Iklan
Iklan
BerandaNASIONALDitsamapta Polda Kalbar Berjibaku Padamkan Karhutla di Kubu Raya

Ditsamapta Polda Kalbar Berjibaku Padamkan Karhutla di Kubu Raya

REDAKSISATU.ID – Ditsamapta Polda Kalimantan Barat bersama TNI, Polres Kubu Raya, BPBD, Damkar, Rumah Zakat dan Masyarakat Peduli Bencana (MPB) berjibaku memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Minggu 30 Juli 2023.

Hotspot Karhutla yang dipadamkan oleh 142 orang Tim SAR Ditsamapta Polda Kalimantan Barat tersebut tepatnya berada tiga lokasi wilayah Kabupaten Kubu Raya, yaitu Desa Sungai Bulan Kecamatan Sungai Raya, Desa Parit Delima Punggur Kecil Kecamatan Kakap, dan di Parit Toom Kecamatan Rasau Jaya.

Pemadaman Karhutla tersebut juga tidak mudah, bahkan upaya pemadaman sudah dilakukan secara maksimal. Terlebih, lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dan vegetasinya terdiri dari semak belukar.

BACA JUGA  Pelaku Curat di Lampura Berhasil Ditangkap 11 Hari Buron

Polda
Dirsamapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, S.IK.,M.H saat berada di lokasi Karhutla foto bersama Personelnya, Minggu 30 Juli 2023.

Hotspot yang rata-rata muncul pada siang hingga malam hari, dengan terpaan angin kencang, cuaca panas terik hingga kepungan kepulan asap pekat, namun tak membuat petugas surut semangat dalam melakukan pemadaman tersebut.

Dirsamapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra, S.IK.,M.H yang turun langsung dilokasi mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya secara maksimal dan sekuat tenaga memadamkan api dan mengantisipasi kebakaran agar tidak semakin meluas.

“Malam kemaren Tim Pemadaman Karhutla juga bersinergi dengan Tim pemadaman dari Brimob Polda Kalbar membeckup Polres Kubu Raya melakukan pemadaman di Parit Delima Punggur Kecil Kecamatan Kakap Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Kombes Pol Permadi Syahid Putra.

BACA JUGA  Karyawan SPBU 6478321 Akui Mengambil Hp Wartawan, Begini Pengakuannya

Polda
Data rincian dan sebaran Hotspot Karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dari BPBD Provinsi Kalimantan Barat.

Meskipun api di lahan tersebut berhasil dipadamkan oleh Tim SAR Ditsamapta Polda Kalbar, namun masih tampak mengeluarkan asap. Menurut Permadi, Kebakaran lahan gambut sulit sekali di padamkan, kecuali kalau ada hujan, barulah api tersebut bisa betul-betul padam.

“Luas lahan gambut yang terbakar perkiraan mencapai hektaran dan seluruhnya telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Namun dibeberapa titik area yang terbakar, tampak masih mengeluarkan asap. Dan hingga saat ini, Personel Samapta dan Brimob bersinergi dan masih berjibaku bersama melakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi asap yang keluar dan api dianggap benar-benar sudah padam,” tutur Dirsamapta Polda Kalbar.

Kombes Pol Permadi Syahid Putra juga menegaskan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak ada yang membersihkan ataupun membuka lahan dengan cara membakar.

BACA JUGA  PETI Terindikasi Gunakan Sianida dan Merkuri, Polres Kapuas Hulu akan Segera Tindak Lanjuti

Polda
Karhutla area Perkebunan Sawit di Desa Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu 29 Juli 2023.

“Jika membersihkan ataupun membuka lahan dengan cara membakar, akan dijerat Pasal 50 Ayat (2) Huruf B Jo Pasal 78 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Perubahan Atas Undang Undang Nomor 14 Tahun 1999 tentang Kehutanan atau Pasal 187 KUHPidana serta Pasal 69 Ayat 1 Huruf H  UU PPLH Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman 10 tahun Pidana Penjara,” tegas Dirsamapta Polda Kalbar.

Sebagai informasi, Hotspot pada tanggal 1 hingga 29 Juli 2023 sebanyak 7.969 titik, angkat tersebut mengalami peningkatan drastis dari bulan Juni yang hanya 1.392 Hotspot, bulan Mei 509 Hotspot, bulan April 935 Hotspot, bulan Maret 123 Hotspot, bulan Februari 499 Hotspot, dan bulan Januari sebanyak 263 Hotspot.

Berdasarkan laporan Ir. Ansfridus. J. Andjioe, ME selaku Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 29 Juli 2023 yang diperoleh Kepala Perwakilan Kalimantan Barat media online Redaksi Satu pada hari Minggu, 30 Juli 2023, sekitar Pukul 08.59 WIB, Hotspot tersebut tersebar di 14 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA  Lasarus Tekanan DAD Menjaga Harmonisasi di Kalimantan Barat

Polda
Karhutla area Perkebunan Sawit di Desa Permata, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu 29 Juli 2023.

Adapun rincian penyebaran 7.969 Hotspot pada 1 hingga 29 Juli 2023, yakni:
1. Kabupaten Sambas, 126 Hotspot
2. Kabupaten Mempawah, 0 (Nihil)
3. Kabupaten Sanggau, 2.512 Hotspot
4. Kabupaten Ketapang, 905 Hotspot
5. Kabupaten Sintang, 826 Hotspot
6. Kabupaten Kapuas Hulu, 738 Hotspot
7. Kabupaten Bengkayang, 636 Hotspot
8. Kabupaten Landak, 1.013 Hotspot
9. Kabupaten Sekadau, 609 Hotspot
10. Kabupaten Kayong Utara, 43 Hotspot
11. Kabupaten Melawi, 282 Hotspot
12. Kabupaten Kubu Raya, 188 Hotspot
13. Kota Pontianak, 86 Hotspot
14. Kota Singkawang, 5 Hotspot

Dari data-data yang diperoleh tersebut, lahan yang terbakar itu tampak bukan hanya lahan pertanian milik warga, namun tampak juga kebakaran tersebut terindikasi kuat di area Perkebunan Sawit pada Sabtu 29 Juli 2023. Seperti halnya indikasi kuat kebakaran lahan Perkebunan Sawit di Desa Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Selain itu, di Desa Permata, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya.

Editor: Adrianus Susanto318

BACA JUGA  Kapolda Kalbar Cek Pos Pengamanan Idul Fitri 2022

Trending

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.