir api agar tidak semakin meluas mengarah ke pemukiman penduduk,” ungkap Permadi.

Saat ini, lanjut Dirsamapta Polda Kalbar menyampaikan, terpantau kondisi curah hujan relatif rendah, sehingga sangat rawan terjadi Karhutla. Oleh karena itu, dia menyatakan kalau pihaknya tetap siaga.

“Tim SAR Direktorat Samapta Polda Kalbar insyaAllah senantiasa siap siaga dalam memantau titik api dan berusaha segera melakukan pemadaman secara maksimal,” ujarnya.

BACA JUGA  Pertanian Thailand The Kitchen Of The World Jadi Soroton Ketua DPD RI

Dalam kesempatan ini, Direktur Samapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, S.IK., M.H pun menghimbau kepada warga masyarakat untuk kerjasama agar tidak terjadi Karhutla dengan tidak membakar lahan sembarangan pada saat cuaca panas terik, terutama di lahan gambut.

“Kami himbau kepada warga masyarakat di saat cuaca panas terik dan udara kering untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan, dan justru masyarakat disekitar lahan gambut turut wajib menjaga kebasahan lahan gambut sehingga potensi karhutla bisa ditekan,” pungkasnya.

Sumber: Ditsamapta Polda Kalbar/Paino, S.Pd
Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Sosialisasi Satgas Pungli, Kompol Firah: Laporkan Bila Ada Pungli

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.